MEMPERBAIKI RIZKI DALAM PASANGAN SUAMI ISTRI



Pernikahan adalah salah satu dari sunah Rasulullah SAW. Dari sekian banyak sunah-sunah Rasul, namun sunah yang satu ini (pernikahan) adalah suatu sunah yang perlu penyaksian dari keluarga, sahabat, rekan, dan handai taulan. Bahkan Allah SWT saja memberikan pernyataan di dalam Al Quran,  bahwa perkawinan adalah salah satu tanda keagungan ayat-ayat Allah yang ternukil di Surat Ar-Ruum Ayat 21 :
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir"  (QS Ar Ruum : 21)

Dan pernikahan adalah salah satu bagian dari pemberian rizki dari AllahSWT  :
"Dan Nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." QS An Nuur : 32 ﴿

 Setelah pernikahan berjalan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tentu bukan hanya bekerja saja tetapi harus ada dari suami istri saling pengertian dan saling menghargai. Dan karena Allah SWT telah mengatur di  dalam Alquran bahwa Laki-laki adalah pemimpin, termasuk pemimpin rumah tangga. Maka suami berkewajiban untuk mencari Nafkah dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Sebaliknya seorang istri juga mempunyai tanggung jawab agar semua dapat bersinergi antara kehendak suami dan istri. Bagaimana agar rizki dalam keluarga dapat menjadi lancar pasti tidak lepas kontribusi istri dalam mencari rizki. Sebagai ilustrasi ada beberapa hal yang harus ada pada istri dalam rangka memperlancar rizki suami,  untuk memenuhi kebutuhan keluarga , inilah  9 hal yang harus dimiliki  oleh seorang  istri :

1. Wanita Yang Taat Pada Allah Dan Patuh Pada Rasulnya.
     Sebelum menikahi seorang wanita, seharusnya seorang pria harus mempertimbangkan ke 4 hal, (1) Kecantikan, (2) Keturunan (dalam hal ini adalah wanita yang dapat memberikan banyak anak (subur kandungannya.) , (3) Hartanya,  (4) Agamanya. Namun dari ke 4 faktor tersebut paling diutamakan  adalah faktor Agama.  Dan akan sangat beruntung jika dapat ke 4 faktor tersebut.

Permasalahan sekarang adalah;  ada bahkan banyak laki-laki yang telah terlanjur menikahi wanita yang tidak sempurna seperti dikatakan dalam hadits tersebut. Karena memang di jaman sekarang sangat sulit untuk menemukan wanita yang mempunyai kriteria seperti yang digambarkan dalam hadits Rasulullah saw. itu.
Maka yang dapat dilakukan oleh seorang suami saat ini  adalah memberikan bimbingan akhlaq kepada istri, agar istri dapat memiliki sifat seperti hadits diatas. Setidaknya tidak ke 4 nya namun satu atau dua saja dari kriteria 4 tersebut. Bersyukur kepada Allah kalau dapat memenuhi ke 4 nya. 

2. Wanita Yang Taat Kepada Suami.
     " Jika aku boleh menyuruh orang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku akan menyuruh seorang istri        untuk sujud kepada suami" (HR. Tarmidzi dan Ibnu Majah)
Ditilik dari hadits diatas dapat kita simpulkan betapa menjadi istri yang taat pada suami adalah mutlaq untuk dipatuhi.  Dengan ketaatan istri terhadap suami maka suami akan merasa tenang dan damai. Dengan ketenangan dan kedamaian maka apa saja yang suami lakukan akan tertata dengan baik dan tentu dalam melakukan sesuatu apapun menjadi ikhlas sehingga Allah akan memberikan kemudahan dalam kaitan rizki dalam segala hal. 

3. Wanita Yang Melayani Suami Dengan Baik
     Menjadi seorang istri haruslah mengetahui apa saja yang tugas dan kewajiban yang harus dilakukan. Menjalankan tugas rumah tangga bagi istri adalah ladang pahala, sepanjang apa yang dilakukan itu ridho dan ikhlas, melayani suami dengan baik dan mendidik anak-anak karena itu adalah tugas utama yang tidak boleh ditinggalkan. Hal ini akan menjadikan keridhoan Allah kepada pasangan suami istri sehingga suami lebih bersemangat.

4. Wanita Yang Berhias Untuk Suami
     "Sesungguhnya dunia adalah perhiasan, sebaik-baik perhiasan adalah istri yang sholihah" 
(HR. Muslim). Wanita adalah telah mendapatkan kodrat bahwa ia suka berhias dan mempercantik diri. Akan tetapi seorang istri yang sholihah hanya akan berhias dan  menampakkan perhiasannya hanya untuk suami. Ketika seraong istri dipandang selalu menyenangkan dan mengetahui bagaimana cara membuat suami senang, maka para malaikat ikut berdoa agar Allah memudahkan rizki datang kepadanya.

5. Jika Ditinggal, Menjaga Kehormatan Dan Harta Suaminya.   
Tanda istri yang sangat membantu memudahkan rizki suami  asalah yang senantiasa meminta ridho kepada suami atas segala tindakannya. ketika suami keluar untuk mencari nafkah maka kewajiban istri yang di tinggal harus mampu dan berusaha menjaga kehormatan dirinya. Dan ia juga tidak diperbolehkan menerima tamu laki-laki yang bukan muhrimnya. Membatasi keluar rumah untuk urusan yang tidak penting. Selain itu istri harus bisa menjaga harta suaminya yang ditinggalnya, dan menggunakannya pada hal-hal yang bermanfaat atas ijin suami. Wanita yang mempunyai sifat tersebut akan menjadikan rizki mudah masuk ke dalam rumah sebagai upah dari ketaatannya kepada suami dan kepada Allah SWT. 

6. Wanita Yang Selalu Meminta Ridho Dari Suami        Wanita dengan ciri ini akan mengerti bagaimana menyenagkan suami , menjaga sikap serta prilaku agar tidak menyinggung perasaan suami serta menyakiti hatinya, Ia selalu berusaha agar suaminya tidak marah  terhadap istrinya. Ia tidak akan tidur dalam keadaan marah, atau meninggalkan dalam keadaan marah sampai mendapat maaf dari suaminya. Mengajak suami bercanda karena ini bagian dari yang dianjurkan Rasulullah, agar suasana menjadi senag dan ceria sehingga dapat menumbuhkan kebahagiaan keluarga.

7. Wanita Yang Menerima Pemberian Suami Dengan Ikhlas.
     Ciri istri istri pembawa berkah selanjutnya adalah ia tidak pernah mengeluh atas pemberian suaminya, wanita ini selalu menerima dengan ikhlas serta menghargai apapun yang diberikan suami kepadanya. Ia selalu bersyukur atas apa yang diperoleh suaminya meskipun hanya sedikit. Wanita yang selalu bersyukur serta ikhlas maka Allah akan menambahkan rizkinya kepada keluarga.

8. Wanita Yang Dapat Menjadi Pasangan Peraih Ridho Allah SWT.  
     Istri yang menjadikan rumah tangganya sebagai ladang ibadah dan pengabdian kepada Allah, dapat menjadi rekan diskusi yang berimbang bagi suami. Ia juga dapat melakukan koreksi dan menyampaikan dengan lembut kepada suami. Selain itu wanita yang mempunyai ciri ini juga dapat menjadi motivator untuk suami dalam rangka meraih sukses didunia hingga bahagia di akhirat. Itulah yang memunculkan kalimat : "Dibalik Pria yang sukses ada wanita hebat dibelakangnya" . 

9. Wanita Yang Tak Pernah Putus Asa Untuk Semuanya.
     Ciri wanita seperti point 9 diatas, sangat membantu mendukung untuk mengalirkan rizki. Wanita ini adalah selalu menerima nasib dari Allah SWT namun tetap berusaha dengan sekuat tenaga untuk mendoakan suami, anak-anaknya, untuk meraih sukses didunia dan kebahagiaan di akhirat. Berdoa tidak pernah terputus setiap saat dari sosok wanita ini. Bibir tidaklah pernah berhenti berdoa, apalagi setelah menjalankan sholat wajib maupun sunah. Wanita seprti inilah yang akan cepat mendatangkan rezki kepada suami maupun keluarga. Dan selalu mendoakan setiap suaminya akan berangkat mencari nafkah di tempat kerjanya.  Demikian 9 ciri wanita yang akan membawa berkah dalam rumah tangga dan dapat memperbaiki rizki dalam pasangan suami istri. Semoga kita yang membacanya dapat sedlau membimbing istri untuk mencapai 9 ciri tersebut.Sekian.

0 Response to "MEMPERBAIKI RIZKI DALAM PASANGAN SUAMI ISTRI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel