4 (Empat) Anugerah Indah Yang Allah Berikan Kepada Manusia.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah).
Pembaca budiman, Bimbingan serta Ridha-Nya semogo selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Sebuah hadits Rasulullah s.a.w. yang menjelaskan tentang anugerah/kebahagiaan manusia yang disampaikan oleh Ad Dailami, mengatakan ada 4 empat kebahagiaan di dunia yang diperuntukkan untuk muslim. 
Inilah teks hadits tersebut secara lengkap :
Dari 'Abdullah ibnu Hesein, dari babaknya, dari Jadu, Rasulullah s.a.w. bersabda : "Diantara tanda kebahagiaan seseorang itu ada 4 (empat) perkara; pertama mempunyai istri yang shaleh, kedua anak yang berbakti, ketiga teman-teman yang baik, dan keempat mata pencahariannya berada dalam negara sendiri" (HR. Ad Dailami).   

Setiap manusia sudah barang tentu menginginkan dalam kehidupannya di dunia ini, untuk meraih kebahgiaan dan selanjutnya berusaha mempersiapkan kebahagiaan di akhirat pula, meskipun kebahagiaan di dunia ini berbeda indikatornya pada setiap manusia. Ada sebagain orang merasa kebahagiaan itu ketika memiliki harta yang banyak. Ada pula yang merasa bahwa kebahagiaan itu apabila telah dapat meraih jabatan yang tinggi. Namun khususnya bagi seorang Muslim kebahagiaan itu bukan diukur dengan harta ataupun jabatan tinggi yang dimilikinya.

 Kebahagiaan yang hakiki bagi seorang muslim, yaitu sebagaimana yang tertera dalam hadits di atas, yaitu ketika miliki istri yang shaleh, ketika hidup dilingkungan yang baik dan mudah, memiliki anak-anak yang berbakti, dan yang tak kalah pentinga adalah memilki teman-teman yang baik, dan terakhir adalah memiliki mata pencaharian yang mudah di negeri sendiri. Itulah angugerah terindah yang Allah berikan kepada manusia untuk kebahagiannya.

Istri shalehah adalah seorang wanita yang telah digambarkan oleh Allah di dalam Al-Qur'an sebagai berikut:
.....Maka wanita yang shaleh, ialah yang taat kepada Allah, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). (QS, An-Nisa : 34). 

Istri yang shalehah adalah seorang istri yang tidak hanya menjadi pendamping hidup saja, melainkan  pasangan yang selalu dapat diajak diskusi untuk hal-hal kebaikan dalam rangka membina keluarga yang bahagia sakinah mawaddah warohmah. Ia akan selalu mengingatkan ketika suami lalai, menjadi peneguh ketika gundah, menjadi penerang ketika dalam kegelapan, menjadi penyejuk ketika marah, menjaga kehormatan suaminya dan selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya.   

Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam juga menggambarkan bahwa istri shalehah sebagai perhiasan yang paling baik dan indah mengalahkan indahnya dunia ini. Anak-anak yang berbakti merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Mereka adalah anak-anak yang shaleh dan shalehah dan indah sebabagai penyejuk dalam hati (qurrata 'ayun). 

Memiliki anak-anak yang yang berbakti merupakan kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Anak-anak yang demikian akan senantiasa mendo'akan kedua orangtuanya. Sebagaimana firman Allah dalam al-qur'an sebagai berikut :
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan, dan ucapkanlah ; Wahai Tuhanku kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.". (QS, Al-Isra' : 24)
Kebahagiaan tidak hanya dirasakan di dunia, tetapi juga di akhirat nanti. Rasulullah s.a.w mengajarkan bahwa doa anak yang shaleh merupakan amalan yang tidak akan putus walaupun kedua orang tuanya sudah meninggal. 

Yang berikutnya adalah teman-teman yang baik yang menjadi teman sejati, baik dalam sedih ataupun senang. Mereka tidak hanya menjadi penolong ketika kita dalam kesulitan, tetapi juga menjadi peng-erem atau pengingat ketika kita salah, menjadi penyemangat dalam kebaikan maupun ketakwaan. 

Mata pencaharian yang merupakan sarana untuk mencari nahkah. Mata pencaharian yang tidak jauh, atau dalam arti kata di negeri sendiri, maka kita tetap dapat berkumpul menjaga dan menyayangi keluarga. Karena keluarga yang dapat berkumpul dan bahagia, adalah dambaan bagi setiap manusia. Berkumpul dengan keluarga, menurut penelitian serta pandangan umum, adalah merupakan obat penghilang lelah, setelah seharian sibuk di tempat kerja. Wallahu'alam.

Demikian uraian singkat "4 (empat) Anugerah Indah Yang Allah Berikan Kepada Manusia. Semoga bermanfaat dan mudah-mudah dapat kita raih sesuai harapan. Aamiin. 

0 Response to "4 (Empat) Anugerah Indah Yang Allah Berikan Kepada Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel