I'tikaf Di Bulan Syawal Merupakan Amalan Yang Mulia.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Sebagian umat Islam masih banyak yang menganggap amalan penting di bulan Syawal, adalah berpuasa Syawal (puasa 6 hari) dalam bulan Syawal. Namun perlu kita ketahui bahwa dalam bulan syawal juga masih banyak amalan-amalan yang mulia yang dapat kita lakukan, yang tentunya tidak kalah pentingnya atau mulianya dengan amalan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal tersebut. 

Sebab pada bulan Syawal seorang muslim dianjurkan untuk semakin meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah SWT.  Jadi amalan pada bulan Ramadhan tidak hanya berakhir di bulan puasa saja, namun terus berkelanjutan dan ditingkatkan pada bulan Syawal.  Amalan penting di bulan Syawal merupakan ibadah amalan sunnah yang penuh keistimewaan. Dan tentunya amalan yang sangat masyhur ini, adalah puasa 6 hari di bulan Syawal, namun ternyata ada banyak amalan-amalan sunnah yang membuat bulan Syawal semakin istimewa. Dari berbagai macam amalan-amalan sunnah yang istimewa penulis hanya akan menguraikan 5 macam saja sebagai berikut :

1. Puasa 6 Hari di Bulan Syawal. 
Seperti yang kita sama-sama pahami bahwa amalan yang penting di bulan Syawal yang sangat masyhur adalah berpuasa sunnah 6 hari berturut-turut dari tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal. Maka hal ini adalah masuk dalam katagori amalan penting nomor 1 dari urutan amalan-amalan yang lainnya.  
Pada umumnya amalan puasa syawal ini dilakukan pada hari kedua bulan Syawal, sebab di hari pertama (tanggal 1 syawal) adalah Hari Raya Ibdul Fitri dan pada hari itu adalah diharamkan untuk melakasankan ibadah puasa. 

Setelah menjalani puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, puasa 6 hari di bulan Syawal menjadi pelengkap atau penyempurna amalan pada bulan Ramdhan. Walaupun pada umumnya dilakukan pada hari kedua pada bulan Syawal, namun banyak juga yang mengamalkan puasa ini pada minggu ke-dua di bulan Syawal. Hal ini disebabkan pada Minggu pertama Syawal kebanyakan orang masih merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan bersilaturahim ke rumah keluarga maupun temn dan handai taulan. 

Keutamaan puasa Syawal terdapat pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hadits ini berasal dari Abu Ayyub Al Ansyori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW :
"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia bagaikan berpuasa dalam satu tahun" (HR. Muslim)

Dengan keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal, tentunya akan sangat merugi jika seorang muslim tidak memanfaatkan salah satu amalan di bulan syawal ini. Dengan hanya mencukupkan pusa Ramadhan ditambah 6 hari di bulan syawal, membuat kita mendapatkan pahala puasa seakan berpuasa setahun penuh.
Maka dari itu, puasa 6 hari di bulan Syawal adalah merupakan salah satu keistimewaan bulan Syawal yang paling besar pahalanya bagi umat Islam walaupun hanya merupakan ibadah sunnah. Dan puasa 6 hari di bulan Syawal juga merupakan wujud rasa syukur bagi umat islam seluruh dunia. 

2. Menikah di Bulan Syawal. 
Amalan penting berikutnya di bulan Syawal adalah melaksanakan pernikahan. Tetnutnya tidak asing lagi dengan keistimewaan bulan Syawal yang satu ini, karena sering sekali setelah Hari Raya Idul Fitri banyak umat Islam melaksanakan pernikahan. Dan menikah pada tanggal berapun dan hari apapun di bulan Syawal merupakan suatu kebaikan bagi yang melaksanakannya.  
Sebagaimana yang dikisahkan dalam hadits muslim dari Istri Rasulullah SAW, Aisyah RA.  : "Rasulullah SAW menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?" (HR. Muslim, An-Nasa'i).  
Jadi menikah di bulan syawal merupakan salah satu sunnah rasul, dimana Nabi Muhammad SAW menikah pada bulan Syawal. 

3. Silaturahim 
Bersilaturrahim merupakan salah satu ibadah yang tidak asing lagi di dalam bulam Syawal. Salah satu amalan penting di bulan syawal ini, biasanya dilakukan khususnya orang Indonesia, dengan berbagai kegiatan ; seperti mudik ke kampung halaman dan saling berma'afan dengan keluarga, tetangga dan karib kerabat. 
Jadi tidak heran bila bulan Syawal begitu istimewanya dengan menjadikan salah satu bulan dimana kebanyakan umat islam bersilaturahim.   Bulan syawal merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dri Allah SWT, dengan silaturrahim dan bermaaf-maafan yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam. 

4. Shalat Malam dan Ibadah Sunnah Lainnya.
Tetunya di bulan Ramadhan kita sudah terbiasa melaksanakan berbagai ibadah sunnah, hal ini juga tentunya harus tetap diteruskan serta dijaga agar istiqamah di bulan-bulan berikutnya. 
Justru dengan adanya bulan Ramadhan, kita dapat belajar terbiasa melaksanakan berbagai ibadah sunnah yang biasanya jarang kita lakukan. 
Amalan-amalan penting di bulan syawal ini adalah menjaga shalat malam, dan ibadah sunnah lainnya, sebagaimana sunnah-sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Sebab sesungguhnya mengamalkan shalat malam sesudah shalat wajib akan membawa kebaikan bagi diri kita sendiri. 
Untuk itu alangkah baiknya jika seluruh amalan sunnah yang biasa dilakukan selama bulan Ramadhan, jangan sampai terputus saat sudah tibanya bulan Syawal. 

5. I'tikaf di Bulan Syawal.
Melakukan i'tikaf atau berdiam diri di dalam masjid merupakan salah satu amalan penting dalam bulan Syawal. Kadang i'tikaf ini sering dilupakan oleh sebagian besar umat muslim karena sedang merasakan kegembiraan atau eforia dalam merayakan hari Raya Idul Fitri yang begitu agung. Maka penulis memberikan artikel ini dengan judul "I'tikaf di bulan Syawal Juga Merupakan Amalan Yang Mulia". Dan sengaja kami tempatkan pada urutan ke 5 agar mendapat perhatian khusus, dan tak terlupakan. 

I'tikaf atau berdiam diri di masjid, ini tentunya bukan hanya berdiam diri saja tanpa melakukan apa-apa. Berbagai amalan dan ibadah dapat dilakukan selama melaksanakan i'tikaf. 
I'tikaf merupakan cara seorang hamba lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berdzikir, melaksanakan sholat 5 waktu, sholat sunnah, serta membaca al-Qur'an.

I'tikaf di bulan Ramadhan biasanya dilaksanakan dalam 10 hari terakhir puasa. Namun i'tikaf juga dapat dilaksakan pada bulan Syawal, apabila pada bulan Ramadhan tidak sempat melaksanakannya. Maka amalan penting ini (i'tikaf) juga dapat dilaksanakan pada bulan syawal sebagai pengganti ibadah yang terlewatkan pada bulan Ramadhan. 

Mudah-mudah dengan hadirnya bulan Syawal dapat sebagai penyempurna dan penambal amalan-amalan yang tidak dapat dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Wallahu 'alam bishowab.  

Demikian uraian singkat "I'tikaf di Bulan Syawal Merupakan Amalan Yang Mulia". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan niat tulus semata karena Allah Ta'aala. Aamiin. 

0 Response to "I'tikaf Di Bulan Syawal Merupakan Amalan Yang Mulia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel