Isilah Bulan Syawal Dengan Peningkatan Amalan Sholeh.

 

Rasiyambumen.con Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)
 
Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selelu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Setelah satu bulan penuh berperang melawan hawa nafsu, dengan ketulusan dan kepatuhan atas perintah-Nya, maka Allah menjanjikan segala amal yang dilakukan akan dilipat gandakan  pahalanya.
Semoga seluruh kebaikan-kebaikan yang telah tertanam menjadi kebiasaan di hari-hari berikutnya. 
 
Untuk mengenang apa yang telah kita tunaikan, puasa ramadhan dan amalan-amalan yang menyertainya, penulis ingin mentorehkan tuliasan untuk mengisi di bulan Syawal (bulan Peningkatan).    

1. Di ufuk barat di penghujung akhir ramadhan, matahari beranjak tenggelam menempati peraduannya. Tak sabar menanti malam segera tiba, berganti pagi penuh do'a menyambut lebaran bersama keluarga. 

2. Satu Syawal merupakan hari kemenangan, hari-hari hari selanjutnya adalah lembaran baru yang dapat diisi dengan berbagai amalan bermanfaat dan mengumpulkan pundi-pundi pahala sebagai bekal  akhirat. 
 
3. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan untuk membuka tabirnya dengan permohonan ma'af, agar cahaya menembus jiwa yang fitri dari setiap khilaf. 
 
4. Pada hari yang fitri, izinkami mohon maaf atas segala kesalahan, bahkan dosa. Mohon maaf lahir dan batin dari kami sekeluarga. Meski Ramadhan telah berangkat untuk menjauh, ditandai dengan munculnya hari nan fitri yang telah menggeliat di hari pertama satu syawal. Semoga niat dan perilaku nan tulus tetap bertahan selama satu tahun ke depan. 
 
5. Ramadhan nan suci, telah pergi semoga kita dipertemukan kembali pada ramadhan tahun depan dengan keadaan iman yang meningkat serta sehat wal afiat. 
 
6. Bulan suci ramadhan mengajarkan dan menanamkan kebiasaan taat kepada Allah SWT yang tulus. Setelah satu bulan lamanya berlatih dengan berbagai amalan sholeh, sekaranglah saatnya kebiasaan tersebut diuji di bulan Syawal ini, hingga bertahan  di ramadhan yang akan datang.  
 
7. Enam hari berpusa sunnah di bulan syawal, sama dengan berpusa satu tahun penuh lamanya. Tentu jangan sampai dilewatkan kebaikan yang satu ini.

8. Bulan syawal menggambarkan kepada manusia sebagai insan baru, seperti halnya bayi yang baru dilahirkan dari sang ibu, sehingga masih bersih dari segala kotoran rohani, bersih dari dosa masa lalu. 

9. Bulan syawal merupakan bulan baru, dengan pribadi yang baru, yang harus kita isi dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang bermanfaat.

10. Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dan dengan kerendahan hati. Meski lebaran telah lewat, semoga tidak mengurangi kadar ketaatan selama satu bulan penuh di bulan ramadhan. 
 
11. Walau hati masih merasa rindu dan sedih karena ditinggal bulan yang suci, bulan yang agung, namun hati harus tetap iklas dan bersih. 
 
12. Dalamnya hati seseorang siapa yang tahu, kuatnya iman akan menjadi ukuran, dan akan tetap bertahan walaupun berat melawan arusnya di bulan syawal.
 
13. Tidak ada yang lebih hebat dari berkah Allah. Tidak ada yang lebih besar dibanding mencapai kebahagiaan murni. Semoga setelah hari kemenangan, semua kebiasaan baik di bulan suci ramadhan, selalu melekat kepada kita semua yang taat. Aamiin...
 
Demikian uraian singkat materi "Isilah Bulan Syawal Ini, Dengan Peningkatan Amalan Sholeh". Semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita dalam pengamalan ibadah di bulan syawal ini, hingga bertemu syawal yang akan datang.   

0 Response to "Isilah Bulan Syawal Dengan Peningkatan Amalan Sholeh. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel