15 Contoh Teks Mukadimah Bahasa Arab, Latin Dan Terjemahnya.

Ilustarasi  Mukadimah  Bahasa Arab

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mua'malah) 

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Mukadimah adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita, manakala seseorang akan menyampaikan pidato atau ceramah walapun hanya ceramah singkat sekalipun. Mukadimah adalah suatu pendahuluan atau pengantar atau juga dapat dikatakan kata pembuka. 

Wabil khusus bagi umat Muslim, mukadimah ini hampir 90 % menggunakan bahasa Arab yang juga kadang dituliskan dengan bahasa latinnya. Penulis sengaja memberi contoh dengan bahasa Arab dan Latin, agar bagi yang tidak mahir (Fashih) berbahasa arab dapat membacanya dengan tulisan Latinnya. Marilah kita praktikan mulai membacanya dari 15 jenis contoh mukadimah di bawah ini : 

Contoh Mukadimah 1. 

ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'AALAMIIN WASSHOLATU  WASSALAAMU 'ALA  ASYROFIL ANBYAAI WAL MURSALIN NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN WA 'ALA  ALIHI WASHAHBIHI AJ'MA'IIN, WA MAN TABI'AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA'DU. 
"Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, shalawat dan salam atas para Nabi dan Rasul-Nya. Nabi kita Muhammad tercinta dan keluarga dan sahabatnya semua, yang mengikuti mereka sampai hari agama. (pembalasan) dan seterunya (sesudahnya)"

Contoh Mukadimah 2. 
ALHAMDULILLAHIL LADZI AN 'AMANAA BINI'MATIL IIMAANI WAL ISLAAM WANUSHALLI  WANUSHOLIM 'ALA KHOIRIL ANAAM SYAYYIDINA MUHAMMAD WA 'ALA ALIHI WASHOHBIHI 'AJMANGIIN AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, yang telah menganugerahkan kepada kita nikmat iman dan nikmat Islam. Dan kami berdoa, memberi salam kepada orang-orang terbaik, dan junjungan kami Muhammad dan kepada keluarganya dan sahabatnya semua. Dan seterusnya (sesudahnya). 

Contoh Mukadimah 3. 
ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'AALAMIIN, WABIHI NASTA'IINU 'ALAA UMUURID DUNYA WADDIN WASHOLAATU WASALAAMU 'ALA ASROFIL MURSALIIN WA 'ALA  AALIHI WASHOHBIHI 'AJMAIIN AMAA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Dan dengan pertolongan atas seluruh kehidupan dan agama, dan ketenangan, dan shalawat serta salam atas para Rasul-Nya serta dan atas seluruhnya, dan sahaabatnya semua, dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 4. 
BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIIM ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSAMU 'ALA  ASYROFIL ANBIYAI WAL MURSALIIN SAYYIDINAA MUHAMMAD WA 'ALA 'ALIHI WASHOHBIHI 'AJMAIIN. AMMA BA'DU. 
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Shalawat dan salam atas para Nabi dan Rasul-Nya sayyidina Muhammad dan keluarganya, dan sahabatnya semua. Dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 5. 

ALHAMDULILLAHI WASSHOLAATU WASSALAM ALA ROSUULILLAHI WA 'ALA 'AALIHI WASHOHBIHI WA MAN WAALAAH, AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam atas Rasuulullah, dan keluaranya, dan sahabatnya serta orang-orang yang membantunya. dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 6. 
ALHAMDULILLAHIL LADZI HADAANAA LIHAADA WAMAA KUNNAA LINAHTADIYA LAU LAA  AN HADAANAALLAAHU ASYHADU AN LAA ILAHA ILLAHOOHU WAHDHU LAA SYARII KALAHU, WA  ASYHADU ANNA MUHAMMAD 'ABDUHU WAROSUULAHU LAA NABIYYA BA'DAH. 
Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kami ini, dan segala apa yang harus kami ikuti dan tidak ada petunjuk lain selain Allah, yang memberi petunjuk kepada kami, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalaha hambanya, dan Rasul-Nya,  tidak ada nabi sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 7. 
ALHAMDULILLAHIL LADZIi KAANA BI'IBAADIHI KHABIIRON, BASHIRON, TABAA ROKALLADZI JA'ALA FIIS SAMAAI BURUUJAA WAJA'ALA FIIHAA SIROOJAAN WAQAMARON MUNIRON. ASHADUU AN LAA ILAHA ILLAHA ILLALLAHU , WA  ASYHADU ANNA MUHAMMADDAN 'ABDUUHU WA ROSUULUHUL LADZI BA'ASAHU BIL HAQQO BASYIIRO WA NADIRO, WA DAA 'IYAA ILAL HAQQA BIIDNIHI WA SIRAJA MUNIIRA. ALLAHUMMA SHOLI 'ALAIHI WA 'ALA  ALIHI WA SHAHBIHI WA SALLAM TASLIMAN KATSIIRAA. AMMAA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah yang Maha Mengetahui hamba-hamba-Nya, Maha Melihat, Maha suci Dia yang menaruh di langit rasi bintang dan bintang-bintang. Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad hamba dan utusan-Nya , yang mengirimnya kabar gembira dan pemberi peringatan, dan meminta izinya dan lampu kebenaran yang menerangi. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada beliau berserta keluarga dan para sahabatnya. Dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 8. 

ALHAMDULILLAHI WA KAFAA, WA SHOLAATU WAS SALAAMU 'ALA ROSUULIHIL MUSHTHOFA, WA 'ALA 'ALIHI WA SHOHBIHI WA MANIH TADAA.  AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah dan itu cukup. Dan semoga shalawat dan salam atas Rasul pilihan-Nya, kerluarga dan para sahabatnya, dan orang-orang yang mendapat petunjuk. dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 9.  
INNAL HAMDA LILLAH NAHMADUHU WA NASTA'IINUHU WA NASTAGHFIRUHU, WA NA'UUDU BILLAHI MIN SYURUURI ANFUSINAA WA MIN SAYYIAATI 'AMAALINAAM, MAN YAHDIHILLAHU FALAA  MUDHIL LAHU WA MIN YUDHLIL FALAA HAADIYAL LAHU  ASYHADU AN LAA ILAHA ILALLAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA RASUULAHU, AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, kami memuji-Nya, dan meminta pertolongan dan pengampunan-Nya, dan kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita sendiri, dan kejahatan kita, dari petunjuk Allah yang tidak menyesatkan dia, tidak menyesatkan kita, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan tiada sekutu bagi-Nya. dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Dan seterusnya. 

Contoh Mukadimah 10. 

ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'AALAMIIN WA SHOLATU WAS SALAAMU 'ALA  ASROFIL ANBIYAAI WAL MUR SALIIN WA'ALA ALIHI WWSHAHBINI 'AJMA'IIN. QOLALLAHU TA'AALA FIL QUR'ANIL KARIIM. A'UUDZUBILLAHI MINAS SYAITHAANIR ROJIIM, BISMILLAHIR ROHMAANIR ROHIIM. SUBHAANAL LADZII ASRO' BI'ABDIHI LAILAA MINAL MASJIDIL HAROMI ILAL MASJIDIL AQSHOL LADZII BAAROKNAA HAULAHU LINURIYAHU MIN AAYAATINAA INNAHU HUWAS SAMII'UL BASHIRU. SHODAQOLLAHUL 'ADHIIM. AMMAA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam atas para nabi dan rasul yang paling mulia atgas mereka. Allah berfirman dalam Al-Qur'an yang mulia. Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Menengar, Maha Melihat. Maha benar segala firman-Nya. Dan seterusnya. 

Contoh Mukadimah 11. 

ALHAMDULILLAHI ROBBIL 'AALAMIIN, WA 'AAQIBATA LIL MUTAQIIN, FALAA 'UDWAANA ILAA 'ALADH DHOOLIMIIN, WAS SHOLATU WAS SALLAM 'ALAA ASROFIL ANBIYAAI WAL MURSALIIN, NABIYYANAA WA HABIIBINAA MUHAMMADIN AR SALAHULLAH ROHMATAL LIL'AALAMIIN, WA 'ALA  ALIHI AJWAA JIHI THOOROTI UMMAHAATIL MU'MINIIN, WA 'ALA  ALIHI THOYYIBIINA WA ASHHABIHI GHURAN AL MAYAAMIIN, WA MAN TABI'AHUM BIIHSAANIN ILA YAUMIDDIN. AMMA BA'DU.  
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dan akhir bagi orang-orang yang bertaqwa, karena tidak ada permusuhan, kecuali terhadap orang-orang yang dzalim, Dan shalawat serta salam atas para nabi dan Rasul-Nya, Nabi kita Muhammad dan kekasih Allah yang mengirimkan rahmat ke alam semesta, dan para istri-istrinya ibu-ibu yang suci dari orang-orang yang beriman, dan keluarga serta para sahabatnya agar yang baik diberkati, dan diikuti mereka hingga hari pembalasan. Dan seterusnya. 

Contoh Mukadimah 12. 

ALHAMDULILLAHIL 'AZIIZIL GHOFUUR ALADZII JA'ALA FII AL ISLAMI AL HANIIFI AL HUDAYAA WAN NUUR, ALLAHUMA SHOLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN KHAATIMIL ANBIYAAI WAL MURSALIIN WA 'ALA  ALIHI THOYYIBIINA WA ASH HAABIHI AL AKHYAAR  AJMA'IIN. AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah Tuhan Aziz Ghofur yang menjadikan Islam dalam cahaya hidayah yang benar, berkah Tuhan dan Nabi Muhammad. Penutup para Nabi dan Rasul. Dan keluarga yang baik serta para sahabatnya orang-orang yang baik semua. Dan sesudahnya.

Contoh Mukadimah 13. 

BISMILLAHI WAL HAMDU LILLAHI, ASHADU AN LAA ILAHA ILALLAHU WA ASHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA WAROSUULAHU WA SHOLALLAHU WA SALLAMA 'ALA MAN LAA NABIYA BA'DAH, WA ASHAABIHI MIN ASH HAABI ROSUULILLAHI, WA BA'DAHU. 
Dengan menyebut nama Allah dan syukur kepada Allah, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Shalawat dan salam, dan Tiada Nabi setelahnya dan dan tiada Tuhan selain Allah. Dan para sahabat Rasulullah, dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 14.  

BISMILLAHIR ROHMAAN NIRROHIIM, ALHAMDULILLAHI ALADZII KHOLAQOL INSAANA AHSANI TAQWIIM, ASHADU AN LAA ILAHA ILLALLAHU AL MAALIKUL HAQQL MUBIINU WA ASHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA ROSUULAHU ARSALAHU ROHMATAL LIL'AALAMINA WA SHOLALLAHU WA SALLAMA 'ALA SAYYIDINAA MUHAMMAD, WA 'ALA ALIHI WA ASH HAABIHI AJMA'IINA. AMMA BA'DU.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, pemilik hak yang ditetapkan. Dan saya beraksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya diutus untuk memberi rahmat bagi semesta alam, shalawat dan salam atas Nabi kita Muhammad, kepada Allah dan para sahabat-sahabatnya. Dan sesudahnya. 

Contoh Mukadimah 15. 
ASSALAAMU'ALAIKUM WA ROHMATULLAHI WA BAROKAATUH.
BISMILLAHI WA SHOLAATU WAS SALLAMU 'ALA ROSUULILLAH LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH. AMMA BA'DU. 
Semoga keselamatan, Rahmat dan Keberkahan Allah, terlimpah untukmu.
Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, shalawat dan salam atas Rasulullah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Dan seterusnya. 

Demikian uraian singkat 15 Teks Mukadimah Bahasa Arab, Latin dan Terjemahnya. Semoga bermanfaat. Serta dapat kita amalkan sewaktu-waktu dibutuhkan. Aamiin.

0 Response to "15 Contoh Teks Mukadimah Bahasa Arab, Latin Dan Terjemahnya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel