Tuntunan Do'a Rasulullah SAW. Agar Terhindar Serangan Ular Berbisa.

"Teror Ular Berbisa?" Inilah Do'a Agar Terhindar Darinya. 
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridho-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Do'a Rasulullah memohon perlindungan dari serangan ular berbisa.
Akhir-akhir ini sedang marak khabar dan sekaligus dapat terlihat dari tayangan televisi, berita di koran, atau medsos, tentang banyaknya ditemukan beberapa puluh ular, diantaranya di wilayah Depok, Bogor, Bekasi dan tempat lain. 
Sementara yang diketamukan itu sebagaian besar adalah ular berbisa yang apabila mematuknya dapat menjadi fatal bahkan yang lebih tragis dapat mengancam jiwa manusia alias meninggal dunia karenanya.     

Penulis lantas inget dengan apa yang diajarkan Rasulullah saw. tentang do'a memohon perlindungan kepada Allah SWT dari serangan ular berbisa dan hewan atau binatang buas yang membahayakan. Doa tersebut dapat kita temukan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Dawud,r.a. yaitu redaksi doanya seperti di bawah ini :  
Artinya : "Wahai bumi, Tuhanku adalah Allah, aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu dan  dan keburukan yang ada pada-Mu, dan keburukan apa yang diciptakan pada-Mu, dari keburukan apa yang merayap di atas-Mu. Dan aku berlindung kepada Allah dari singa dan susuatu yang hitam, dari ular dan kalajengking, dan dari penghuni negeri serta dari orang yang melahirkan serta apa yang dilahirkan".

Doa di atas memang agak panjang namun ketika kita telah hafal maka akan mudah diucapkannya. Dan doa ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dengan jalur dari Amru bin Utsman hingga Az Zubair bin Al-Walid dan Abdullah bin Amru. Doa serupa juga dapat ditemukan dalam hadits riwayat Ahmad. 

Terdapat pula doa yang sangat pendek, tetapi sangat mustajab yang pernah diajarka Rasulullah SAW.  Contoh seperti di bawah ini : 
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakannya"  
Diriwayatkan barangsiapa membaca doa di atas, pada sore hari sebanyak tiga kali, tidak berbahaya baginya sengatan (binatang berbisa) pada malam itu. (HR. Ahmad, An-Nasai). 
Adapun lafadz bacaan doa ini terdapat dalam ratib al-haddad karya Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad yang biasa dibaca dalam berbagai majelis-majelis ilmu. 

Selain kedua doa diatas ada satu doa yang diambil dari Al-Qur'an Surat Ash-Shaaffat Ayat 79.  Menurut para ulama mengatakan bahwa jika kita berada di tempat di mana ada ular, kalajengking, atau makhluk berbahaya lainnya kita harus membaca ayat berikut ini dan insyaa Allah, binatang atau hewan buas itu tidak akan membahayakan/mengganggu kita : 
"Salamun 'alaa Nuuhin fil 'aalamiin"
"Kesejahteraan dilimpahkan Atas Nuuh di seluruh alam". (QS Ash-Shaaffat : 79). 
Doa itu diucapkan karena Nabi Nuh telah mengambil perjanjian terhadap seluruh hewan untuk tidak merugikan/mengganggu siapapun. Perjanjian ini diucapkan Nabi Nuh AS, waktu berada di dalam bahtera Beliau, ketika terjadi banjir besar. 

Itulah dari ketiga contoh doa yang diajarkan Rasulullah saw. dalam mengusir atau memohon perlindunga Allah SWT, dari Ular berbisa dan hewan yang membahayakan. Dan ketika anda sedang mengusir ular atau hewan buas dari rumah, atau lingkungan anda, jangan henti-hentinya untuk membaca dari salah satu doa tersebut di atas. Insya Allah ancaman bahaya ular berbisa, dan hewan buas tidak akan mengancam anda sekeluarga. 
Kita semua hanya berlindung kepada Allah SWT dan meminta pertolngan-pun hanya kepada Allah SWT. 
"Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik penolong"  (QS, Ali Imran : 173)
"Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong" (QS, Al Anfaal : 40).

Demikian uraian singkat materi Tuntunan Do'a Rasulullah SAW Agar Terhindar Serangan Ular. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan kita semua terhindar dari berbagai marabahaya. Aamiin...
Wallahu 'alam Bishowwab. 

0 Response to " Tuntunan Do'a Rasulullah SAW. Agar Terhindar Serangan Ular Berbisa."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel