Contoh 2 Do'a Terbaik, Untuk Kedua Orang Tua Saat Sujud Terakhir.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting do'a).
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Menghormati dan mendoakan kepada kedua orang tua saat keduanya masih hidup atau sesudah meninggal dunia, adalah suatu amalan yang sangat baik bahkan hal ini diperintahkan oleh Allah sebagaimana tertuang dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا  "Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu masih kecil"  (QS, Al-Israa' : 24)
Wahai anak yang sholeh, doakan kedua orang tuamu saat sujud terakhir, dengan doa di atas, agar selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam hidupnya. 

Pembaca budiman, ada satu waktu yang disebut baginda Nabi SAW sebagai saat paling dekat seorang hamba dengan Allah. Dan di satu waktu itu, baginda Nabi SAW menganjurkan kita menggunakannya untuk memperbanyak berdoa.  Waktu tersebut adalah waktu saat kita sujud terakhir dalam ibadah sholat. 
Untuk pembaca budiman, yang ingin berdoa di saat sujud terakhir, untuk mendoakan kedua orang tuanya dapat menambahkan doa di atas, bagi orang tua yang masih hidup.  

Dalam riwayat Imam Muslim, Imam Abu Dawud, dan Imam An-Nasai, yang berasal dari Abu Hurairah baginda Nabi pernah bersabda : 
أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ رواه مسلم  "Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Tuhan-Nya adalah ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah doa. (HR. Muslim no. 482).   
Dalam hadits riwayat Imam Muslim, bersumber dari Sayyidina Abbas, disebutkan bahwa baginda Nabi SAW juga menganjurkan memperbanyak berdoa saat bersujud,  beliau bersabda :   
وأما السجود فاجتهدوا في الدعاء فقمن أن يستجاب لكم  "Dan adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguh berdoa, sebab saat itu saat yang sangat tepat doa untuk dikabulkan" 

Dari keterangan hadits di atas bahwa waktu yang paling mustajabah doa kita akan dikabulkan, adalah waktu kita bersujud.  Maka kita harus menggunakan waktu sujud itu, untuk memperbanyak doa menghaturkan hajat yang kita butuhkan, baik yang berhubungan dengan dunia, maupun yang berhubungan dengan akhirat. Dan jangan lupa termasuk mendoakan ayah dan ibu kita, (orang tua kita) agar senantiasa mendapat ampunan dari Allah dan selamat dari siksa alam kubur jika telah meninggal dunia.  Karenanya jangan kita lewatkan mari kita gunakan saat mustajabah ini, dengan sebaik mungkin. 

Nah bagi yang ingin praktek mendoakan ayah ibu saat sujud dalam sholat, silakan perhatikan bebera hal yang perlu diketahui :  
Pertama : Doa yang boleh kita baca hanya doa dalam redaksi yang berbahasa Arab, ini menurut mayoritas ulama, khususnya dalam madzhab Syafi'i. Saat sujud tidak diperbolehkan dengan menggunakan bahasa Indonesia atau selainnya, sebab akan membatalkan sholat. 

Kedua : Kita boleh berdoa di sujud yang mana saja, tidak harus sujud yang terakhir. Bahkan dalam semua sujudpun boleh kita mmenambahkan doa yang kita inginkan.

Ketiga : Doa saat sujud yang kita inginkan harus dibaca setelah kita membaca tasbih yang khusus saat sujud, yaitu Subhaana robbiyal 'alaa wabihamdihi sebanyak 3 kali. 

Keempat : Bagi yang ingin mendokan ayah ibu ketika sujud, prakteknya sebagai berikut :
Baca dulu bacaan tasbihnya sujud, yaitu Subhaana robbiyal 'alaa wabihamdihi sebanyak 3 kali.  Kemudian tambahkan dengan doa pilihan untuk mendoakan ayah dan ibu, misalnya dengan dua, doa pendek berikut ini :
1. اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ  "Ya Allah ampunilah dia, dan rahmatilah dia, maafkanlah dia, lepaskanlah dia, dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya".  (doa ini  untuk orang tua yang sudah meninggal dunia). 

2. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا  "Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil". (doa ini untuk orang tua yang masih hidup).

Demikian uraian singkat "Contoh 2 Do'a Terbaik, Untuk Kedua Orang Tua Saat Sujud Terkhir". Semoga bermanfaat, dan dapat kita amalkan dengan penuh ketulus ikhlasan, karena Allah semata. Wallahu 'alam. 

Referensi: https://almanhaj.or.id/8404-keutamaan-sujud-dan-memperbanyak-doa-di-dalamnya.html

0 Response to "Contoh 2 Do'a Terbaik, Untuk Kedua Orang Tua Saat Sujud Terakhir."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel