3 Do'a Tasyakuran ; Pernikahan, Kelahiran Anak & Menempati Rumah Baru.

JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semogo selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu banyak hal yang kita ikuti sesuai dengan lingkungan yang kita tempati. Sebagai seorang muslim tentu memiliki tuntunan atau kaidah yang berlaku di tengah masyarakat. Misalnya acara tasyakuran yang menyangkut berbagai hal. 

Artikel kali ini penulis akan menyampaikan 3 Do'a Tasyakuran, diantaranya adalah "Pernikahan, Kelahiran Anak, dan Menempati rumah Baru. Mari kita ikuti uraiannya dari ketiga hal tersebut.  

Bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, adalah merukapan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan seorang Muslim. Sebab Allah berfirman tatkala mendapatkan nikmat, maka kita  diperintahkan untuk bersyukur atas nikmat tersebut. Firman Allah adalah demikian وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ  "Dan terhadap nikmat Rabbmu maka hendaklah kamu bersyukur" (QS, Ad-Duha : 11).  

Ada sebuah doa yang sangat masyhur dari Nabi Muhammad, shalallahu 'alaihi wa sallam sebagai berikut :
 «وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ مُثِنِينَ بِهَا عَلَيْكَ قابليها وأتمها علينا  artinya "Dan jadikanlah kami orang-orang yang mensyukuri nikmat-Mu dan memanjatkan pujian kepada-Mu karenanya, serta menerimanya. Dan sempurnakanlah nikmat itu kepada kami". 

Dalam hadits lain ketika Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam berada di atas mimbar beliau bersabda : "Barang siapa yan tidak mensyukuri nikmat yang sedikit, berarti tidak mensyukuri nikmat yang banyak. Dan barang siapa yang tidak berterima kasih kepada (jasa) orang lain, berarti tidak bersyukur. kepada Allah SWT"
Menyebut-nyebut nikmat Allah adalah ungkapan rasa syukur. Sedangkan meninggalkannya berarti mengingkarinya. Karena itu jika seorang Muslim mendapat nikmat diperintahkan untuk mengucap syukur. Bentuknya dapat berbagai cara sesuai dengan tuntunan agama. Salah satu contohnya dengan mengadakan tasyakuran atau bersedekah dengan acara selamatan. 
Untuk itu materi kali ini penulis memberi beberapa contoh bersyukur diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Bersyukur Dalam Acara Pernikahan. 
Do'a yang dibacanya sebagai berikut : 

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُمَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُوَلَكَ الشُّكْرُكَمَايَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللّٰهُم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى الِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ
Bismillahirrahanirrahim, alhamdulillahi robbil 'aalamiin, hamdan yuwaa fii ni'amahu wa yukaafii- umaziidah, yaa roobanaa lakal hamdu wa lakass syuru kamaa yanbaghii lijalaali wajhika wa 'adzimi sulthoonika, allahuma sholli wa sallim 'alaa syayyidinaa muhammadin wa 'alaa ali sayyidinaa Muhammad
Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Peyayang, Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Kami menerima rahmat dan pahalanya lebih banyak. Ya Tuhan segala puji bagi-Mu, terima kasih kepada keagungan wajah-Mu, dan kebesaran kekuasaan-Mu. Sholawat dan dan salam semoga tercurah atas junjungan kita sayyidina Muhammad dan keluarga sayyidina Muhammad. 
 اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ أَبِيْنَا آدَمَ وَأُمِّنَا حَوَّاءَ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ اْلكُبْرَى، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِىٍّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءِ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ الْمَاءِ وَالثَّلْجِ.

Allahuma allif bainahumaa kamaa alafta bainaa Aadama ammanaa Hawwaa a, wa allaf bainahumaa, kamaa allafta baina sayyidina Muhammadin sholallahu 'alaihi wa sallam, wasayyidatinaa Khadijatal Kubra, wa allif bainahumaa kamaa allafta baina sayyidina 'Ali wasayyidatina Faatimatuz zahroo wa allif bainahumaa kamaa allafta bainalmaai watsalji. 

"Ya Allah, untuk putra putri kami yang telah bersanding di atas pelaminan nan indah dekornya, rukunkanlah dua mempelai ini sebagaimana Engkau telah merukunkan Bapak kami Adam dan Ibu kami Hawa. Rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau telah rukunkan junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan Khadijah Al Qubra. Dan rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau merukunkan Ali bin Abi Tholib dan Fatimah Az-Zahra dan cinta yang Engkau jadikan bagaikan air yang sejuk dan seperti salju.

2. Doa Syukuran Kelahiran Anak Atau Selamatan. 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اللهم يَا خَالِقَ اْلإِنْسَانِ فِى أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ، وَمَا مُعْطِيَ اْلبَنَاتِ وَالْبَنِيْنَ، وَيَا مُرَبِّيَ اْلأَوْلَادِ، وَيَا رَحِيْمَ اْلعِبَادِ، إِنَّكَ قَدْ أَنْعَمْتَ عَلَيْنَا بِطُلُوْعِ هٰذَا اْلوَلَدِ الْمَحْمُوْلِ فِى بَطْنِ أُمِّهِ الْمَثْقُوْلِ.
Bismillahirohmaanirrohim alhamdulillahi robbil 'aalamiin. Allahuma sholli 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'ala ali sayyidina Muhammad. Allahuma yaakholiqal insaani fii ahsani taqwim, wamaa mu'tiyal banaati wal baniina, wayaa murobbayal aulaadi, wayaa rohiimal i'badi innaka qad an'amta 'alainaa bithooluu'i haadal walladil mahmuuli fii bathni ummahil masyquuli. 

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Segala puji bagi Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlan salam atas junjungan sayyidina Muhammad, dan keluarga sayyidina Muhammad. Ya Allah wahai pencipta manusia dengan sebaik-baik bentuk. Wahai Tuhan yang mendidik anak-anak dan menyayangi pada hamba-Nya. Engaku telah memberikan nikmat kepada kami dengan kelahiran anak kami, yang dikandung berat dalam perut ibunya. 

اَللهم تَقَبَّلْ مِنَّا حُرْسَنَا وَأَنْبِتْهُ نَبَاتًا حَسَنًا وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلىٰ قَلْبِ أَبَوَيْهِ عِنْدَ تَرْبِيَّتِهِ وَحَضَانَتِهِ، اَللهم يَا رَفِيْقَ اْلأَنَامِ، وَ يَا مُخَصِّصَ اْلأَيَّامِ بِكَ أَسْتَغِيْثُ يَامُغِيْثُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 
Ya Allah terimalah selamatan (tasyakuran) kelahiran anak kami, dan kembangkanlah pertumbuhannya dengan pertumbuhan yang baik, limpahkanlah kesabaran hati kedua orang tuanya, ketika mendidik dan memelihaharanya. Ya Allah, wahai Tuhan yang belas kasih terhadap manusia, wahai Tuhan yang menentukan beberapa hari, kepada Engkaulah kami memohon pertolongan, wahai Tuhan yang memberi pertolongan dengan rahmat-Mu , wahai zat yang Maha Penyayang diantara semua yang Penyayang.   
3. Doa Tasyakuran Menempati Rumah Baru.
اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Doa Syukuran Kelahiran Anak, Pernikahan Hingga Menempati Rumah Baru ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/doa-syukuran/3.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
اَللهم تَقَبَّلْ مِنَّا حُرْسَنَا وَأَنْبِتْهُ نَبَاتًا حَسَنًا وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلىٰ قَلْبِ أَبَوَيْهِ عِنْدَ تَرْبِيَّتِهِ وَحَضَانَتِهِ، اَللهم يَا رَفِيْقَ اْلأَنَامِ، وَ يَا مُخَصِّصَ اْلأَيَّامِ بِكَ أَسْتَغِيْثُ يَامُغِيْثُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Doa Syukuran Kelahiran Anak, Pernikahan Hingga Menempati Rumah Baru ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/doa-syukuran/2.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا
Allahuma sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidima Muhammad. Allahuma innaa nas aluka khoirol makhroji bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa 'alaa robbana tawakkalnaa, allahumaghfir lanaa dzunuubanaa wa wasi' lanaa fii daarinaa haadza. 

"Ya Allah limpahkanlah sholawat atas sayyidina Muhmaad dan atas keluarga sayyidina Muhammad. Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Tuhan, kami berserah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah ini".  

Demikian uraian singkat "3 Doa Tasyakuran" ; Pernikahan , Kelahiran Anak & Menempati Rumah Baru. Semoga bermanfaat untuk dapat kita amalkan pada waktu yang dibutuhkan. Aamiin.

0 Response to "3 Do'a Tasyakuran ; Pernikahan, Kelahiran Anak & Menempati Rumah Baru. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel