Tangan Atau Lutut Yang Turun Duluan, Saat Akan Sujud?.

Turun lutut dulu atau tangan ketika hendak sujud "Keduanya Benar"
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat). 
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Ketika kita berbicara tentang shalat masih sering terdengar perbincangan yang saling merasa membenarkan satu sama lain, terkait dengan contoh Rasulullah SAW ketika beliau hendak turun sujud setelah ruku'. Dari sebagian kelompok ada yang mengatakan bahwa yang benar adalah menurunkan lutut terlebih dahulu dan kemudian diringi dengan kedua tangannya. Sebagian kelompok yang lain, juga mengklaim bahwa yang benar adalah menurunkan kedua tangannya, lalu diiringi dengan lututnya.
Hal ini sebetulnya tidak akan terjadi saling klaim apabila dari kedua kolompok yang berbeda mengetahui ilmu yang terkait dengan sujud tersebut. Kena apa? karena memang dari keduanya Rasulullah pernah melakukannya. Baik yang beliau lakukan ketika sujud itu turun dengan lutunya dulu baru tangannya, atau sebaliknya yaitu tangannya dulu turun, lalu lututnya mengiringi. Kedua hal tersebut, memang Rasulullah saw pernah lakukan. Hanya bedanya ada dua nonor hadits dan ini ditemukan/ditulus pada kitab yang sama yaitu dengan judul "Sifat Shalat Nabi."

Pertama : Yang dilakukan Nabi saw turun sujud menggunakan lutut terlebih dulu itu terdapat dalam Hadits no. 838 (HR. Abu Daud).
"Aku pernah melihat Nabi saw. ketika sujud meletakkan kedua lutut beliau sebelum kedua tangannya. Dan saat bangkit beliau mengankat kedua tangannya sebelum kedua lututnya". (HR. Abu Daud no.838).  Dari Wa'il bin Hujur yang melihat Nabi Saw. ketika beliau hendak sujud yang turun terlebih dulu adalah lututnya baru kedua telapak tangannya, lalu diambilah pendapat itu oleh Ibnul Qayim al-Jauziah dan beliau menulis dalam kitabnya yang berjudul "Sifat Shalat Nabi". Dan beliau memilih untuk menulis hadits yang menggunakan lutut turun duluan, sebelum tangan. Ini terjadi pada awal-awal shalat Nabi saw.

Kedua : Yang dilakukan Nabi saw. turun sujud menggunakan kedua telapak tangan terlebih dahulu ini terdapat dalam Hadits no. 840 (Abu Daud dengan sanad yang shaheh) sebagai berikut :
"Apabila salah seorang dari kalian sujud, maka janganlah ia turun sujud sebagaimana menderum unta. Dan hendaklah ia meletakkan kedua tangannya sebelun kedua lututnya". (HR. Abu Daud no. 840).
Adapun yang meriwayatkan Nabi saw. sujud dengan menggunakan tangan sebelum lutut adalah Abu Hurairah. Di akhir masa kehidupan Nabi saw, beliau selalu shalat mendahulukan kedua telapak tangannya sebelun lutut. Karena hal ini terkait dengan usia yang sudah agak uzur/tua maka beliau lakukan dengan cara demikian.
Oleh karena itu setelah Abu Huraiah melihatnya, lalu diriwayatkan kepada kita, dirangkum oleh Abu Daud. Muncul Syekh Muhammad Nasruddin al- Albani mempopulerkan riwayat ini karena khawatir orang menggap bahwa turun hendak sujud hanya boleh pakai lutut saja.
Dipilih oleh Syekh Muhammad Nasruddin al-Albani diriwayat yang kedua.
Jadi apabila yang melakukan sujud dengan turun tangan terlebih dahulu sebelum lutut, berarti mengambil dasar dari Hadits Nabi saw. Abu Daud no. 840. Ini juga diambil dari satu kitab yang sama yaitu yang berjudul "Sifat Shalat Nabi" kedua-dua hadits tersebut diatas, ada pada kitab tersebut.
Jadi kedua-duanya benar dan boleh, baik yang menggunkan lutut duluan, ataupun yang menggunakan tangan duluan.
Yang salah adalah yang menggunakan kepala duluan. Maka tidak usah diributkan dan di-klaim antara yang satu dengan lainnya lebih benar.  Kalau dua-duanya ada sumbernya yang benar, dan datangnya dari Nabi saw, maka itu prinsipnya kemudahan. Coba kalau kita hanya memilih pakai tangan saja yang boleh,  karena pilihan cuma ada dua kalau nggak tangan ya pasti dengan lutut. Maka dalam perbedaan (ragam) boleh memilih tapi harus ada ikatannya, yaitu diikat dengan dalil. Muqayyadun bid Daliil bid Adillah. Kalau dalilnya ada, contohnya ada,  maka lakukanlah. 

Demikian uraian sujud "Tangan Atu Lutut Yang Turun Duluan, Saat Sujud". (Sifat Shalat Nabi) Semoga dengan penjelasan diatas, kita akan lebih yakin dalam pengamalan agama ini. Wallahu 'alam bishawwab.  

0 Response to "Tangan Atau Lutut Yang Turun Duluan, Saat Akan Sujud?. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel