KEDUDUKAN SHOLAT DALAM ISLAM

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam; (labels Sholat
Sebelum kita bicara tentang kedudukan sholat dan bekal spiritual didalamnya, alangkah baiknya kita tahu kadar dan kedudukan shalat. Dalam Islam sholat tak ubahnya seperti kepala bagi tubuh. Sholat itu adalah tiang, pilar, syiar, garis pembatas antara orang kafir dengan orang Muslim , penyelamat, penjaga iman, wahana komunikasi seorang  hamba  dengan  Allah SWT, penghibur  mata, penyejuk  hati.
       Demi memuliakan sholat dan pretisenya, perintah sholat disampaikan kepada Rasulullah saw. pad malam Isra' barangkali itu sinyal betapa tingginya nilai sholat itu.  Sepertinya ketika sholat ruh kita naik kepada penciptanya untuk berbekal dengan bekal iman dan takwa. 
       Sholat bayak disebut dan diperintahkan di banyak ayat Al-Quran Misalnya Firman Allah SWT :
حٰفِظُوا۟ عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلَوٰةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّـهِ قٰنِتِينَ   
"Peliharalah segala sholat dan sholat pertengahan serta berdirilah karena Allah dengan khusu'" (QS Al Baqarah : 238)    
Allah SWT berfirman :
                            وَأَقِيمُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ الزَّكَوٰةَ وَارْكَعُوا۟ مَعَ الرّٰكِعِينَ
"Dan dirikan sholat, tunaikan zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku' "(QS Al Baqarah :43) 

Firman Allah SWT  :     إِنَّ الصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتٰبًا مَّوْقُوتًا
 "Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan watunya atas atas orang-orang beriman". (QS An-Nisa :43)إِنَّ الصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ ۗ

Firman Allah SWT :
                     الَّذِينَ إِن مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْأَرْضِ أَقَامُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَءَاتَوُا۟ الزَّكَوٰةَ وَأَمَرُوا۟ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا۟ عَنِ الْمُنكَرِ ۗ وَلِلَّـهِ عٰقِبَةُ الْأُمُورِ 
"Yaitu orang-orang yang jika Kami kokohkan kedudukan mereka di muka bumi, maka mereka mendrikan sholat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar dan semua urusan dikembalikan kepada Allah"   (QS Al-Hajj : 41)

Allah SWT berfirman :  إِنَّ الصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ 
" Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar" (Al Ankabut : 45) 

Hadits-hadits Nabi saw. yang menjelaskan sholat, kedudukan, dan urgensinya, juga banyak . Sebagiannya ialah sebagai berikut :
1. Diriwayatkan Ibnu Mas'ud, R.A yang berkata , Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw, Perbuatan apa yang pailing baik? Rasulullah saw., Sholat pada waktuny, akuberttanya, kemudian perb uatan pa lagi ? Rasulullah saw, bersabda : Berbaktilah kepada kedua orang tua , Aku bertanya' kemudian perbuatan apa lagi? Rasululullah saw, Jihad di jalan Allah. (Muttafaq Alaih)

2. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah R.A , Rasulullah saw. bersabda :
"Jarak pemisah antara seorang dengan syirik atau kafir ialah meninggalkan sholat". (Riwayat Muslim) 

3. Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A yang berkata, aku dengar Rasulullah saw. , bersabda :
"Bagaimana menurut pendapat kalian, kalau ada sungai di depan rumah salah seorang dari kalian lalu ia mandi di dalamnya lima kali dalam setiap hari. Apkah ia masih punya kotoran? Para sahabat menjawab "Tidak ada kotoran yang tersisa padanya. "Rasulullah saw., bersabda : Itulah perumpamaan sholat lima waktu, Allah menghapus kesalahan-kesalahan dengannya." (Muttafaq Alaih)
 
Demikian sekilas uraian Kedudukan Sholat Dalam Islam berdasarkan Al Quranul Karim dan Hadits-hadtits shoheh. Semoga sholat kita menjadikan penolong dalam kehidupan dunia ini hingga mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Aamiin.....

0 Response to "KEDUDUKAN SHOLAT DALAM ISLAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel