Cara Bangkit Sujud Bertumpulah Dengan Kedua Tangan.

 
Bangkit dari sujud bertumpu pada kedua tangan.
 
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, dengan harapan mendapat kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama, terkait masalah bangkit dari sujud untuk melajutkan rakaat selanjutnya yang menyatakan harus bertumpu dengan kedua tangannya. 

Sebagaian mengatakan bahwa adalah sunnah bertumpu dengan kedua tangannya, saat bangkit dari sujud menuju rakaat selanjutnya. Sebagian lagi tidak hrus bertumpu pada kedua tangan. Untuk lebih jelasnya mari kita kupas pendapat-pendapat yang berbeda tersebut menggunakan dalil-dalil yang ada dan masing-masing menganggap sah.  

Pendapat yang menyatakan bangkit dari sujud bertumpu kepada kedua tangan.

Pendapat ini adalah pendapat jumhur ulama tekait bertumpu pada kedua tangan saat bangkit dari sujud untuk melanjutkan rakaat berikutnya. Hal ini adalah pendapat Imam Syafi'i yang kemudian diikuti oleh ulama-ulama dari madzhab beliau. Dali-dali yang menjelaskan tentang bangkit dari sujud menggunakan tangan adalah sebagai berikut : 
Dari Malik Ibnu Huwairits radiyallahu'anhu berkata : 
ﺃَﻵ ﺃُﺣَﺪِّﺛُﻜُﻢْ ﻋَﻦْ ﺻَﻼَﺓِ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ؟ ﻓَﺼَﻠَّﻰ ﻓِﻲ ﻏَﻴْﺮِ ﻭَﻗْﺖِ ﺻَﻼَﺓٍ. ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺭَﻓَﻊَ ﺭَﺃْﺳَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴَّﺠْﺪَﺓِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔِ ﻓِﻲ ﺃَﻭَّﻝِ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ، ﺍﺳْﺘَﻮَﻯ ﻗَﺎﻋِﺪًﺍ، ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻡَ ﻓَﺎﻋْﺘَﻤَﺪَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ.
"Maukah aku gambarkan kepada kalian cara shalat Rasulullah SAW?. Lalu Malik mencontohkan shalat di luar waktu shalat. Tatkala ia mengangkat kepalanya dari sujud yang kedua pada raka'at yang awal, ia duduk tegak sejenak. Kemudian beliau bangkit dengan bertumpu pada (kedua tangannya) di atas tanah". (HR. asy-Syafi'i dalam al-Umm no.198. An-Nasai no. 1153 dan al-Baihaqi 2/124-125).  
 
Dalam kitab Al-Umm Imam Syafi'i setelah menyebutkan hadits daari Malik Ibnul Huwairits maka beliau berkata :
أن يستريح على قدميه ، لأن الرسول في الحقيقة قد روى أنه أراح يديه على الأرض عندما كان على وشك القيام". [الأم ، الجزء 1 ، صفحة 116
"Aku tidak menyukai seseorang bangkit tanpa bertumpu (dengan kedua Tangannya), karena sesungguhnya telah diriwayatkan Nabi SAW bahwa beliau bertumpu dengan kedua tangannya pada tanah, ketika beliau hendak bangkit (dari sujud)". [ Al-Umm, Juz 1 hal. 116)

Kemudian berkata : Berdasarkan dalil ini kami menetapkan, dan memerintahkan kepada orang yang akan berdiri dari sujud, terlebih duduk sejenak, lalu bangkit dengan bertumpu pada bumi, dengan  kedua tangannya untuk melanjutkan raka'at berikutnya.  Hal ini sebagaimana upaya untuk mengikuti sunnah" (al-Umm, Juz 1 hal. 117) 
 
Pendapat di atas diperkuat dengan dalil dari Azraq Ibnu Qais rahimahullah ia berkata : 
 ﺭﺃﻳﺖ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻛﻌﺘﻴﻦ ﺍﻋﺘﻤﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺑﻴﺪﻳﻪ ﻓﻘﻠﺖ ﻟﻮﻟﺪﻩ ﻭﻟﺠﻠﺴﺎﺋﻪ ﻟﻌﻠﻪ ﻳﻔﻌﻞ ﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺒﺮ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻻ ﻭﻟﻜﻦ ﻫﺬﺍ ﻳﻜﻮﻥ
"Aku melihat Ibnu Umar radiyallahu'an huma, apabila bangkit dari dua rakaat, beliau bertumpu dengan kedua tangannya diatas tanah. Maka aku tanyakan kepada anaknya dan para shabatnya, "Apakah Ibnu Umar melakukan karena sudah tua?. "Mereka menjawab : "Tidak", memang demikian yang biasa beliau lakukan" (HR. Al-Baihaqi 2/135).
 
Ulama kalangan madzhab Syafi'i, seperti Muhammad Khathib asy Syarbini dalam kitab Mughnil Muhtaj ila Ma'rifati al-Fazh al-Minhaj (Bairut-Dar Al Fkr, Juz 1 hal. 182, berkata : 
 يُسَنُّ ( أَنْ يَعْتَمِدَ فِي قِيَامِهِ مِنْ السُّجُودِ وَالْقُعُودِ عَلَى يَدَيْهِ ) ؛ لِأَنَّهُ أَشْبَهُ بِالتَّوَاضُعِ ، وَأَعْوَنُ لِلْمُصَلِّي ، وَلِثُبُوتِهِ فِي الصَّحِيحِ عَنْ فِعْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Artinya : "Sunnah untuk bertumpu pada kedua tangannya, ketika bangun dari sujud dan duduk sejenak, karena hal tersebut lebih tampak sebagai simbol ketawadhu'an dan lebih dapat membantu orang yang shalat, karena hal ini telah dipraktekan oleh Rasulullah SAW sebagaimana ditetapkan dalam hadits shaheh". Wallahu'alam Bishawab.  
 
Demikikian uraian singkat materi "Bangkit Dari Sujud Bertumpulah Dengan Kedua Tangan". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan niat mengikuti sunnah Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Aamiin. 

0 Response to "Cara Bangkit Sujud Bertumpulah Dengan Kedua Tangan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel