Angka 19 Dalam Al-Qur'an Adalah Angka Ajaib.


Keajaiban Angka 19 Dalam Al-Qur'an. 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Al-Qur'an)

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Angka 19 dikatakan angka ajaib, sebab setiap kita akan membaca Al-Quran dari sejumlah 114 surat, pasti dimulai dengan firman-Nya yang berbunyi  بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ kecuali surat At-Taubah, namun demikian, pada dasarnya bacaan "Bismillahirrahmanirrahim" tetap dibaca sejumalh surat yang ada dalam Al-Quran sebanyak 114 Surat. Sebab pada surat An-Naml ayat 30, ketika Nabi Sulaiman mengirim surat kepada Ratu Balqis di negeri Saba' yang letaknya di Ma'rib, dekat kota Man'a Ibukota Yaman sekarang. Hal ini sesuai dengan firman Allah sebagai berikut :  إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ  "Sesungguhnya surat itu dari (untuk Ratu Balqis) dan sesungguhnya (isi) nya "Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang".(QS, An-Naml : 30). 
Maka jelaslah bahwa bacaan  بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ tetap dibaca sesuai jumlah surat yang ada di Al-Qur'an.

Kenapa angka 19 dikatakan angka yang ajaib?. Sebab disamping bahwa angka ini (19) mengawali  bacaan Al-Qur'an, angka ini adalah sinonim (sama dengan bacaan)  بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ yang jumlah hurufnya terdiri dari 19. 

Selain dari pada hal tersebut masih banyak para ulama, diantaranya adalah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar yang menyatakan adanya mesteri dibalik angka 19 di dalam Al-Qur'an. Alquran diwali dengan  bismillahirrahmanirrahim yang didalam kata itu terdiri dari angka 19. Mengapa al-qur'an diawali dengan angka 19?.Ternyata seluruh angka penting di dalam Al-Qur'an itu habis dibagi dengan angka 19 tanpa ada pecahan. Tutur KH Marzuki dalam tayangan Youtube NU Online, Rabu (21/9/2022)  

Jumlah kata isim (kata benda) terulang sebanyak 19 kali. 
Kata  Allah terdiri dari 2.698 kalau dibagi (298 : 19 = 142). 
Arrahim terulang 57 : 19 = 3. 
Dan kata Arrahim terulang sebanyak 114 : 19 = 6.   
Surat Al-'Alaq pada ayat 1-5 terdiri atas 19 kata, dan jumlah hurufnya teriri dari 76 :19 = 4. Keseluruhan jumlah huruf Surat Al-'Alaq terdiri dari 285 : 19 = 15. Demikian juga surat yang diturunkan paling akhir (Surat An-Nashr) teridiri dari 19 kata. 

Beberapa surah dibuka dengan huruf qaf seperti surah Qaaf (50) huruf qaaf-nya ada 57 : 19 = 3, dan Surah Asy-Syuura (42) qaf-nya terdapat 57 : 19 = 3. Surat Al-Qalam (68) yang dibuka dengan nun, huruf nun-nya 133 : 19 = 7, Surat Al'araaf dibuka dengan alim lan shaa, Surat Maryam (19) dibuka dengan kaf ha ya 'ain shad, dan surat Shaad dibuka dengan huruf shaad, Jumalah shaad ketiga surat tersebut, 152 : 19 = 8. 

Demikian dengan pula dengan jumlah huruf "ya"  dalam surat Yaasin yang dibuka dengan yaa sin sebanyak 285 : 19 = 15. Ada tujuh surat dibuka dengan huruf ha, min jumlah jumlah huruf ha dan mim dari tujuh surat tersebut berjumlah 2.147 : 19 = 133. Jika dihimpun seluruh dari 114 surat yang menggunakan empat kombinasi huru ha dan mim, maka setiap kombinasi itu dapat dibagi habis dengan angka 19 ini betul-betul fantastis. 

Dalam Surat Maryam (19) total jumlah huruf, kaf, ha, ya, 'ain shaad sebanyak 798 : 19 = 42. Demikian pula seluruh surat yang dibuka dengan huruf alif, lam, mim, sluruh kombinasi huruf itu dapat dibagi habis dengan angka 19.

Misalnya surat Albaqarah (2) yang dibuka dengan alif, lam, mim masing-masing huruf dan dikombinasikan ketiganya dapat dpat dibagi habis dengan angka 19. Jumlah alif 4.502, lam, 3.202 dan mim, 2.195 total jumlah 9.899 : 19 = 521.  Dan hal sama juga terjadi pada surat-surat yang menggunakan kombinasi huruf alif, lam dan mim. Suhanallah, pantas jika seorang Prof. Roger Berque, seorang pakar linguistik di Universitas Paris, dalam bukunya Relere de la Coran, mengatakan mustahil Al-Qur'an ditulis dan dirang oleh manusia. 

Demikian uraian singkat materi "Angka 19 Dalam Al-Qur'an Adalah Ajaib". Semoga bermanfaat sehingga kita akan selalu membaca Al-Qur'an tersebut, dengan men-tadzaburi maknanya. Aamiin. 

0 Response to "Angka 19 Dalam Al-Qur'an Adalah Angka Ajaib. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel