Niat Shalat Witir Tiga Raka'at Dengan Dua Salam.

Tata Cara Shalat Witir 3 raka'at dua salam. Dengan Niat yang benar. 

JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting, Shalat)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Sesuai judul di atas, niat shalat witir tiga raka'at dengan dua salam, sengaja kami sajikan, sebab beberapa hari ke depan kita akan kedatangan bulan yang suci yaitu Ramadhan, yang didalamnya ada perintah wajib bagi umat Islam (secara spesifik) ditujukan kepada orang-orang yang beriman, diperintahkan untuk berpuasa sebulan penuh tidak ada yang tertinggal. Sekalipun ada yang tidak dapat ditunaikan, maka hal itu harus diganti (dibayar) pada bulan lain di luar bulan Ramadhan. Hal ini saya sampaikan berkait dengan shalat taraweh yang lazim dilakukan dengan ditutup shalat witir. 

Sebelum membahas Niat Shalat Witir, marilah kita mencoba untuk mengerti apa sebenarnya  witir tersebut?. Witir adalah bilangan ganjil, jadi shalat witir ini adalah shalat yang jumlah raka'atnya  ganjil. Dan perlu diketahui bahwa witir bukan hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan saja, tetapi dalam anjuran Rasulullah SAW agar di amalkan setiap malam.
Ini penulis sampaikan karena masih banyak umat muslim yang awam, (kurang paham) menganggap witir hanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan dalam pelaksanaan shalat taraweh saja. 
Lalu witir yang diajarka Rasulullah SAW ada berapa saja jumlah raka'at dari witir yang dapat kita lakukan?. Hitungan witir sebagaimana yang diajarkan Nabi SAW  adalah hitungan ganjil, sebagai berikuit : 
Witir dengan : 1 raaka'at,  3 raka'at, 5 raka'at, 7 raka'at , 9 raka'at dan terakir 11 raka'at. 
Kapan waktu witir dapat dilakukan?. 
Witir dapat dilakukan sesudah waktu 'Isa hingga menjelang subuh. Yaitu dapat dilakukan awal malam setelah sholat 'Isa, atau di akhir malam.  Inilah hadits anjuran witir baik awal maupun akhir malam : 
مَنْ خَافَ أَنْ لاَ يَقُوْمُ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوْتِرْ أَوَّلَهُ، وَمَنْ طَمَعَ أَنْ يَقُوْمَ آخِرَهُ فَلْيُوْتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ
"Barangsiapa merasa khawatir tidak dapat bangun pada akhir malam, hendaklah dia mengerjakan shalat witir pada awal malam (sebelum tidur). Dan barangsiapa yang mampu bangun pada akhir malam, hendaklah ia berwitir pada akhir malam". (HR. Muslim). 

Apakah witir dapat dilakukan dua kali dalam satu malam?. Pertanyaan ini muncul berkait dengan witir pada bulan puasa yang dalam pengamalan shalat taraweh selalu ditutup dengan shalat witir. Hal ini dijelaskan dalam hadits yang menyatakan bahwa witir tidak boleh dilakukan dua kali dalam semalam.  لاَ وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ  "Tidak ada dua witir dalam satu malam" (HR. Ahmad 15704, Abu Daud  1227, An-Nasa'i 1661, dan Tirmidzi 432 dinilai shohih oleh Ibnu Hiban)
Itulah sekelumit penjelasan tentang witir.

Marilah sekarang kita bahas contoh dalam pelaksanaan Niat Shalat witir Tiga Raka'at Dengan Dua Salam, Tentunya kita sudah tahu bahwa shalat witir haruslah dengan jumlah raka'at ganjil. Namun bagaimana pengamalan shalat witir yang tiga raka'at itu dapat dilakukan dalam dua salam?. Karena yang pasti pada salam yang pertama kita baru saja melaksanakan shalat dengan jumlah dua raka'at. Hal ini pasti tidak dapat dikatakan shalat witir sebab jumlah rakaatnya genap. (dua raka'at). Tetapi hal ini dapat kita kerjakan agar yang dua raka'at pada salam pertama menjadi nilai witir.
Tentu harus dengan menggunakan niat yang benar untuk menjadikan shalat witir yang dua ini dapat dinamakan witir. 

Inilah cara niat witir 3 raka'at tersebut : 
Niat witir yang pertama adalah sebagai berikut : 
  أصلي السنة الصفي معا لوتر الروعتيني. 
Ushalii sunnatas shaffa'i ma'al witir ro'ataini : Artinya : "Saya niat shalat sunnah bagian dari witir dua raka'at". 
Atau boleh dengan niat yang ini : أصلى سنة من الوتر ركعتين لله تعالى  "Saya niat shalat sunnah bagian dari witir dua raka'at  karena Allah ta'aala" 
Itulah niat shalat witir pada salam pertama yaitu yang dua raka'at, bagian dari witir. 

Adapun niat witir yang kedua adalah sebagai berikut :  
أصلى سنة الوتر ركعة  لله تعالى "Aku berniat shalat sunnah witir satu raka'at karena Allah ta'aala".

Demikian uraian singkat materi "Niat Shalat Witir Tiga Raka'at Dengan Dua Salam".  Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan. Wallahu 'alam bishowab.

0 Response to "Niat Shalat Witir Tiga Raka'at Dengan Dua Salam."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel