Zakat Fitrah Sebagai Penyempurna Puasa Ramadan.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Zakat)
Pembaca budiman Bimbingan Dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivita di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dua hari lagi puasa Ramadhan akan berakhir yang maknanya bahwa Idul Fitri atau 1 Syawal 1441 H telah tiba. Syari'at Islam mengajarkan kepada kita bahwa sebelum memasuki shalat Id, setiap umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Para ulama mengatakan bahwa pembayaran zakat fitrah yang paling afdhal utnuk dibayarkan adalah malam takbir hingga sebelum dilaksanakannya shalat Idul Fitri. Namun ulama juga berpendapat bahwa membayar zakat fitrah, juga sudah dapat dibayarkan dari awal memasuki bulan Ramadhan.

Zakat Fitrah adalah merupakan zakat yang diwajibkan bagi setiap umat muslim bertujuan sebagai santunan kepada orang-orang miskin fakir miskin, agar pada hari ini (Idul Fitri) tidak ada satupun orang yang tidak kelaparan karena hari itu adalah hari yang sangat agung. Dan zakat fitrah ini adalah sebagai penyempurna bagi umat islam yang telah menjalankan puasa ramadhan sebulan pebuh. Sesuai hadits Rasulullah SAW. bahwa zakat fitrah maksimal dibayarkan sebelum shalat Id didirikan atau dilaksanakan. Sebagaimana hadits di bawah ini :
"Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha' kurma atau gandum atas muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak, dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat ke tanah lapang (Shalat Idul Fitri) "(HR. Bukhari dan Muslim).
Sebagai suatu yang diwajibkan, zakat Fitrah memiliki keutamaan dan hikmah dimana kamu dapat berbagi dengan sesama melalui zakat yang kamu tunaikan, sekaligus membersihkan diri dari hal-hal dapat mengotori pahala ibadah puasa.

Minimal ada 3 keutamaan zakat Fitrah sebagai penyempurna puasa Ramadhan. Mari kita simak dari ulasan di bawah ini :
Keutamaan pertama : Zakat Fitrah dilihat dari kebermanfaatannya bagi yang berpuasa. Dengan membayar zakat Fitrah akan membersihkan dirinya dari dosa dan perbuatan keji serta menyempurnakan ibadah puasa yang telah dijalaninya selama satu bulan penuh.
Sebab selama menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, tentunya kita masih sering melakukan hilaf, kadang rasa iri, dengki, berkata kotor yang tidak bermanfaat, berdusta, menghasut, dan sebagainya.
Oleh karena itu zakat fitrah ini diwajibkan atau hadir sebagai pengganti atau penyempurna terhadap hal-hal yang masih kurang.
Keutamaan kedua : Zakat Fitrah dilihat dari kemaslahatan bahwa dengan mengeluarkan zakat fitrah, membuktikan kepedulian antar sesama umat muslim, terlebih terhadap fakir miskin yang sangat membutuhkan uluran tangan saudara muslim yang lain.
Hal ini juga tentunya terdapat momen yang tepat dimana kita bisa berbagi sehingga dapat merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama. Kita menyadari bahwa kemenangan dan kebahagiaan muncul tatkala kita mampu berbagi dan memebuat orang lain juga bahagia. Melalui zakat Fitrah, saudara muslim yang berada dalam kondisi kekurangan bantuan seperti, kebutuhan pokok sehingga ia juga dapat merayakan hari raya sama seperti muslim yang lainnya.

Keutamaan ketiga : Zakat Fitrah adalah memaknai bahwa Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan hari kebahagiaan bagi umat muslim setelah berhasil puasa ramadhan satu bulan penuh menahan diri dari hawa nafsu. Namun kebahagiaan ini kemungkinan besar tidak dapat dirasakan oleh fakir dan miskin, melihat daripada yang ada pada mereka. Dan berbeda halnya dengan kebahagiaan yang dirasakan oleh orang yang memiliki kecukupan harta atau yang berkemampuan.
Oleh karena itu membayar Zakat Fitrah merupakan sosulusi syari'at untuk mewujudkan kebahagiaan merata kepada umat muslim secara menyeluruh.  Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW sebagai berikut :
"Cukupilah kebutuhan (fakir miskin), agar mereka tidak meminta-minta pada hari seperti ini (hari raya idul fitri)" [Sunan Daruqutni : 67].

Demikian ulasan singkat materi "Zakat Fitrah Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan ikhlas.

0 Response to "Zakat Fitrah Sebagai Penyempurna Puasa Ramadan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel