Do'a Walimatul Khitan : Arab, Latin dan Artinya.

JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Bagi kaum muslim laki-laki khitan (sunat) menjadi kewajiban untuk dilaksakannya. Saat ini khitan sudah banyak dilakukan oleh anak usia dini. Walaupun secara syariat wajibnya adalah ketika anak akan menginjak usia baligh kurang lebih dalam usia 11 tahun hingga maksimal 15 tahun. 

Namun apabila dilakukan pada saat masih kecil ini lebih baik, apabila dikaitkan dengan kesehatan. Sebab khitan dapat mensucikan kemaluan. Daerah tersebut adalah tempat keluarnya najis dan rawan tumbuh bakteri apabila tidak dikhitan. Khitan juga bermanfaat untuk meningkatkan keimanan bagi seorang anak karena dapat menanamkan nilai-nilai ajaran yang terkandung dalam Islam. 

Adapun yang menguatkan perintah berkhitan, tercantum dalam hadits Bukhari dan Muslim dimana Rasulullah SAW bersabda : "Kesucian (fitrah) itu ada lima macam : Khitan, Mencukur bulu kemaluan, Mencabut bulu ketiak, Memendekkan kumis, dan Memotong kuku" (HR. Bukhari, Muslim).  
Berikut bacaan doa khitan, Arab Latin beserta Artinya : 
Doa ini dapat dibaca sebelum anak dikhitan ataupun setelah dikhitan. Silahkan ambil yang lebih baik atau tepat untuk waktunya : 
DO'A KHITAN 

اَللهم وَفِّقْنَا ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma wafiqnaa lijtilaabil fadhooali wajannibnaa min iqtiroohir radzaail robbanaa taqobbal minnaa 'adzaaronaa wasallim umuuronaa washahhih makhtuunaa waqdhi duyuunanaa wabaligh amaalanaa wawasi' arzaqanaa wa juudika yaa jawwad. 
Alaahumma inna nas alukas salaama wal 'aaqiyah 'alainaa wa 'alal hujaaji wal huzaati wal musaafiriina min ummati muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam ajma'iina fii barika wa bahrika innaka 'ala maa tasyaa u qodirr, yaa ni'mal maulaa wa ni'mannashiir. 
Subhaana robbika robbil 'izati 'ammaa yashifuun wa saalamun 'alal mur saliin wal hamdulillahi robbal 'aalamiin.  
Artinya : Ya Allah beri kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-keutamaan, dan jauhkan kami dari melakukan hal-hal yang hina. 
Ya Allah terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah dari sakit (karena khitan) ini, bayarkanlah hutang-hutang kami, jadikanlah (kenyataan) cita-cita kami, lapangkanlah rezeki kami dengan dengan kemurahan-Mu, wahai Zat Yang Maha Pemberi. 

Ya Allah, semoga Engkau beri keselamatan kepada kami, kepada orang-orang yang beribadah haji, kepada orang-orang yang berperang (di jalan Allah), dan kepada para musyafir, yaitu semua umat Muhammad saw. yang ada di darat maupun yang ada di laut. Sesungguhnya Engaku berkuasa terhadap apa yang Engaku kehendaki, wahai sebai-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. 

Maha suci Allah, Tuhan yang memilki kesucian dari segala sifat rendah yag mereka (orang kafir) lekatkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah, dan segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam. 

Itulah doa yang dibacakan ketika anak-anak kita dikhitan atau anak saudara kita yang dikhitan. Demikian uraian lengkap dari materi : "Do'a Walimatul Khitan : Arab, Latin dan Artinya".  Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan jika diperlukan. Aamiin.

0 Response to "Do'a Walimatul Khitan : Arab, Latin dan Artinya. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel