Kumpulan Do'a Untuk Meminta Rizki Atau Harta Berlimpah.

Ilustari Berdoa Memohon Rezeki Melimpah dan Berkah

Rasiyambumen.com  Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a).
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di AKhirat kelak. Aamiin...

Do'a adalah suatu perintah Allah SWT kepada hambanya untuk tidak lupa, selalu memohon kepada-Nya. Sebab Allah-pun berjanji akan mengabul doa yang dipanjatkan hamba-Nya. Sebagaimana firman-Nya di dalam al-qur'an sebagai berikut : 

"Dan Tuhan-mu berfirman :Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyemah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina". (QS, Al-Mu'min/40 : 60)

Setiap manusia pasti akan menginginkan rizeki yang banyak serta diberkahi oleh Allah SWT. Untuk memenuhi hal tersebut maka kita diwajibkan untuk berusaha dengan semaksimal mungkin agar dapat mendapatkan rezeki yang melimpah. Namun selain berusaha, jangan lupa harus berdoa kepada Allah agar segala usaha yang kita lakukan mendapat kemudahan atas tuntunan-Nya.  

Jika kita ingin mendapatkan harta yang melimpah dan berkah, jangan pernah putus berdo'a kepada Allah SWT, agar segala usaha yang kita lakukan mendapat kemudahan. 

Berikut kumpulan doa untuk meminta rizki atau harta melimpah. 

1. Doa Meminta Sehat Dan Panjang Umur. 
Ket. Panjang umur dan fisik sehat adalah modal utama untuk bekerja dengan baik. Berikut adalah doa meminta panjang umur dan banyak harta :  

Allahuma ak-tsir maalii wa waladii, wa bariklii, fiimaa a'thoitanii, wa athil hayaati 'ala tho'atika, wa ahsin 'amalii waghfirlii.

"Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku, serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu, dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

2. Doa Memohon Harta Harta Yang Melimpah.
Allah merupakan satu-satunya Zat tempat kita meminta dan berdoa. Apapun yang kita minta, Allah  pasti akan mengabulkan dengan cara-Nya. Tidak terkecuali jika hambanya minta rezeki yang berlimpah ruah, Allah-pun akan mengabulkannya. Inilah doa yang harus dipanjatkan : 

Robbana anzil 'alainaa maa-idatan minas samaai takuunu lanaa 'iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin. 

Artinya : "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami satu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami reizki, dan Enkau pemberi rizki yang paling utama."

3. Doa Memohon Kemudahan.
Pekerjaan yang kita lakukan tentu akan mendatangkan rezeki yang setimpal, dan ini sudah diatur oleh Allah SWT. Maka dari itu hendaklah kita berdoa memohon kemudahan saat melakukan pekerjaan,  untuk mendapatkan rezeki. Untuk kita berdoa sebagaimana berikut : 

"Allahuma laa sahla ilaa ma ja'altahu wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahla,  
Artinya : Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah, dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah". (HR. Ibnu Hiban dalam Shahehnya  3 : 255). 

4. Doa Meminta Kelancaran Rezeki.
Salah satu yang membuat rezeki kita berlimpah adalah rezeki yang selalu lancar. Maka dari itu selepas shalat, kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT. agar selalu diberikan kelancaran rezeki. Doa yang kita panjatkan adalah sebagai berikut : 
Allahumma yaa ghaniyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziiza yaa mu'iza 'aizanii bi'izaazin 'izata qadratika wa yaamuyassiral umuuri yassir lii umuurad dunya wa daini yaa khaira man yurja yaa Allah.  
Artinya : "Ya Allah Dzat yang Mahakaya, dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku, dengan kemuliaan, kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama. Wahai Dzat yang paling diharapkan ya Allah".  

5. Doa Meminta Kecukupan Rezeki.
Jika kamu adalah satu orang yang tidak suka berlebih-lebihan dan hanya minta dicukupkan rezekinya hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka panjatkan doa di bawah ini :  
Allahumma kafinii bihalalika 'an haramika wa bifadhika aman siwak.
Artinya : "Ya Allah berilah aku rezeki yang halal, sehingga aku gak memerlukan yang haram. Dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan orang lain selain dari-Mu". (terkait dengan rezeki)

6. Doa Agar Diberi Rezeki Yang Halal.
Rezeki yang banyak tidak akan ada artinya jika tidak halal. Maka dari itu kita patut berdoa kepada Allah agar selalu diberi yang halal hingga menjadi berkah. Inilah doa yang dipanjatkan : 
"Allahumma zidnaa wa laa tanaqushnaa, wa akrimnaa wa laa tahinaa, wa 'athinaa, wa laa tahrimnaa, wa atsirnaa, wa laa  tu'tsir 'alainaa, wa ardhinaa, wardha 'anaa".
Artinya : "Ya Allah tambahkan rezeki kepada kami, jangan Engaku kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan jangan Engkau cegah kami". 

Itulah 6 jenis doa yang dapat kita panjatkan untuk memperlancar rezeki dari Allah SWT.  Semoga bermanfaat dan amalkan sesuai dengan kemampuan dan harus diniatkan dengan ikhlas semata karena Allah. Wallahu 'alam.

0 Response to "Kumpulan Do'a Untuk Meminta Rizki Atau Harta Berlimpah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel