Perhatikan dan Hayati Doa antara Dua Sujud.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin. 

Hal yang luar biasa dapat diraih dari doa diantara dua sujud ketika kita shalat. Marilah sejenak kita renungkan satu persatu doa ketika kita duduk diantara dua sujud yang kadang terlalikan. Penulis ingin mengingatkan pada diri sendiri juga pembaca budiman, bahwa terkadang kita sering menganggap kecil terhadap doa antara dua sujud, sehingga tidak jarang dilakukan dengan tergesa-gesa atau dibaca secara cepat tanpa dihayati dari makna doa tersebut. Padahal ketika direnungkan bahwa doa antara dua sujud sangatlah besar hikmahnya. Mari kita sama-sama mengurai satu persatu dari doa tersebut :

Pertama : Robbighfirlii ; Wahai Tuhan ampunilah dosaku.
Dosa adalah merupakan sifat yang disandang oleh seluruh manusia. Dosa sesuatu hal yang mengotori hati manusia yang wajib untuk dikurangi, bahkan dihilangkan. Karena ketika dosa tetap menempel pada hati kita, maka hati akan menjadi kotor, bahkan hati akan menjadi mati. Karena dosa yang tetap menempel inilah yang menyebabkan manusia malas untuk beribadah. Bagaimana obatnya? perlu istigfar setiap waktu agar dosa itu berguguran.

Kedua ; "Warhamnii". Sayangilah diriku. Kasih sayang terindah di dunia ini hanyalah kasih sayang Allah. Oleh sebab itu itu doa ini menjadi sangat besar manfaatnya bagi kita. Tidak ada kasih sanyang manusia yang dapat menandingi kasih sayang Allah, walapun itu kasih orang tua terhadap anaknya, suami kepada istrinya, dan sekalipun ada seseorang yang mengatakan kasih sayangnya hanya untuknya. Kasih Allah jauh di atas segala kasih sayang.

Ketiga : "Wajburnii". Tutuplah segala aibku  Tak ada satu makhlukpun yang mampu menutup aib seseorang kecuali hanya Allah. Dengan doa wajburnii sekaligus kita bersyukur sebab mesti aib kita banyaknya tak terhitung, namun Allah tetap menutup aib kita dari hadapan manusia. Seandainya semua setiap aib kita Allah tampakkan, maka apa yang terjadi terhadap kita.

Keempat : "Warfa'nii" Tinggikanlah derajatku. Hanya Allah sajalah yang dapat mengangkat derajat seorang manusia. Apalah jadinya jika manusia tidak memiliki derajat?. Maka tak ubahnya sebagai binatang ternak saja. Coba lihatlah hewan ternak atau melata, adakah diantara hewan itu meiliki derajad dihadapan manusia?. Pasti jawabannya tidak ada. Semua hewan tetap ama.

Kelima : "Warzuknii".Berikanlah aku rezeki. Tak ada yang dapat memberikan rezeki kecuali Allah. Allah adalah satu-satunya sumber rezeki. Dengan doa warzuknii dimana hanya Allah-lah pemilik rezeki maka penuh dengan kesadaran kita harus selalu bersyukur. Semoga rezeki kita berkah.

Keenam : "Wahdinii" Berilah aku petunjuk. untuk menuju jalan kebahagiaan. Petunjuk adalah hal terpenting dalam hidup seorang hamba. Bagaimana seseorang dapat melakukan kebaikan jika tidak mempunyai petunjuk?. Kita tidak hanya meminta petunjuk yang berkaitan dengan dunia saja untuk mengambil keputusan hingga terhindar dari keputusan yang salah, tetapi yang lebih terpenting yaitu petunjuk untuk menuju akhirat hingga selamat dan mendapatkan rahmat-Nya kelak.

Ketujuh : "Wa'aafinii". Berilah aku kesehatan. Manakala seorang muslim itu sehat fifik dan imannya, ia dapat memberi serta menambah kemaslahatan bagi orang lain. Sebaliknya jika Allah mengujinya dengan memberikan sakit, maka tak akan maksimal kemanfaatannya terhadap orang lain. 

Kedelapan: "Wa'fuannii" Maafkan segala kesalahanku. Allah mempunyai sifat Maha Pemaaf kepada hamba-Nya. Sebenarnya manusia tidak mendendam kepada manusia lain, sepanjang aqidah keimanannya tidak terusik. Islam dan umatnya cinta damai dan senang memaafkan. Karena hal itu telah dicontohkan oleh Rasulullah s.a.w.

Namun sayang dari kedelapan doa di atas, ketika kita sedang membacanya hati dan pikiran tidak sejiwa mungkin karena tak paham maknanya atau karena hal yang lain. Wallahu 'alam. Caranya bacalah perlahan dan hayati setiap maknanya agar menjadi wasilah sehingga dapat mendatangkan pertolongan Allah SWT.

Demikian uraian singkat materi Perhatikan dan Hayati Doa antara Dua Sujud. Semoga bermanfaat dan menjadikan doa diantara dua sujud ini mendapatkan perhatian khusus. Aamiin.

0 Response to "Perhatikan dan Hayati Doa antara Dua Sujud."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel