Ayat Bismillah Hanya Diturunkan Kepada Dua Nabi Saja.

Makna Bismillah Dalam Al-Qur'an
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (ketegori posting Aqidah).
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Menurut Ibnu Abbas, ayat yang pertama kali diturunkan dengan berbunyi "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan" (QS, Al-'Alaq (96) : 1). Bahwa pada hakekatnya perintah membaca yang disebutkan pada ayat tersebut, mengharuskan setiap pekerjaan dimulai dengan membaca bismillah. Dan bismillah adalah satu-satunya ayat yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan Nabi Sulaiman a.s. 

Alkisah ketika Nabi Sulaiman sedang mengumpulkan bala tentaranya dari golongan manusia, jin, hewan termasuk burung-burung. Nabi Sulaiman memeriksa burung-burung lalu berkata : "mengapa aku tidak melihat Hud-hud (salah satu jenis nama burung) apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sulaiman geram dan marah dan akan mengambil hukuman terhadap Hud-hud tersebut dengan menyatakan akan menyembelihnya. 
Belum selesai Nabi Sulaiman marah, tiba-tiba datanglah Hud-hud dan berkata kepada Sulaiman, "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya dan kubawa kepadamu dari negeri Saba' suatu berita penting yang diyakini. 

Kisah singkat di negeri Saba' tersebut terdapat seorang Ratu dan rakyatnya menyembah selain Allah. Dan mereka bersekutu dengan syaitan sehingga mereka tidak dapat petunjuk dan akhirnya mereka tetap tidak mau menyembah Allah. 
Mendengar cerita burung Hud-hud itu Nabi Sulaiman memastikan cerita kebenaran Hud-hud tersebut. Dan Sulaiman menitahkan kepada Hud-hud untuk membawa surat agar dijatuhkan kepada mereka (kerajaan Ratu Balqis). Dan Sulaiman memerintahkan agar memperhatikan apa yang mereka bicarakan. 
Ratu Balqis berkata kepada bala tentara yang dianggap penting "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia". 
Apa isi surat dari Sulaiman itu, : "Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang" (QS, An-Naml (27) : 30.  
Nah dari kisah di atas belum pernah ada wahyu Allah yang diberikan dengan menyebut bismillah kepada seluruh Nabi, dari Adam hingga Nabi terakhir kecuali kepada dua orang nabi saja yaitu Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad saw.  
Diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Buraidah, Rasulullah bersabda : "Telah diturunkan kepadaku satu ayat yang tidak pernah diturunkan kepada seorang nabi-pun selain Nabi Sulaiman dan aku, Bismillahir rahmaanir rahiim" 

Berkait dengan Basmallah Usman bin Afan pernah bertanya kepada Nabi saw. maka Beliau menjawab : "Sesungguhnya ia adalah salah satu dari nama-nama Allah yang agung, begitu dekatnya basmalah dengan nama Allah, seperti dekatnya biji mata yang hitam dengan biji mata yang putih". 
Menurut keterangan para ahli tafsir, sedikitnya ada empat makna/arti yang terkandung dalam Basmallah :
Pertama : Rahasia penting mengapa basmalah didahulukan bagi semua pekerjaan, ini erat kaitannya dengan prinsip "la ilaha illa Allah" yakni dengan menjadikan Allah sebagai sebab utama dalam semua tindakan. 

Kedua : Allah adalah Zat yang wajib ada, satu-satunya yang memiliki hak segenap pujian dan nama termulia yang pernah ada. Tatkala seorang muslim menyebut nama Allah dalam Basmalah, berarti dia telah mendeklarasikan nama teragung di semesta alam. 

Ketiga : Kata bi kalau dikaitkan dengan "kekuasaan dan pertolongan" maka siapapun yang mengucapkan menyadari bahwa segala pekerjaan yang dilakukan dapat terlaksana atas kekuasaan Allah. Ia memohon bantuan-Nya agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna. 

Keempat :  Ada dua sifat kesempurnaan yang diletakkan dalam kalimat basmallah "ar-Rahman dan ar-Rahim. ar-Rahman adalah curahan rahmat-Nya secara aktual yang diberikan kepada seluruh makhluk-Nya. Sedangkan ar-Rahim adalah curahan rahmat-Nya di akhirat kepada mereka yang beriman. 

Secara aqidah mengucapkan basmallah adalah merupakan bentuk permohonan dan penghambaan. Hingga akan tertanam dalam perasaan diri kita rasa lemah di hadapan Allah SWT.  Tetapi pada saat yang sama tertanam pula kekuatan, percaya diri, dan optimis karena merasa bantuan/perlindungan serta kekuatan dari Allah. 
Dan bilamana pekerjaan dilakukan atas bantuan Allah, niscaya hasilnya sempurna, indah dan benar karena sifat-sifat Allah "berbekas" pada pekerjaan tersebut. 
Wallahu 'alam bishawwab. 
Demikian uraian singkat materi "Ayat Bismillah Hanya Diturunkan Kepada Dua Nabi Saja". Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita, dalam pengamalan agama Islam yang mulia ini.

0 Response to "Ayat Bismillah Hanya Diturunkan Kepada Dua Nabi Saja. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel