16 Ayat Al-Qur'an Yang Memotivasi Hidup Paripurna

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Al-Qur'an)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Motivasi adalah suatu dorongan atau gerakan untuk mencapai yang diinginkan. Motivasi secara umum adalah rangsangan, dorongan atau pembangkit yang membuat manusia melakukan sesuatu. 
Motivasi dapat datang dari orang tua, seseorang yang diidolakan, atau pengalaman hidup, yang paling kuat adalah yang datang dari diri sendiri. Motivasi ini sangat berperan dalam tingkah laku atau tindakan sehari-hari.

Dalam Islam motivasi adalah dorongan psikologis yang membuat seseorang selalu ingin mencari dan memikirkan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta, sehingga timbul dorongan untuk mengabdikan atau menyembah, meminta pertolongan, hingga meminta sesuatu yang dibutuhkan. Di atas telah disinggung bahwa motivasi dapat datang dari berbagai pihak. 
Sebagai umat Islam, yang paling tepat untuk dijadikan motivator atau panutan adalah Nabi Muhammad s..a.w. dimana beliau adalah sosok yang paling sempurna untuk dijadikan panutan. Sebab Rasulullah SAW dalam hadistnya disebutkan bahwa akhlak beliau seperti Al-Qur'an.
Seorang sahabat bertanya : "Wahai Ummul Mukminin, kabarkanlah kepadaku tentang akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Aisyah istri Nabi s.a.w. menjawab : "Bukankan kamu membaca Al-qur'an?. Hakim menjawab : "Ya". Aisyah, r.anha. lalu berkata : "Akhlak Nabi s.a.w adalah Al-Qur'an" . (HR. Nasa'i nomor 1583).  
Maka ketika umat Islam mengambil motivasi dari Rasulullah SAW. ini sama artinya dengan kita mengamalkan Al-Qur'an secara lengkap. Tak salah kalau 16 ayat al-qur'an adalah motivasi hidup yang paripurna.  Allah senantiasa selalu dekat dengan hamba-Nya, Allah akan selalu memberi petunjuk kepada hamba-Nya, Allah juga memerintahkan hamba-Nya untuk selalu yakin dalam menjalani hidup di dunia dan yakin juga kehidupan akhirat kelak. 
Dibawah ini ke-16 Ayat yang menjadi motivasi paripurna tersebut :

1. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 155
"Dan sesungguhnya akan Kami beri cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS, Al Baqarah : 155)

2. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 156
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan : Innaalillahi wa innaa ilaihi raaji'uun". (QS, Al-Baqarah : 156).
Sabar bukan  hal yang mustahil untuk dimiliki semua mukmin, ketika ditimpa suatu ujian kadang kita meyalahkan diri sendiri atau bahkan menyalahkan takdir. Ingatlah bahwa setiap ujian pasti ada hikmah di dalamnya.  

3. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 186
 "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran". (QS, Al-Baqarah : 186) Ikuti perintah Allah dan syari'at Islam dalam kehidupan sehari-hari agar anda berada pada jalan yanglurus, senantiasa yakin terhadap Allah bahwa setiap insan yang diciptakan Allah, memiliki peran dan manfaat untuk orang lain. 

4. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 286
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya ia mendapat pahala dari (kebajikan) yang diusakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya". Jelas sekali dalam firman tersebut Allah senantiasa mengasihi hamba-Nya tidak akan diberikan ujian kepada hamba-Nya yang tidak sanggup untuk dipikulnya. Untuk itu tidak selayaknya berputus asa dalam menghadapi segala tantangan hidup

5. Qur'an Surat Ali Imran ayat 139
"Dan janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati. Padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman". (QS. Ali Imran : 139).  Tidak diperkenankan senantiasa memandang diri sebagai orang yang buruk atau penuh kekurangan. Setiap manusia mendapat anugerah dari Allah berupa kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berfikir negatif terhadap diri sendiri menandakan kurangnya rasa syukur. Paling tidak kelebihan yang anda punya untuk kebaikan dan jadikan kekurangan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas diri. 

6. Qur'an Surat Ali Imran ayat 200
"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (diperbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung". (QS, Ali Imran : 200). Allah memerintahkan kepada orang beriman untuk senantiasa berusaha dengan kesabaran dan keyakinan. Keutamaan sabar dalam Islam memang sangat dianjurkan.

7. Qur'an Surat At-Taubah ayat  40
 
"Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah : Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung". (QS, At-Taubah : 129). Hanya kepada Allah kita berserah diri, bukan pada beratnya ujian hidup, pada rasa takut, apalagi pada orang, Allahlah yang memberi kekuatan dan yang paling pantas untuk disembah. Tak perlu takut dalam menghadapi tantangan hidup jika senantiasa berpegang teguh kepada Allah dan syri'at-Nya. 
8. Qur'an, Surat At-Atubah 105.
"dan bekerjalah kamu maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaan-mu itu dan kamu akan dikembalikan kepada Allah lalu diberitakan kepadaNya apa yang telah kamu kerjakan". Firman Allah ini merupakan perintah untuk bekerja dengan jalan yang halal. Manusia wajib berjuang untuk demi masa depan dirinya. 
9.  Qur'an, Surat Yusuf ayat  87
"Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesusungguhnya tiada berputus dari rahmat Allah melainkkan orang yang kufur."  Harapan selalu ada bagi orang yang percaya, hadapi setiap tantangan dalam hidup dengan niat mencari Ridha-Nya. lakukan usaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan disertai dengan do'a. Bahaya putus asa dalam Islam sudah jelas di dalam al-qur'an beararti ia bukan termasuk golongan orang beriman. 
10. Qur'an Surat Al-Mulk ayat 15
"dan Tuhanmu berfirman : berdoalah kepada-Ku pastilah Aku kabulkan untukmu". Setiap kali memiliki hajat atau sesuatu keinginan hendaknya mengusahakan dengan sungguh-sungguh dan meminta pada Allah untuk mengabulkan hajat yang diinginkan. Allah sangat senang pada hamba-Nya yang senantiasa berdoa, karena doa dapat menghubungkan langsung antara seorang hamba dengan Allah. 
11. Qur'an Surat Al- Jum'ah ayat 10
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung".  Firman Allah tersebut adalah perintah untuk mencari rezeki, dimanapun kita sanggup menggapainya, namun tetap dengan bertawakal kepada Allah agar menjadi hamba yang beruntung. 
12. Qur'an Surat Ath Thalaq  ayat  3
"Sesungguhnya Allah melakasanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan tiap-tiap sesuatu". Maksudnya bahwa manusia adalah milik Allah, maka Allah yang memiliki kuasa untuk mengatur hamba-Nya, maka sebagai orang mukmin wajib untuk percaya bahwa segala sesuatu yang kita miliki sudah sesuai takaran dengan apa-apa yang kita butuhkan.

13. Qur'an Surat Al-Mulk ayat 15
"Dia-lah yang menjadikan bumi ini mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rizki-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan".Allah memberikan berupa kemampuan untuk mencari rezeki yaitu berupa fisik dan pikiran yang sehat, maka dengan ini harus dapat menjadikan termotivasi untuk melakukan segala sesuatu sebaik mungkin. Dengan doa pembuka rezeki dari segala penjuru dapat anda coba untuk diamalkan.  

14. Surat Al-Fajr ayat 27-30 
"Hai jiwa yang tenang, Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke adalam surga-Ku".  Betapa Allah maha pengasih setiap hamba yang taat diberikan imbalan berupa surga. Hal ini harus menjadi motivasi bagi semua umat muslim dalam berlomba-lomba untuk kebaikan agar dapat menggapai keridhoan-Nya. 

15. Qur'an Surat Al-Insyirah ayat  5
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" Jika seorang hamba menghadapi sebuah ujian dan menghadapinya dengan ikhtiar dan doa serta dalam kesabaran, maka Allah akan menunjukkan baginya petunjuk jalan keluar atau kemudahan atas kesulitan yang dialaminya, seusai dari selesainya ujian tersebut akan lebih menguatkan tingkat keimanannya. 

16. Qur'an Surat Al-Insyirah ayat 8
"Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap".  Orang mukmin senantiasa berharap hanya kepada Allah, bukan kepada orang, apalagi berbangga diri berharap sepenuhnya pada diri sendiri.  Setiap keperluan atau kepentingan hendaknya melibatkan Allah dengan memohon kemudahan dan keberkahan. 

Demikian uraian singkat materi "16 Ayat Al-qur'an yang memotivasi hidup Paripurna". Semoga bermanfaat dan yang paling penting adalah pengamalan dalam kehidupan sehari-hari secra istiqamah. Aamiin....

0 Response to "16 Ayat Al-Qur'an Yang Memotivasi Hidup Paripurna "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel