5 Keunggulan Berqurban Di Hari Nahr.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Qurban)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Ibadah qurban sebagaimana juga ibadah lainnya dalam Islam, ibadah ini, merupakan bentuk pengabdian kepada Allah yang merupakan manifestasi dari iman. Tujuannya sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT dengan maksud untuk menggapai derajad taqwa. 

Sebelum membahas 5 keunggulan berqurban di hari Nahr, alangkah baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan hari Nahr tersebut,

Pengertian Hari Nahr.
Hari Nahar berasal dari kata An-Nahar yang bermakna "Penyembelihan". Sedangkan penyembelihan yang dimaksud yakni pada 10 Dzulhijjah atau lebih dikenal dengan hari Raya Idul Adha. Sebab 10 Dzulhijjah merupakan permulaan syariat sembelihan binatang qurban.  

Keterangan ini didapat dari Abdullah bin Qurath, radiyallahu anhu, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda :   إن أعظم الأيام عند الله يوم النحر " وصححه الألباني في صحيح أبي داود . "Sesungguhnya hari yang teragung di sisi Allah adalah hari Nahr" (dishohehkan oleh al-Albany, dalam shoheh  Abu Abu Dawud). 

Berqurban merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bukti cinta kasih sayang kita kepada sesama manusia. Ibadah qurban yang waktunya sudah ditentukan pada saat Idul Qurban, dan hari Tasyrik menjadi momentum untuk menyempurnakan ibadah berdemensi sosial. 
Ibadah Qurban memiliki 5 keunggulan jika dilakukan di hari Nahr.  Apa saja ke 5 tersebut?.
Baiklah mari kita ikuti bersama uraian dari ke 5 keunggulan berqurban di hari Nahr tersebut :

Pertama : Sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT. Sesuai Firman-Nya "Maka kerjakanlah shalat karena Tuhan-mu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). (QS, Al-Kautsar : 2). 

Kedua : Amalan yang paling baik atau mulia adalah pada hari raya Nahr (10 Dzulhijjah). Rasulullah SAW bersabda : "Tidak seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari Nahr, kecuali menyembelih hewan qurban. Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan ; tanduk, rambut dan bulunya, dan darah itu disisi Allah segera menenetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah" . (HR. Tirmdzi dan Ibnu Majah). 
Dan Rasulullah SAW mengulangi lagi sabdanya : "Tidak ada amalan pada hari Nahr yang paling dicintai Allah, kecuali ikhrokuh dan (menyembelih hewan qurban)
Tidak ada pekerjaan yang paling baik setelah shalat Idul Adha, keculai menyembelih hewan qurban. Hal ini betapa besarnya balasan bagi orang yang berqurban.   

Ketiga : Sebagai bentuk pengagungan syiar-syiar Islam. Firman Allah sebagai berikut :
ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ "Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati". (QS, Al-Hajj : 32)  

Keempat : Mendapatkan cinta Allah. Selain itu dicatat sebagai amalan terbaik di hari Raya Idul Adha yang paling dicintai Allah. Mendapatkan kebaikan sebanyak bulu hewan qurban dan mendapat ampunan dosa. 

Kelima : Sebagai tanda ke-Islaman seseorang. Betapa Rasulullah menekankan agar kaum Muslimin menyembelih hewan qurban pada hari Raya Idul Adha. Hal ini tergambar dari sabda beliau : "Barangsiapa memiliki kesempatan untuk (untuk berqurban) namun tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami". (HR, Ibnu Majah dari Abu Hurairah). 

Makin banyak kaum Muslimin berqurban, ini berarti daya beli masyarakat makin tinggi. Daging-daging qurban makin banyak beredar dan dinikmati masyarakat. Dan ketika umat Muslim makin banyak bersedekah, maka perekonomian makin berputar dan makin merata.  Marilah kepada kaum muslimin yang ada kesempatan untuk berqurban, secepatnya-lah berqurban sebagai upaya meraih taqwa yang sesungguhnya, agar jiwa kita menjadi semakin baik. Wallahu 'alam Bishawab. 

Demikian uraian singkat materi "5 Keunggulan Berqurban di Hari Nahr". Semoga bermanfaat, dan mudah-mudahan kita di tahun 1443 H / 2022 M, dapat berqurban di hari Nahr tersebut. Aamiin. 

0 Response to "5 Keunggulan Berqurban Di Hari Nahr."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel