KETIKA MULUT-MULUT DIKUNCI (Kultum Ramadhan ke-20)

Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori kultum Ramadhan)
Pembaca budiman, semoga sukses dalam segala aktifitas ibadah di atas bumi ini dan selalu mendapat ridha dari Allah SWT. aamiin....

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam menyajikan kultum Ramadhan dengan materi yang berjudul : Ketika Mulut-Mulut Dikunci.

"Kalian (lalai) berlomba mengejar kemegahan dan tiba-tiba kalian sudah sampai di (pintu) kubur" (QS At-Takaatsur : 1- 2)  

"Akan datang hari mulut dikunci, kata tak ada lagi. Akan tiba masa tak ada suara, dari mulut kita. Terkadang tangan kita entah apa yang dilakukannya..."
Demikian penggalan syair lagu alm. Chrisye yang mengutip maw'izhoh dari Al Quranul Karim. 

Setelah kumandang sangkakala kedua, maka seluruh makhluk yang telah dimatikan pada waktu sangkakala pertama, dibangkitkan kembali dari kubur, menghadap kepada Allah SWT.

Mereka seluruhnya akan dikumpulkan di sebuah tempat yang sangat luas yaitu "Padang Mahsyar"

Setiap yang pernah berlaku dzolim akan diadili di sini. Di mahkamah ini tanpa da yang bisa menolong dan melakukan intervensi. Keadilan diputuskan dengan haq.

Mengapa memukul orang tak bersalah?, mengapa tidak membayar upah?, mengapa melanggar perintah Allah swt?. mengapa tidak memimbing anak untuk beribadah? 

Mengapa menganiaya hewan? mengapa dan mengapa? Alangkah banyak pertanyaan dan persoalan yang harus dijawab setian insan.

Lalu ketika orang-orang yang berdosa masih saja berkelit, maka : "Pada hari ini Kami kunci mulut-mulut mereka. Lalu tangan-tangan mereka akan berbicara dan kaki-kaki mereka akan membewriakan kesaksian tentang apa-apa yang pernah mereka kerjakan" (QS Yasin : 65).

Saking banyaknya perkara yang mesti diadili baik antara manusia dengan Rabb mereka, serta persoalan antara sesama manusia, maka hisab tersebut memakan waktu hingga ratusan ribu tahun lamanya.

Kemudian manusia akan digiring ke jembatan shirootol mustaqim, hingga orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dimasukkan ke dalam surga dan kaum yang ingkar masuk neraka.

"Sesungguhnya Allah swt. akan menerima taubat seorang hamba, sebelum nyawa sampai di yugharghir, (di tenggorokan)  Hadits Nabi saw.

Sebelum datang satu masa, dimana mulut tak bisa berkata, tangan mengungkap rahasia dan kaki menjadi saksi membenarkan fakta-fata, marilah membersihkan diri disaat masih ada kesempatan Taubatan Nasuha.

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk munajat, memohon ampun dan bertaubat atas segala salah dan lalai kepada Yang Maha Pencipta, Allah swt.

Mohon maaf atas segala kesalahan, penuhilah kewajiban lunasi hutang piutang, hablun minallah, hubungan dengan Allah dan hablun minannas, hubungan sesama manusia.

Kedua hal ini bisa meluruskan jalan ke surga, atau sebaliknya, bisa sebagai penghambat dari memperoleh kasih sayang Allah swt.
Perbaikilah selagi masih ada waktu. semoga kita selamat dunia akhirat. aamiin....

Silakan klik di sini :  AQIDAH sebagai materi yang lain.

0 Response to "KETIKA MULUT-MULUT DIKUNCI (Kultum Ramadhan ke-20)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel