TELAH DATANG BULAN YANG AGUNG (Kultum Ramadhan) hari ke-1

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb.  Kajian Islam (Katagori Kultum Ramadhan).
Marhaban Ya Ramadhan, pembaca budiman yang dirahmati Allah, sebelum menulis terkait dengan Kultum Ramadhan saya secara pribadi dan keluarga mohon maaf dengan tulus, barangkali sebelum-sebelumnya ada tulisan yang kurang berkenan di hati pembaca. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun 1440 H dan bertepatan tahun 2019 M, lewat tulisan ini saya mohon ma'af atas segala kesalahan dan kekurangan di Blog ini. Dan atas pemberian ma'af pembaca budiman, semoga kami sekeluarga dapat mengamalkan ibadah puasa dengan istiqomah dan diberi kekuatan secara fisik maupun spiritual hingga dapat menjalani puasa penuh dalam satu bulan. Kepada para pembaca budiman, saya beserta keluarga mendoakan semoga pembaca dapat mengamalkan ibadah puasa tahun ini dan dimudahkan dalam segala urusan, baik urusan dunia maupun akhirat. Aamiin.  

Judul Kultum : 
"Penghulu dari semua bulan adalah Ramadhan dan Penghulu dari semua hari adalah hari Jum'ah"  (Hadits Nabi SAW.)

Telah datang kepada kita bulan yang Agung bulan yang penuh Berkah yaitu bulan Ramadhan. Pada bulan ini kaum Muslimin diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Yaitu menahan lapar dan dahaga serta tidak berhubungan biologis dengan istri dimulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.
Tentunya  penting menjauhi hal-hal yang  dapat merusak  nilai ibadah puasa,  seperti marah-marah, me-
maki, bergunjing, berdusta dan lain sebagainya.

Pada bulan Ramadhan ini pula, Allah SWT telah menurunkan Kitab Al Quran yang menjadi pedoman dan panduan hidup bagi setiap orang yang mengaku beriman. Bulan ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bulan-bulan lain, sampai disebut oleh Nabi SAW. , sebagai Sayyidus syuhuur penghulu dari segala bulan.

Dimana pada hari-harinya disunahkan agar lebih banyak melakukan ibadah-ibadah sunnah disamping tentunya melaksanakan ibadah wajib tepat waktu.

Ibadah-ibadah sunnah, seperti sholat tarawih, memperbanyak membaca Al Quran, dan upayakan untuk dapat mengkhatamkannya pada bulan ini. Berusaha memahami arti dan makna dari Al Quran itu sendiri, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena kita yakin bahwa Allah menurunkan Alquran ini bukan hanya sekedar menjadi bacaan semata, tetapi agar dapat diamalkan sehingga kita akan selamat serta bahagia dunia dan akhirat.  

Semua amalan Sunnah akan dibalas dengan pahala wajib, dan semua amalan wajib akan dibalas 70 kali lipat.

Bahkan pada 10 malam terakhir asyrul awaakhir,  terdapat satu malam yang nilainya melebihi 1000 bulan yang dikenal sebagai lailatul qodr  (malam mulia). Bagi yang beribadah pada malam itu, maka usia ibadahnya akan ditambah oleh Allah SWT seribu bulan atau lebih kurang 183 tahun.

Sebagai seorang mukmin, tentu akan bergembira menyambut Ramadhan dengan banyaknya nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya. Allah SWT juga menjanjikan, bagi yang beribadah di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mencari ridhaNya, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu. Semoga saja Ramadhan ini dapat mengantarkan kita menjadi insan-insan yang bertaqwa.
Pembaca baca juga / klik link ini : ASBABUN NUZUL

Siapa ikhlas bepuasa, Akan menjadi insan bertaqwa
Siapa malas beribadat akan menyesal di akhirat.        

0 Response to "TELAH DATANG BULAN YANG AGUNG (Kultum Ramadhan) hari ke-1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel