Bagaimanakah Jawaban Asshalaatu Khairum minannaun Ketika Adzan Subuh?.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat) 

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak Aamiin...

Beberapa hari yang lalu ada yang bertanya kepada penulis melalui email ; pertanyaannya demikian. Ustadz assalamu'alaikum, "Bagaimana jawaban untuk adzan ketika shalat subuh dengan lafadz Assholaatu Khairum minannaum. Apa betul dijawab dengan ucapan   صَدَقْتَ وَبَرَرْتَ  Shodaqta wabarta artinya "engakau telah berkata benar dan berbuat baik".

Untuk menerangkan hal tersebut mari kita ikuti penjelasannya berdasarkan hadits atau keterangan yang shaheh dari sumber yang benar. Ikuti ulasan berikut : 

Sebagaimana hadits dari Abu Said al-Khudri, radiyallahu anhu, ia berkata : Rasulullah, Shalalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

"Apabila kalian mendengar adzan maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin" (Muttafaq 'Alaih). 

Adapun hadits secara lengkapnya adalah sebagai berikut :

Dalam hadits yang berasal dari Umar bin Khattab radiyallahu anhu ia berkata : Rasulullah, Shalallahu 'alaihi wa sallam bersada : "Jika muadzin mengatakan "Allahu Akbar" maka salah seorang dari kalian mengatakan : Allahu Akbar, Kemudian muadzin mengatakan "Asyhadu An Laa illaha illallah", maka jawab dengan  "Asyhadu An Laa illaha illallah", dan ketika muadzin mengatakan "Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah" maka jawablah pula "Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah" Namun ketika muadzin mengatakan "Hayya 'alas shalaah" maka jawablah dengan "Laa haula walaa quwwata illa billahi" dan ketika muadazin mengatakan "Hayya 'alal falaah" maka jawab dengan "Laa haula walaa quwwata illa billahi" Kemudian muadzin mengatakan "Allahu Akbar, Allahu Akbar" maka jawablah "Allahu Akbar, Allahu Akbar" Kemudian muadzin mengucapkan "Laa ilaha illallah" maka jawablah "Laa ilaha illallah". Dan Rasulullah bersabda : Bila yang menjawab adzan ini dengan keyakinan hatinya, niscaya ia pasti masuk surga". (HR. Muslim, Abu Daud).  

Lalu bagaimana dengan jawaban "Asshalaatu Khairum minannaum" ketika adzan untuk shalat subuh?. Apakah benar jawabannya  صَدَقْتَ وَبَرَرْتَ shadaqta wabarta, sebagian orang ada yang menyatakan demikian. Namun menurut hadits baik yang shaheh ataupun lemah, hal itu tidak terdapat dalam satu hadits-pun. Maka kesimpulannya adalah tidak benar sebab tidak ada contoh dari Nabi Muhammad s.a.w. 

Bagaimana jawaban yang benar ketika kita mendengar "Asshalaatu Khairum minannaum" maka kita kembalikan dengan dasar hadis di atas, yaitu ketika muadzin mengucapkan "Asshalaatu Khairum minannaum" pada adzan subuh, kita tetap menjawab sebagaimana muadzin ucapkan : yaitu "Asshalaatu Khairum minannaum".

Ketika muadizin iqamah, maka dianjurkan mengikuti apa yang diucapkan muadzin. Namun ketika muadzin membaca "Qad Qoomatish Shalah" maka kita dianjurkan untuk menjawab أَقَامَهَا اللهُ وَأَدَامَهَا "Aqoomahaallahu wa adaa mahaa". Artinya ; "Semoga Allah mengokohkan shalat dan melanggengkan" (HR. Abu Dawud)

Dan ada riwayat yang menerangkan bahwa Sayyidina Usman bin Affan ketika beliau mendengar kalimat "Qad Qoomatish Shalah" , beliau menjawab dengan kalimat sebagai berikut : 

"Dengan senang hati menyambut panggilan orang-orang yang menyeru keadilan (kebenaran). Dan panggilan shalat, dengan senang hati menyambutnya dan mendirikannya".
Hal ini disebutkan oleh Ibnu Abi Syaiban, dalam kitab Mushannaf-nya sebagai berikut : 
"Dari Qatadah, dia berkata bahwa sesungguhnya Sayyidina Usman ketika mendengar muadzin mengumandangkan kalimat "Qad Qoomatish Shalah" beliau mengucapkan , Marhaban bilqaa iliina 'adlan wabish shalaati marhaban wa ahlan, kemudian dia bangun untuk (menuju) shalaat.

Demikian uraian singkat dari materi : "Bagaimanakah Jawaban Asshalaatu Khairum minannaum Ketika Adzan Subuh". Wallahu'alam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mengamalkan ibadah agama Islam yang mulia ini. Aamiin.  

0 Response to "Bagaimanakah Jawaban Asshalaatu Khairum minannaun Ketika Adzan Subuh?. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel