Hikmah Pelajaran Berharga Dari Nabi Sulaiman.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman. Bimbingan serta Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Nabi Sulaiman adalah seorang nabi yang dianugerahi kelebihan oleh Allah SWT. 

Manusia adalah makhluk Allah yang sangat mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya yang telah diciptakan-Nya di planet bumi ini. Dan manusia juga diberi keutamaan-keutamaan tertentu atas kebanyakan makhluk-Nya lain.  Dalam Al Qur'an, Allah berfirman:
"Dan sesungguhnya Kami telah memuliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di darat dan di laut (862), Kami beri mereka rikzi yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan  makhluk yang telah Kami ciptakan . " (QS, Al-Isra ': 70).
Ket. (862), Maksudnya bahwa Allah memudahkan anak-anak Adam untuk angkutan di darat dan di laut untuk mencari nafkah.
Dari kesaksian firman Allah di atas bahwa manusia telah diberikan kelebihan penuh dari makhluk-makhluk yang telah Dia ciptakan di bumi ini.

Dan dari sekian banyak orang yang kita kenal dalam sejarah para nabi, ada satu nabi yang memiliki keunggulan lebih, dari manusia secara umum yaitu Nabi Sulaiman, yang telah diberi kemampuan untuk berkomunikasi dengan burung, semut, angin, dan semua bangsa jin tunduk padanya. Serta diberi kerajaan besar yang tak tertandingi.

Ini adalah bagian dari doa Nabi Sulaiman, yaitu pengampunan dan kerajaan. Allah juga mengabulkan permintaannya sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur'an sebagai berikut:
ia berkata : "Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapu setelahku, sungguh Engkau Yang Maha Pemberi"  (QS, Shad (38) : 35).  
Dan doa Nabi Sulaiman AS, dikabulkan oleh Allah SWT, baik kerajaan maupun ampunan atas apa saja yang dia minta. 

Dalam kisah lain bahwa Nabi Sulaiman pernah berdialogh dengan bangsa jin, semua dikumpulkan untuk dimintai bantuanya, berkaitan dengan surat yang telah dikirimkan dalam rangka mengundang kedatangan ratu Ratu Balkis, untuk datang ke-kerajaan Nabi Sulaiman AS. dan sekaligus meminta agar Ratu Balkis mau menyembah Allah (Tuhan Yang Maha Esa). Dikarenakan Ratu Balkis beserta seluruh pengikutnya masih menyembah selaian Allah (musyrik). Singkat cerita, surat itu diterima oleh Ratu Balkis, dan disanggupi untuk datang, tetapi dengan syarat, bahwa Nabi Sulaiman diminta untuk dapat membuatkan istana kerajaan seperti yang ia miliki di negaranya, dengan waktu yang singkat yaitu, sebelum ia sampai pada kerajaan Nabi Sulaiman.  

Sulaiman mengumpulkan para jin untuk membantu terlaksananya syarat tersebut. Dari salah satu jin yang hadir ada yang menyanggupi dalam sekejap saja. Jin tersebut lalu mengangkat Istana Ratu Balkis yang ada di Syaba diletakan di bagian depan Istana kerajaan Nabi Sulaiman. Ketika Ratu Balkis sampai di kerajaan Nabi Sulaiman, dia tercengang, dan terheran-heran, karena istana yang terlihat pertama kali adalah persis dengan istanya yang ada di kota Syaba' tempat tinggalnya.  
Itulah dari sekian banyak kelebihan Nabi Sulaiman yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. 

Dari sekian banyak nikmat yang telah diberikan Allah kepada Nabi Sulaiman, nikmat yang terbesar menurut Beliau adalah nikmat Syukur. Itulah nikmat diatas nikmat yang sering kali luput dari perhatian kebanyakan manusia, bahkan yang sering adalah melupakannya. Namun Nabi Sulaiman menyadari bahwa nikmat itupun sebagai bentuk ujian bagi dirinya.
... dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang ingkar maka sesungguh Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia". (QS, An-Naml : 40). 
Nabi Sulaiman selalu berdoa memohon kepada Allah agar diberikan ilham untuk mengerjakan (amal shaleh) yang Allah ridhai. Serta bermunajat agar dirinya dimasukkan ke dalam golongan hamba Allah yang shaleh dengan Rahmat-Nya. (QS, An-Naml : 19)

Dari kisah Nabi Sulaiman AS. ini, banyak hikmah dan pelajaran berharga yang dapat kita ambil dan kita amalkan yaitu sebagai berikut :
  1. Kemuliaan dengan ragam nikmat hendaklah diyakini merupakan pemberian Allah SWT. 
  2. Pada saat saat manusia mencapai nikmat tertentu, hendaklah disadari bahwa itu sebagai ujian apakah ia bersyukur atau kufur.
  3. Energi doa dan ilmu sangat penting untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur. 
  4. Ekspresi terima kasih kepada orang lain yang telah menolong, merupakan sifat terpuji dan mulia. Seseorang tidak dikatakan bersyukur kepada Allah jika tidak berterima kasih kepada manusia. (HR. Abu Dawud).
  5. Menguatkan karekter diri kita, agar menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur. Menjaga dan meningkatkan kualitas iman dan amal shaleh dengan sungguh-sungguh. 
Demikian uraian singkat "Hikmah Dari Pelajaran Berharga Nabi Sulaiman. Semoga bermanfaat dan kita berdoa untuk dapat mengamalkan dengan sabar dan istiqamah. Aamiin.
Wallahu 'alam Bishawwab.

0 Response to "Hikmah Pelajaran Berharga Dari Nabi Sulaiman."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel