Do'a Akhir Tahun Dan Awal Tahun Hijriyah.



rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Insya Allah 1 Muharam 1443 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 untuk hitungan 1 Muharam dimulai Senin Maghrib, (tanggal 9 Agustus 2021).

Amalan yang dapat kita lakukan sesuai sunnah Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam, yaitu puasa akhir tahun 30 Dzulhijjah = 9 Agustus 2021, dan puasa awal tahun Hijriyah  1 Muharram =  10 Agustus 2021.

Adapun amalan puasa dua hari ini tidak ada fadhilah secara khusus. Dari hadist yang shoheh. Namun kita mengamalkan puasa ini hanya semata-mana puasa sunnah, dengan niat untuk menutup tahun  dan mengawali tahun hijriah dengan berbuat amal kebaikan, yaitu diantaranya berpuasa pada tangggal 30 Dzulhijjah dan 1 Muharam.  Dan kita mengamalkan doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah.  

Niat Puasa Akhir Tahun Hijriah : 
Nawaitu Shauma ghodin fi akhiri sanatin sunnatan lillahi ta'ala.
"Niat aku puasa Akhir tahun sunnatan lillahi ta'aala"

Niat Puasa Awal Tahun Hijriah : 
Nawaitu shauma ghodin fi awwali sanatin sunnatan lillahi ta'aala.
"Niat aku puasa Awal Tahun sunnatan lillahi ta'ala"

Adapun perbuatan sunnah yang kita lakukan diatas, yaitu puasa, sebagai berikut : 
Imam An-Nawawi menyebutkan dalam Al-Majmu' (Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab) pada juz 6 halaman 439 berbunyi sebagai berikut : 
'Berkata Ulama kami : Dan dari puasa yang disunnahkan adalah puasa bulan-bulan haram yaitu ; Dzul Qo'dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab, sedangkan yang paling utama adalah bulan Muharram" (al Hadits)

DO'A  AKHIAR TAHUN HIJRIYAH. 
Allahumma maa 'amilatu min 'amali fii hadihis sanati ma nahaitanii 'anahu wa lam anta minha wa halamta fiihaa 'alayya bifadhlika ba'da qadratika 'ala 'qaubatii wa da'autanii ilat taubati min ba'di jaraa atii 'ala ma'siyatika. Fainiis taghfirtaka faghfirli wa maa 'amilatu fiihaa mimmaa tardha wa wa'adtanii 'alaihis sauba faasaluuka mina wa laa taqato' rajaai minka yaa kariim. 
Aritnya : "Allah aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang, sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahan-Mu, sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan dosa yang engkau perintahkan untuk taubat, sementara aku menjerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karena itu aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku ya Tuhan-Ku aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan yang Maha Mulia.  
DOA AWAL TAHUN HIJRIYAH. 
Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwal wa 'ala fadhlikal adhiimi wa kariim juudikal mu'awwalu, wa hadaa 'aaman jadiidan qad aqbalal. As'alukal 'ismata fiihi minas syaithani wa auliyaaihi, wal 'auna 'ala hadzihim nafsil ammarati bisau'i, wal isytighaala bimaa yuqarrabunii ilaika zulfa ya dzal jalaali wal ikraam. 
Artinya : "Ya Allah, Ya Tuhanku Engkau yang abadi, Qadim dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu pengharapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharianku mendekatkan pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan pemilik Kebesaran dan Kemuliaan". 
Demikian uraian singkat materi "Do'a Akhir Tahun Dan Awal Tahun  Hijriyah". Semoga bermanfaat dan untuk menambah khazanah pengamalan dalam ajaran Islam yang mulia ini. Wallahu 'alam. 

0 Response to "Do'a Akhir Tahun Dan Awal Tahun Hijriyah. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel