Dzikir Singkat Dan Doa Setiap Selesai Shalat Fardhu Lima Waktu

Rasiyambumen.com Kajian Khzanah Islam (kategori posting Do'a)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasulullah s.a.w mengajarkan dalam sebuah kalimat istighfar yang paling utama atau sayyidul istighfar untuk dibaca umatnya. Dan lebih afdholnya ababila dibaca tiap selesai shalat Fardhu yang lima waktu ketika telah salam. Adapun istighfar yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut : 

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAHA ILLA ANTA KHOLAKTANI WA ANAA 'ABDIKA WA ANAA 'ALAA 'AHDIKA WA WA'DIKA MAAS TATHO'TU  'A'UU DZUBIKA MIN SYARRI MAA SHONA'TU ABUU 'U LAKA BINI'MATIKA 'ALAIYA WA ABUU 'U LAKA BIDZANBII FAGHFIRLII FAINNAHU LAA YAGHFIRU DZUNUUBA ILLA ANTA.  
"Ya Allah Engkau adalah Tuhan tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu, sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu, dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa  selain-Mu." 

Contoh dzikir di atas adalah yang sangat dianjurkar oleh Rasulullah SAW untuk umatnya karena dzikir ini adalah salah satu dzikir Sayyidul Istighfar. 

Di bawah ini urutan dzikir setiap selesai shalat fardhu lima waktu sebagai berikut :

1. Istighfar :  أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ   tiga (3) kali. ASTAGHFIRULLAH HAL 'ADZIM ALLADZI  LA ILAHA ILLA HUWAL HAYUL QAYUMU WA ATUUBU ILAIHI.  Artinya : "Aku memohon ampun kepada yang Maha Agung tiada Tuhan selain Dia yang hidup lagi Maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya". 

2. Selanjuntnya membaca : 

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ  tiga (3) kali.  
LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAHU LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU YUHYI WAYUMIITU WA HUWA 'ALA KULI SYAIIN QODIIR" 
Artinya : "Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Esa Tidak ada sekutu bagi-Nya, Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujaan. Dia-lah yang Maha kuasa atas segala sesuatu". 

3. Dilanjutkan membaca : 

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAHA ILLA ANTA KHOLAKTANI WA ANAA 'ABDIKA WA ANAA 'ALAA 'AHDIKA WA WA'DIKA MAAS TATHO'TU  'A'UU DZUBIKA MIN SYARRI MAA SHONA'TU ABUU 'U LAKA BINI'MATIKA 'ALAIYA WA ABUU 'U LAKA BIDZANBII FAGHFIRLII FAINNAHU LAA YAGHFIRU DZUNUUBA ILLA ANTA
"Ya Allah Engkau adalah Tuhan tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu, sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu, dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa  selain-Mu." 

4. Memohon perlindungan dari siksa api neraka :  اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ  tiga (3) kali.  ALLAHUMMA AJIRNI MINANNAR . Artinya  :"Ya Allah lindungilah kami dari siksa api neraka". 

5. Memuji Allah SWT dengan kalimat : 
للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ  وَاْلإِكْرَام
ALLAHUMMA ANTAS SALAMU, WA MINKAS SALAMU, WA ILAIKA YA'UUDUS SALAMU, WAHAYYINAA ROBBANA BIS SALAMI, WA ADKHILNAAL JANNATA DAA ROS SALAMI, TABARAKTA ROBBANAA WATA'AALAITA YAA JALAALI WAL IKROOM. 
"Ya Allah Engkau  adalah zat yang mempunyai kesejahteraan, dan darimulah kesejahteraan itu, dan kepadamulah akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, maka hidupkanlah kami ya Allah dengan sejahtera. Dan masukanlah kami ke surga kampung kesejahteraan, Engkaulah yang kuasa memberi berkah yang banyak, dan Engkaulah yang maha tinggi, wahai zat yang memiliki keagungan dan kemuliyaan".

6. Selanjutnya membaca surat Al-Fatihah  : 
7.  Dilanjutkan membaca ayat Kursi : 
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.
8. Membaca ; Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil sebagai berikut : 
  • Bacaan Tasbih  33 kali   :  سُبْحَانَ اللهِ    Maha suci Allah
  • Bacaan Tahmid 33 kali  :  الْحَمْدُلِلهِ       Segala puji bagi Allah
  • Bacaan Takbir 33 kali    : اللهُ اَكْبَرُ          Allah Maha Besar
  • Baca Tahlil 33 kali         : لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ   Tiada Tuhan kecuali Allah.
9. Membaca Doa sebagai berikut. Namun apabila tidak inging doa seperti di bawah ini dipersilahkan sesuai kehendak masing-masing. Di  artikel ini doa yang kami tulis sebagai berikut :
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yang sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Ya Allah Tuhan kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu  dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah limpahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya. 
اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ
Ya Allah terimalah shalat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusu' kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama shalat ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.
رَبَّنَا ضَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْ حَمْنَا لَنَكُوْ نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ يْنَ
رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِ يْنَ مِنْ قَبْلِنَا
رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَا قَتَا لَنَا بِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِيْنَ
Ya Allah kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami jadi orang yang sesat. Ya Allah Tuhan kami janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagamana yang pernah Engkau bebankan kepada orang terdahulu dari kami. Ya Allah Tuhan kami janganlan Engkau bebankan atas diri kami apa yang diluar kamampuan kami. Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Berilah kami pertolongan untuk melawan orang-orang atau kaum kafir. 
رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْ بَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَ يْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُ نْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ, اِنَّكَ عَلَى قُلِّ ثَيْءٍقَدِيْرِ
Ya Allah janganlah kami Engkau sesatkan hati kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkau yang Maha Pemurah. Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa-dosa orang tua kami, dan kami semua orang islam laki-laki dan perempuan, orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan. yang hidup dan mereka yang telah mati. Sesunggahya Engkau adalah Dzat yang Maha kuasa atas segala-galanya. 
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكِ رَبِّ الْعِزَةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْ سَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Ya Allah berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat jauhkan kami dari siksa api neraka. Maha suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji Allah Tuhan seru sekalian alam. 
Demikian uraian singkat materi "Dzikir Singkat Dan Do'a Setiap Selesai Shalat Fardhu Lima Waktu". Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dengan istiqomah. Aamiin.

      0 Response to " Dzikir Singkat Dan Doa Setiap Selesai Shalat Fardhu Lima Waktu"

      Post a Comment

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel