Do'akan Orang Lain Dalam Do'amu, Engkau Akan Dapatkan Hal ini.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Dalam Al-Qur'an kata doa disebutkan sebanyak 20 kali. Ini dikutip dari kitab himpunan doa-doa penting, yang diterbitkan oleh Kementrian Agama. Dari ke 20 kali doa itu, mempunyai beberapa arti dari do'a-do'a tersebut. Untuk menerangkan berbagai jenis doa akan dijelaskan dalam artikel lain, yang akan disajikan di lain waktu. 

Kembali dengan artikel hari ini yaitu "Doakan orang lain dalam doamu, engkau akan dapatkan hal ini"  Yang dimaksud adalah niscaya kamu akan mendapatkan yang luar biasa besarnya.  Seorang Muslim hendaknya memiliki sifat yang terpuji kepada sesama, salah satunya adalah saling mendoakan untuk kebaikan. 

Apabila anda pernah membaca buku yang berjudul "Rahasia Membangun Kecerdasan Emotional Spiritual Quotient" (ESQ) yang dicetak tahun 2001. Inilah yang akan penulis jadikan rujukan kisah nyata bahwa mendoakan kepada sesama/orang lain akan membuahkan keajaiban yang luar biasa.  

Kisah singkat ini berkait dengan Bpk. Ari Ginanjar sebagai pendiri ESQ yang saat itu sedang melambung trendnya dan sukses menyedot perhatian masa. Hampir sebagian besar lembaga-lembaga pemerintahan saat itu mengikut sertakan karyawannya untuk latihan pengembangan ESQ tersebut.  Dengan berjalannya waktu beliau kewalahan untuk menampung para pesertanya yang kian membludak mendaftarkan diri untuk ikut menjadi peserta latihan. 

Untuk menunjang hal tersebut, beliau membangun sebuah gedung besar yang diberi nama "Menara 165" yang direncanakan 25 lantai. Namun pembangunan ini sempat terlantar/terhenti pada lantai 4 dikarenakan sudah kehabisan dana untuk melanjutkan pembangunan tersebut. Tentu hal ini membuat beliau menjadi kebingungan, semua murid dari ESQ mulai menjauh dan tak ada satupun yang dapat dimintai bantuan pemikiran apalagi terkait dengan dana. Gedung "Menara 165" terletak di Jalan Simatupang Jakarta Selatan. 

Saat dalam kebingunan yang amat sangat, serta hampir menimbulkan keputus asaan, beliau dipanggil oleh Ayahanda. Dan sang ayah memangil anakanya dengan panggilan AA (panggilan kasih sayang). Ayahnya berkata kepada ananda ; dengan mengatakan coba lakukan ini! ; dijawab oleh AA apa itu ayah?. 

Doakan siapa saja yang ada di sekitarmu, apakah itu seorang supir, tukang sayur, tukang bakso, orang miskin, doakan agar menjadi kaya, orang kaya agar hidupnya bahagia, bahkan seekor kucing yang lewatpun kamu doakan agar selalu mendapat makanan. Lalu doa ini dilakukannya bersama ayahnya setiap saat tanpa jenuh dan dilakukan dengan iklas. 

Setelah doa ini berjalan sekian lama, maka ternyata membuahkan hasil yang sangat luar biasa ajaib sehingga Ari Ginanjar diberikan rezeki yang banyak oleh Allah SWT. Dan akhirnya rencana pembangunan gedung yang sudah terhenti dapat dilanjutkan lagi dengan cepat, hingga terselesaikan 25 lantai yang direncanakan, dan dipuncaknya didirikan sebuah menara masjid yang terlihat gagah dan megah. 

Dari kisah nyata tersebut diatas, dapat kita ambil hikmahnya bahwa mendoakan sesama/orang lain akan membuahkan hasil yang luar biasa yang tanpa kita duga. Maka marilah jangan sampai kita lupakan ketika kita sedang berdoa, doakanlah orang lain dalam doa kita, atau kapanpun dapat anda lakukan.

Salah satu Hadits Rasulullah, shalallahu 'alaihi wa sallam yang datang dari Abu Darda, r.a. : Rasulullah bersabda : 

"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, (yang dido'akan), melainkan malaikat akan berkata "Dan untukmu juga" (HR. Muslim.

Hadits di atas memberikan isyarat, bahwa sangat beruntunglah saat kita berdoa dan mendoakan orang lain, sebab ternyata kita juga mendapat doa dari Malaikat. Betapa tidak bahwa malaikat itu adalah makhluk Allah yang selalu bertasbih dan mensucikan Allah SWT. Maka ketika kita mendapatkan doa dari malaikat tersebut, ini adalah keberuntungan yang luar bisa.  

Dengan hadits di atas, bahwa Rasulullah s.a.w telah memberikan gambaran kepada umatnya untuk saling mendoakan kebaikan bagi sesama. Bahkan dengan mendokan muslim yang lain, juga akan mendapatkan ganjaran yang indah dan luar biasa, dengan "didoakanya oleh malaikat". 

Seorang Muslin tentu berbeda dengan yang lainnya, karena dia mencintai saudara-saudaranya seperti ia mencintai diri sendiri. 

Sebagai penutup saya cuplikan sebuah hadits riwayat Anas bin Malik radiyallahu anhu, sebagai berikut:  

"Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah s.a.w, Dari Nabi Muhammad s.a.w, Beliau berkata : "Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya" (HR. Muslim). 

Demikian uraian singkat "Do'akan Orang Lain Dalam Do'amu, Engkau Akan Dapatkan Hal Ini". Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan tulus Lillahi ta'ala. Wallahu 'alam.

0 Response to "Do'akan Orang Lain Dalam Do'amu, Engkau Akan Dapatkan Hal ini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel