Doa Tak Akan Diqabul Karena Hati Telah Mati.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Ibrahim bin Adam mengaitkan tentang doa seseorang yang tak kunjung diqabul atau terwujud hal itu disebabkan karena hati yang telah mati. Sebuah kisah yang disampaikan oleh ; Syaqiq Al-Balkhi "Ketika Ibrahim bin Adam sedang jalan-jalan ke suatu pasar di Bashrah, tiba-tiba datanglah orang banyak mendekati dan mengerumuni beliau. Lalu mereka bertanya kepada Ibrahim bin Adam : Apa maksud Allah memerintahkan; 
 Dan Tuhanmu Berfirman "Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu ......." (QS, Ghafar (40) : 60). 
Mereka rame-rame berkata kepada Ibrahim "Kami sebenarnya telah berdoa dengan khusu' kepada Allah, namun hingga kini belum dikabulkan". Ibrahim berkata "Karena kalian saat ini hatinya telah mati. Lalu bagaimana do'a kalian akan dikabulkan?"
Mereka bertanya kembali "Mengapa kami dikatakan mempunyai hati yang telah mati?. Ibrahim kembali menjawab ; "Ketahuilah ada 10 persoalan yang menyebabkan hati kalian mati. Kemudian dia menyebutkan sepuluh masalah tersebut : 
  1. Kalian mengakui bahwa Allah itu sebagai pencipta kalian, tetapi kalian selalu mengbaikan hak-hak-Nya. Allah berhak untuk ditaati perintahnya. Mengapa peraintah-Nya kadang-kadang kalian laksanakan dan kadang-kadang tidak dilaksanakan? 
  2. Kalian membaca kitab Allah (Al-Qur'an) tetapi tidak dengan memahami isi dan kandungan maknanya serta mengamalkan isinya.  Allah memerintahkan agar kamu dalam menyembah-Nya semata-mata kepada-Nya tanpa menyekutukannya. 
  3. Kalian mengaku musuh syetan, namun kalian sering mengikuti apa yang dilakukan syetan tersebut. Bahkah kalian senang mengikuti langkah-langkah syetan khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari di dunia ini, dan langkahnya sering kalian jadikan rujukan. 
  4. Kalian mengatakan mencintai Rasulullah saw. tetapi sunnahnya kalian tinggalkan. Rasulullah bersabda bahwa orang yang memelihara anak yatim dengan kasih sayang, adil dan bijaksana, Allah akan memasukkan kalian dalam surga-Nya. Namun tidak sedikit orang yang menelantarkan anak yatim bahkan tidak peduli apalagi memberikan masa depan yang cerah. 
  5. Kalian mengaku mendambakan syurga, tetapi kalian tidak mengerjakan hal-hal yang membawa kalian masuk di dalamnya. Misalnya mengerjakan shalat tepat waktu, khusu' mengeluarkan zakat, menjaga kemaluan, kecuali dengan istri. 
  6. Kalian ingin selamat dari api neraka, tetapi kalian tidak berusaha menghindari perbuatan dosa dan maksiat. Padahal Allah melarang perbuatan zalim, namun kenyataannya masih banyak orang yang terzolimi. 
  7. Kalian yakin bahwa kematian itu pasti akan datang menjemput, tetapi kalian tidak bersiap-siap menghadapinya. Padahal di akhirat kelak akan dibalas sesuai dengan amalnya masing-masing. Mengapa? karena masih banyak orang yang tidak sugguh-sungguh di masa hidupnya yang mengerjakan amalan shaleh.   
  8. Kalian sibuk mencari cela, kekurangan orang lain, dan kesalahan orang lain, sementara kalian abai terhadap cela, kekurangan dan kesalahan diri kalian sendiri. Padahal Allah melarang keras membuka aib orang lain. Mengapa ternyata masih banyak orang yang tidak menghiraukan larangan tersebut. 
  9. Kalian mendapat rezeki dari Allah, tetapi kalian lupa bersyukur kepada-Nya. Allah menitipkan harta yang banyak, tetapi mengapa masih banyak orang yang mengklaim kalau itu harta milik sendiri?. Dan mereka tidak mau berbagi dengan orang lain. 
  10. Kalian menguburkan jenazah, temanmu sendiri atau saudara kalian, tetapi tidak mengambil pelajaran darinya. Sementara Allah berfirman setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati :
"Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati"... (QS, Ali Imran (3) : 185) 
Mengapa masih banyak orang yang tidak dapat menerimanya?. Wallahu 'alam bishawwab. 

Demikian uraian singkat materi "Doa Tak Akan Diqabul Karena Hati Yang Telah Mati". Semoga bermanfaat dan menyadarkan kita semua dalam menapaki kehidupan di dunia ini. 

0 Response to "Doa Tak Akan Diqabul Karena Hati Telah Mati. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel