Shalat Yang Khusu' Dapat Membuahkan Kesehatan.

Dirikanlah Shalat Dengan Khusu'
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat)
Pembaca budiman Bimbingan serta Ridho-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Shalat yang dilakukan secara benar dan khusu' akan mempunyai manfaat kesehatan secara medis. 
Shalat adalah salah satu rukun Islam yang diperintahkan untuk dilaksanakan secara fardhu 'ain (wajib secara perorangan) adapun pengamalannya adalah dapat dikerjakan secara berjamaah atau dilakukan sendiri-sendiri. 
Perintah Allah SWT dalam Al-Qur'an terkait dengan shalat, agar setiap yang melakukan shalat tersebut dilaksanakan dengan khusu' supaya dapat menghasilkan kemanfaatan yang besar baik dalam kehidupan di dunia hingga kehidupan di akhirat kelak. Firman Allah di bawah ini menerangkan tentang shalat yang khusu' : 
"Dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu' ". (QS, Al-Baqarah : 45)
Firman Allah yang bermakna khusu' itulah yang akan membawa kita pada shalatnya hingga membuahkan kesehatan dan ketenangan hati. 

Dalam buku yang berjudul Sehat dengan ibadah karya Jamal Muhammad Az-Zaki, dijelaskan jika dicermati lebih dalam ayat tersebut di atas, maka penemuan-penemuan ilmiyah dari pernyataan Al-Qur'an tentang khusu' itu dapat ditemukan, yakni bahwa khusu' dapat bermanfaat kepada beberapa kesehatan organ tubuh manusia, diantaranya adalah :

Pertama : Dalam bukunya "sehat dengan ibadah" ditulis bahwa khusu' dalam shalat, ternyata dapat membantu meningkatkan kosnsentrasi. Khusu' adalah merupakan pencapaian terpenting dalam ibadah dan paling sulit untuk didapatkan karena membutuhkan konsentrasi yang besar. 
Sebab jika dicermati dari maknanya itu sendiri, kata khusu' berarti menunjukkan sejauh mana perenungan/penghayatan yang disertai dengan pikiran mendalam. Khusu' bukan hanya sekedar ibadah, tetapi mempunyai manfaat nyata bagi pengobatan berbagai macam penyakit. 

Kedua : Di Amerika Serikat terdapat sebuah studi penelitian yang diterbitkan oleh majalah "Jam'iyyah al-Qulb" , bahwa khusu' sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung manusia. Diqiyaskan bahwa khusu' adalah merenung dalam waktu lama dan teratur, ini dapat berpotensi menjaga dan melindungi jantung dari berbagai gangguan.
Perenungan yang teratur ini dapat diistilahkan dalam Islam sebagai khusu'. Maka khusu' dalam shalat saja, misalnya ; hal tersebut dapat menjadi pengobatan yang efektif bagi tekanan darah tinggi sehingga beban kerja jantung dapat diringankan.  Tak hanya itu saja dengan khusu' dalam shalat, manusia juga dapat dimungkinkan untuk meraih kepercayaan tinggi yang lebih besar. Hal ini dapat menjadikan seseorang selalu bertindak sabar dalam menghadapi probematika dan kelelahan hidup yang dijalaninya.  

Ketiga : Khusu' dapat menjaga kesehatan otak. Para ilmuwan mendapatkan kenyataan bahwa otak mansia terus-menerus mengelurakan getaran elektromagnetik. Akan tetapi kadar getaran tersebut berubah-ubah tergantung aktivitas manusia itu sendiri. 
Dalam kondisi siaga dan aktif serta waspada dan berkonsentrasi, otak tersebut akan mengeluarkan gelombang-gelombang yang dikenal dengan nama beta. Beta ini merupakan getaran-getaran atau goyangan yang berkisar antara 15-40 getaran per detik. 

Dalam keadaan nyaman atau istirahat dan perenungan biasa, maka otak manusia itu akan bekerja dengan mengeluarkan gelombang bernama alfa. Yakni gelombang yang getarannya berkisar 9 hertz hingga 14 hertz per detiknya.   
Dan ketika orang sedang terlelap dalam tidur yang sangat pulas dalam mimpi, maka otak mengeluarkan gelombang-gelombang yang bernama tseta.  Atau disebut juga gelombang yang getarannya berkisar antara 5 hertz hingga 8 hertz per detik.

Dari rincian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa setiap kali seseorang dalam keadaan khusu' pada waktu shalat, maka gelombang-gelombang yang dihasilkan otak akan lebih sedikit. Dalam kondisi yang demikian memungkinkan otak akan merasa lebih nyaman dan memperkuat kinerja. Maka shalat yang dilakukan dengan khusu' juga akan lebih sempurna dan teratur serta akan menghasilkan gerakan-gerakan shalat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Misalnya ketika sedang ruku' dan 'itidal akan terkontrol dengan baik dan teratur, dan juga gerakan-gerakan lainnya-pun demikian.

Sehingga hal yang demikian itu dapat berpotensi membantu perbaikan kerusakan-kerusakan yang dialaminya yang disebabkan suatu penyakit atau gangguan psikologis. Untuk itu para ilmuwan menyatakan "perenungan" (khusu') sejatinya dapat membuat otak semakin nyaman dan sehat. Waalhu'alam.
Demikian uraian singkat "Shalat Yang Khusu' Dapat Membuahkan Kesehatan". Semoga bermanfaat dan marilah kita berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melakukan shalat dengan benar teruma khusu'. 

0 Response to "Shalat Yang Khusu' Dapat Membuahkan Kesehatan. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel