Rasa Syukur Yang Kuat, Berkait Erat Dengan Taqwa.

Rasa Syukur Yang Tak Putus.
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Bimbingan serta Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Syukur dan taqwa pasti akan saling berhubungan erat, antara yang satu dengan lainnya. 

Setiap umat Muslim sangat dianjurkan bahkan sampai diwajibkan untuk merasa bersyukur kepada Allah SWT., dari segala apa yang ia terima dalam hidupnya.  Rasa syukur ini akan muncul manakala seseorang dapat meningkatkan takwanya kepada Allah SWT (dalam arti yang sebenarnya)  yaitu dalam melaksnakan seluruh perintah-Nya dan sekaligus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meninggalkan semua larangan-Nya.    
Dalam Kitab Al-Munir, Imam Sahl bin Abdillah, menjelaskan bahwa orang yang bersyukur adalah mereka yang prilaku kesehariannya semakin mendekatkan kepada Allah. Baik itu dalam kondisi terang-terangan ataupu tertutup (rahasia).
Beliau berkata sebagai berikut :  
"Dan syukur kepada Allah itu dengan bersungguh-sungguh memusatkan perhatian diri untuk mentaati Allah.  Serta menjauhi dari maksiat, baik dikala rahasia mapun terang-terangan".  Makna secara luas adalah syukur harus dapat menggenapi setiap hati orang-orang shaleh.  Pelaku rasa syukur berarti pula, mereka tidak akan mau melangkahkan kakinya ketempat hal-hal yang dilarang agama. Sebaliknya, bagi orang yang enggan bersyukur akan selalu menjahui dari Allah dengan segala alasannya. 

Segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada hamba-Nya, dan mereka gunakan sebagai ladang kebaikan, maka akan menumbuhkan lautan syukur yang menyelimuti qalbu (hati). Dan siapa saja yang selalu merasa sukur bagian dari nikmat, akan mendapat tambahan nikmat yang ia telah miliki sebelumnya. Allah akan memperlakuan keistimewaan yang lebih, kepada orang yang selalu sabar dan istiqamah bersyukur.
Allah berfirman dalam (Al-Qur'an surat Ibrahim) sebagai berikut :
"dan (ingatlah juga) Tatkala Tuhanmu memaklumkan : "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS, Ibrahin : 7)

Rasa syukur yang kuat pasti berkait erat dengan taqwa, ini menunjukkan bahwa siapapun yang selalu meningkatkan taqwanya kepada Allah pasti akan merasakan syukur yang begitu kuat yang membuat kedamaian dalam hati. Disamping membuat ketenangan dalam hati nikmat yang telah Allah berikan akan ditambah lagi. Begitu agung dan Maha Pemurahnya Allah terhadap hambanya.

Demikian uraian singkat terkait rasa syukur yang kuat pasti berkait erat dengan taqwa. Semoga bermanfaat dan kita berusaha dan berdoa agar Allah memberikan petunjuk kemudahan untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT. Aamiin...
Wallahu'alam Bishawwab.

0 Response to "Rasa Syukur Yang Kuat, Berkait Erat Dengan Taqwa."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel