Hikmah Shalat Subuh Dibalik Waktu Fajar.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat.
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini,untuk meraih kebahagiaan dan mengharap rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Waktu fajar adalah waktu yang banyak memilki keutamaan.
Dalam hadits yang diriwayatkan Tirmidzi; telah dijelaskan bagaimana istimewanya waktu fajar tersebut, maka dalam mendirikan shalat subuh memiliki hikmah yang luar biasa bagi yang mengamalkan tepat waktu, dan berjamaah. 

Diantara waktu-waktu yang istimewa diciptakan Allah SWT, untuk kaum Muslim adalah saat shalat shubuh. Di dalamnya penuh keberkahan dan kemuliaan yang tinggi. Sebab mulianya waktu Subuh, Nabi Muhammad s.a.w secara khusus, berdoa untuk umatnya sebagai berikut : "Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh" (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Meskipun hanya dua raka'at shalat subuh menyimpan banyak rahasia yang dahsyat baik dari segi rohani, kesehatan dan kesuksesan hidup. Dalam hadits Muslim, Rasulullah SAW. bersabda : "Dua raka'at sebelum shalat subuh lebih baik dari pada dunia seisinya". Dan dalam hadits yang lain Nabi SAW bersabda : "Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan shalat subuh karena pada waktu itulah pahala yang paling mulia". (HR. Turmidzi).

Dari sisi kesehatan ketika bangun pagi untuk menunaikan shalat subuh, mampu menormalkan kinerja syaraf otak. Bahkan shalat subuh mampu menumbuhkan kesuksesan dalam kehidupan. Sebab saat pagi sampai fajar hingga terbitnya matahari, pintu-pintu rezeki dibuka oleh Allah SWT. Untuk itu setelah melaksanakan shalat subuh berdzikir atau membaca al-qur'an, dan jangan tidur kembali dan lanjutkan aktivitas sesuai bidangnya dengan diawali ucapan basmallah.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan Ahmad dan Baihaqi, diceritakan bahwa ketika Rasulullah SAW pulang dari shalat subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya, Siti Fatimah masih tidur-tiduran. Dengan penuh kasih sayang lantas beliau menggerakkan badan putrinya itu, dengan berkata : "Wahai anakku bangunlah, saksikan rezeki Tuhanmu dan jangan kamu termasuk orang yang lalai,  karena Allah membagikan rezeki kepada hamba-Nya, antara terbit fajar hingga terbit matahari.

Menyegerakan bangun untuk persiapan shalat subuh, ketika suasana masih tampak sunyi, disaat itulah banyak keberkahan yang akan dilimpahkan Allah SWT kepada hamba-Nya.
Diantara keberkahan kesehatan, bahwa saat pagi hari kadar ozon (03) cukup tinggi yang mampu membantu aktivitas syaraf otak. Dan pada waktu pagi hari (saat fajar hingga matahari terbit) dapat mengurangi resiko pemnyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung.

Disamping keberkahan kesehatan Allah juga akan melindungi seharian penuh, mengucurkan rahmat, memberi pahala yang banyak , membuka pintu-pintu rezeki, melimpahkan kesegaran pikiran dan ketenangan, dan gerakan shalat subuh akan menyegarkan badan karena sebelumnya telah melakukan wudhu dalam rangka membersihkan badan. Langkahkanlah kaki dengan ikhlas dan jangan tergesa-gesa untuk melakukan shalat subuh berjama'ah di Masjid. Wallahu'alam.

Demikian uraian singkat "Hikmah Shalat Subuh Dibalik Waktu Fajar". Semoga bermanfaat dan mari memohon kepada Allah agar diberi kekuatan dan kesehatan untuk melaksanakan. Aamiin...

0 Response to "Hikmah Shalat Subuh Dibalik Waktu Fajar. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel