Acara Doa Dalam Rangka 4 Bulan Kehamilan Sorang Ibu.

Tradisi Acara Hamil 4  Bulan Seorang Ibu  (Ngupati) -pen Jawa.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin.

Umat Islam Indonesia memiliki berbagai tradisi yang berdampingan dengan Islam ; misalnya ada tahlilan ketika seorang baru saja meninggal dunia, tiga hari, tujuh hari hingga 40 hari. Lalu ada acara khitanan, acara selamatan menempati rumah baru, dll. 

Kali ini penulis ingin menyampaikan tradisi atau ritual seputar kehamilan yang dilakukan pada saat masa kandungan memasuki usia 4 bulan. Di Pulau Jawa ritual ini lazim disebut ngupati, sebab makanan yang disajikan sebagai sedekah biasanya adalah berupa kupat (ketupat).  
Dalam kepustakaan/literatur Islam klasik, sebenarnya ritual semacam ini pun ada keterangannya, hanya saja dengan bahasa lain, yakni Walimatul Haml.

Dalil tradisi Walimah al-haml ini bisa kita lihat dalam hadits riwayat Muhammad Ismail al-Bukhari dalam sahih Al-Bukhari (Beirut : Dara al-Fikr 1422) juz IV, hal. 111, Hadits No. 3208. Sebagai berikut :

"Nabi Bersabada : Sesungguhnya setiap orang diantaramu dikumpulkan penciptaanya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (empat puluh hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal : ketentuan rezekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka tau bahagiaanya kemudian masuk di dalamnya ruh".  

Dari keteranga hadits di atas, dapat kita pahami bahwa proses kejadian manusia secara singkat terdiri dari fase tersebut di bawah : 

40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental 

40 hari kedua menjadi 'alaqah atau segumpal darah 

40 hari ketiga menjadi mudhghah atau segumpal daging. 

Proses di atas apabila setiap bulannya kita hitung jumlahnya sama yaitu 40 hari tiap bulannya, maka jumlah secara keseluruhan adalah 120 hari.  Dan pada bulan kempat itulah Allah SWT. mengutus malaikat guna meniupkan ruh kedalam janin yang terdapat pada ibunya. 

Momen inilah yang lazim atau sering diperingati oleh umat Muslim Indonesia, dengan mengadakan tasyakuran yang dinamai "Ngupati" (4 bulan usia janin) dalam perut ibunya. Dalam kesempatan ini shahibul hajat memberi sedekah berupa makanan seperti yang telah ditentukan yaitu ketupat lengkap dengan sayur dan lauk pauknya. Hal ini sekaligus shahibul hajat meminta untuk didoakan agar janin yang ada dalam perut ibunya terbebas dari marabahaya dan diselamatkan oleh Allah SWT. 

Dan dalam acara tersebut, dengan mengundang sanak saudara tetangga, kaum kerabat saudara muslim terdekat, lalu seorang ustadz membaca doa yang diaminkan oleh para jamaah. Inilah doa yang lazim dibacanya : 

"Aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk, dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Dari Allah kepada Allah, tidak ada yang menang kecuali Allah, tiada yang bisa berlari dari Allah, Dia Maha Hidup dan Maha berdiri Sendiri.

Kami memohon perlindungan bagi Janin yang berumur 4 bulan ini pada Allah yang Maha lembut, yang Maha menjaga, Tiada Tuhan selain Dia yang mengetahu hal-hal ghaib dan yang terlihat. Dia Maha Pengasih lagi Penyayang. 

Kami mohon perlindungan bagi janin ini kalimat-kalimat Allah yang sempurna, asma-asma-Nya yang Agung, ayat-ayat-Nya yang mulia huruf-hurufnya yang diberkati dari kejelekan manusia dan jin, dari godaan malam dan siang, dan dari segala fitnah, bala dan maksiat, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki saat mereka mendengki.

Ya Allah jadikanlah dia (janin) ini sebagai anak yang sholeh atau sholehah, mulia, sempurnya, berakal, alim bermanfaat terberkati dan bijaksana Ya Allah, hiasi dia dengan hiasan akhlak yang mulia dan rupa yang indah, memiliki wibawa dan tingkah yang manis, dan ruh yang suci lagi agung. 

Ya Allah tulis takdirnya sebagai bagian dari ulama yang shaleh penghafal dan pengamal Al-Qur'an yang dapat mendekatkannya pada surga beserta para Nabi, wahai dzat yang paling mulia diantara mereka yang mulia dan Dzat pemberi Rezeki yang terbaik. 

Ya Allah berikan rezeki pada dia dan ibunya untuk taat yang diterima untuk mengingat Engkau, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah yang taat kepada-Mu. Jaga dari keguguran, kekurangan, cacat, malas, dan bentuk yang tercela hinga ibunya melahirkannya dalam kondisi sehat wal afiat, lahir secara mudah, tanpa sakit, susah dan penat. Dengan memohon syafaat dari Nabi Muhammad SAW".  Aamiin. 

Demikian uraian singkat materi "Acara Doa Dalam Rangka 4 Bulan Kehamilan Seorang Ibu". Semoga bermanfaat dan menambah khazanah dalam pengamalan Ibadah didalam Islam yang mulia ini. Aamiin...

0 Response to "Acara Doa Dalam Rangka 4 Bulan Kehamilan Sorang Ibu. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel