Doa 8 Nabi Dalam Al-Qur'an Lengkap Untuk Kebahagiaan Duni Akhirat.

Kajian Islam (Katagori posting Doa)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Doa 8 Nabi dalam al-qura'an, untuk kebahagiaa dunia akhirat, adalah bagian dari tuntunan manusia dalam segala macam usahanya untuk mendapat keselamatan dan kemuliaan dunia akhirat.  

Ada banyak doa-doa para Nabi dan Rasul, yang patut kita amalkan atau panjatkan setiap hari. Dalam materi ini, saya akan mengambil doa 8 Nabi yang sungguh sangat banyak kemaslahatannya bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena mereka adalah manusia pilihan Allah dan sebaik-baik contoh untuk diteladani. Delapan Nabi ini juga diuji dan dicoba Allah dengan kesulitan, keresahan, penyakit, tantangan para musuh dalam berdakwah hingga mereka pun menyadari hanya dengan meminta kepada Allah-lah kesulitan akan dapat diatasi. Karena hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya. Hanya Allah tempat kita meminta. Kali ini kita akan membahas dari doa 8 Nabi yang diabadikan dalam Al-Quranul karim. Baiklah mari kita ikuti apa sajakah doa 8 Nabi tersebut :

1. Do'a Nabi Sulaiman a.s.
  • Mohon Kerajaan yang kuat. 
 رَبِّ ٱغۡفِرۡ لِى وَهَبۡ لِى مُلۡكً۬ا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ۬ مِّنۢ بَعۡدِىٓ‌ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡوَهَّابُ
"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". ( QS, Shad :35) 
  • Mohon Kesyukuran dan Rahmat Allah. 
رَبِّ أَوۡزِعۡنِىٓ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٲلِدَىَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَـٰلِحً۬ا تَرۡضَٮٰهُ وَأَدۡخِلۡنِى بِرَحۡمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّـٰلِحِينَ
"Ya Tuhanku, berilah aku ilmu untuk tetap mensyukuri ni'mat-Mu yang telah Enkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang, ibu dan babakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS An-Naml : 19). 
Baca yang ini : Hadits-Hadits Tentang Perintah Berdoa

Kalau kita ambil hikmah dari doa Nabi Sulaiman a.s. diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ketika Suilaiman memohon kerajaan, maka itu dapat kita kiaskan untuk diri kita, agar hidup lebih mulia dengan tercukupinya harta, serta kemuliaan derajat. Nanum disisi lain Nabi juga mohon agar tetap dalam posisi penuh kesyukuran dalam bergelimangnya harta dan kedudukan.

2. Doa Nabi Ya'qub a.s. 
  • Memohon Kesabaran,  فَصَبۡرٌ۬ جَمِيلٌ۬‌ۖ وَٱللَّهُ ٱلۡمُسۡتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ
"Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan" (QS, Yusuf : 18
  • Minta Keputusan Allah,  رَبَّنَا ٱفۡتَحۡ بَيۡنَنَا وَبَيۡنَ قَوۡمِنَابِٱلۡحَقِّ وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلۡفَـٰتِحِينَ
"Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik-baiknya". (QS, Al-A'raf : 89)
  • Mengadu hanya kepada Allah : إِنَّمَآ أَشۡكُواْ بَثِّى وَحُزۡنِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَأَعۡلَمُ مِنَ ٱللَّهِ مَا لَا تَعۡلَمُونَ 
"Ya'qub menjawab : "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya." (QS, Yusuf : 86)
  • Memuji sifat Allah sebagai penjaga dan penyayang,  فَٱللَّهُ خَيۡرٌ حَـٰفِظً۬ا‌ۖ وَهُوَ أَرۡحَمُ ٱلرَّٲحِمِينَ
"Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan Dia adalah Maha Penyayang di antara para penyayang". (QS, Yusuf :64).
  • Memohon tetap dalam tawakal ,  إِنِ ٱلۡحُكۡمُ إِلَّا لِلَّهِ‌ۖ عَلَيۡهِ تَوَكَّلۡتُ‌ۖ وَعَلَيۡهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ ٱلۡمُتَوَڪِّلُونَ
"Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah kepada-Nya-lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri." (QS Yusuf : 67)

3. Doa Nabi Nuh a.s. 
  • Mohon Pertolongan Allah,     فَدَعَا رَبَّهُ ۥۤ أَنِّى مَغۡلُوبٌ۬ فَٱنتَصِرۡ
"Maka dia mengadu kepada Tuhannya : bahwasanya aku ini adalah orang yang dikalahkan, oleh sebab itu tolonglah (aku)." (QS, Al Qamar : 10)
  • Mohon Ampun dan Belas Kasihan Allah. 
رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنۡ أَسۡـَٔلَكَ مَا لَيۡسَ لِى بِهِۦ عِلۡمٌ۬‌ۖ وَإِلَّا تَغۡفِرۡ لِى وَتَرۡحَمۡنِىٓ أَڪُن مِّنَ ٱلۡخَـٰسِرِينَ
"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat) nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi." (QS, Hud : 47)

  • Memohon Ampun untuk Kedua orang tua dan Seluruh Kaum Beriman. 

رَّبِّ ٱغۡفِرۡ لِى وَلِوَٲلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيۡتِىَ مُؤۡمِنً۬ا وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّـٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارَۢا

"Ya Tuhanku, Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim selain kebinasaan". (QS, Nuh : 28)

4. Doa Nabi Ayub a.s.
Baca juga yang ini : Doa Yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Berkecukupan Rezeki.
  • Do Minta Keturunan (Anak) :   رَبِّ هَبۡ لِى مِنَ ٱلصَّـٰلِحِينَ 

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh."  (QS Ash Shaffat : 100)

  • Mohon Kesembuhan Penyakit.  : إِذۡ نَادَىٰ رَبَّهُ ۥۤ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرۡحَمُ ٱلرَّٲحِمِينَ 

"(Ketika ia menyeru Tuhannya) : Ya Tuhanku. Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." (QS, Al-Anbiya : 83)

5. Doa Nabi Yunus a.s. 


"Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim". (QS, Al-Anbiya : 87)

6. Do'a Nabi Daud a.s. 

  • Doa Syukur :  ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ۬ مِّنۡ عِبَادِهِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ
"Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman" (QS, An-Naml : 15)

7. Do'a Nabi Luth a.s. 

  • Doa mohon diturunkan azab untuk para perusak (fasiqin).   رَبِّ ٱنصُرۡنِى عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡمُفۡسِدِينَ

"Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu" (QS An Kabut : 30).

8. Do'a Nabi Yusuf,  a.s. 
Baca juga ini : Kisah Empat Nabi, Yang Masih Hidup Hingga Sekarang.
  • MOhon Wafat Dalam Keadaan Khusnul Khatimah. 
رَبِّ قَدۡ ءَاتَيۡتَنِى مِنَ ٱلۡمُلۡكِ وَعَلَّمۡتَنِى مِن تَأۡوِيلِ ٱلۡأَحَادِيثِ‌ۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنۡيَا وَٱلۡأَخِرَةِ‌ۖ تَوَفَّنِى مُسۡلِمً۬ا وَأَلۡحِقۡنِى بِٱلصَّـٰلِحِينَ

"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian takbir mimpi. (Ya Tuhan), Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan diakhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh." (QS, Yusuf : 101).

Demikian uraian doa 8 Nabi dalam Al-qur'an lengkap untuk kebahagiaan dunia akhirat. Semoga mermanfaat. Mari kita amalkan do'a para Nabi dan Rasul Allah di atas, semoga kita menjadi orang yang selalu terbimbing oleh-Nya. Aamiin...

0 Response to "Doa 8 Nabi Dalam Al-Qur'an Lengkap Untuk Kebahagiaan Duni Akhirat. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel