Al-Qur'an Adalah Penyembuh Bagi Semua Penyakit Hati.



Kajian Khazanah Islam (katagori posting Al-Quran)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam seluruh aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Salah satu nama Al-Qur'an adalah asy-Syifa yang berarti obat penyembuh. Al-quran adalah penyembuh bagi semua penyakit hati. Allah berfirman : "Wahai manusia sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman". (QS, Yunus  : 57).  Pada ayat lain juga disebutkan : "Katakanlah, Al-Qur'an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman". (QS, Fushilat :44). 

As-Sa'di dalam kitabnya, Tafsir al-Karim ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Manan, menjelaskan bahwa Al-Quran adalah penyembuh bagi semua penyakit hati. Baik itu berupa syahwat yang menghalangi manusia untuk taat kepada syariat atau syubhat yang mengotori iman. Karena di dalam Al-Qur'an terdapat nasihat, motivasi, pembawa kabar gembira, peringatan, janji, dan ancaman yang akan memicu seseorang pada sikap harap (asa) dan takut (khauf). 

Ketika hati seseorang sehat, tidak banyak berisi syahwat dan subhat, maka anggota badan pun akan mengikutinya.  Hadits Rasulullah saw. menjelaskan sebagai berikut : 
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ 

Sabda Rasulullah saw. : "Ketahuilah bahwa pada jasad terdapat segumpal daging, jika ia baik maka baiklah seluruh jasadnya, jika ia buruk maka buruklah seluruh jasadnya, ketahuilah itu adalah hati" (Shaheh Bukhari). 
Baca juga ini : Khutbah Jum'at Singkat 2016

Selain menjadi obat penyembuh bagi penyakit hati dan jiwa, Al-Qur'an juga menjadi obat penyembuh fisik. Asy-Syinqithi dalam kitabnya, Tafsir Adhwa'al al-Bayan mengatakan bahwa Al-Qur'an adalah obat penyembuh yang mencakup obat bagi penyakit hati dan jiwa, seperti keraguan, kemunafikan, dan perkara lainnya. Al-Qur'an dapat juga menjadi obat jasmani jika dilakukan ruqyah kepada seorang yang sakit. Ini seperti yang dilakukan sahabat yang membacakan surah al-Fatihah kepada seorang pemimpin kampung yang tersengat kalajengking. 

Abu Sa'id al-Khudri menuturkan, beberapa orang sahabat Rasulullah saw, melakukan safar, lalu melewati suatu kampung Arab badui. Kala itu mereka untuk dijamu ala kadarnya, tetapi penduduk kampung itu enggan untuk memberikan jamuan. Tidak lama kemudian pemimpin kampung itu tersengat kalajengking beracun hingga badannya demam tinggi. Mereka kemudian menemui para sahabat tadi, lalu bertanya, apakah diantara kalian ada yang dapat membacakan sesuatu kepada pemimpin kami yang tersengat kalajengking beracun itu?.  Salah seorang sahabat menjawab, "Ya" ada. Iapun mendatangi pemimpin kampung tersebut lalu membacakan surat al-Fatihah. Tidak lama kemudian, atas pertolongan Allah, pemimpin kampung tersebut sembuh. Karena jasanya, iapun diberi seekor kambing, tetapi ia enggan menerimanya. 
Baca juga ini : Mushaf Utsman Satukan Kaum Muslimin
Ibnu Qayyim dalam kitabnya, Zad al-Ma'ad menjelaskan, Al-Qura'an adalah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani, demikian pula penyakit dunia dan dan akhirat. Tidak setiap orang diberi keahlian dan taufik untuk menjadikannya sebagai obat. Jika seorang yang sakit konsisten berobat dengannya dan meletakkan pada sakinya dengan penuh kejujuran dan keimanan, penerimaan yang sempurna, keyakinan yang kukuh, dan menyempurnakan syaratnya, niscaya penyakit apapun tidak akan mampu menghadapinya. 
Kepada sahabat yang sakit, Nabi saw. kerap kali berpesan, bagi kalian ada obat penyembuh, yakni madu dan Al-Qur'an. (HR. Ibnu Majah dan al-Hakim). Sebagai asy Syifa, orang yang beriman dihimbau banyak membaca Al-Quran, karena ia adalah obat penyembuh. Wallahu a'lam.
Demikian uraian, Al-Quran Adalah Penyembuh Bagi Semua Penyakit Hati. Semoga bermanfaat dan marilah kita dawamkan/istiqamahkan untuk membaca Al-Qur'an setiap saat dimanapun kita berada. 
Jangan lupa baca yang ini : ADA ENAM JENIS BUAH YANG ADA DI SYURGA

0 Response to "Al-Qur'an Adalah Penyembuh Bagi Semua Penyakit Hati."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel