Beruntunglah Bagi Mereka Yang Selalu Dipedulikan Malaikat.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah) 
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Beruntunglah bagi mereka yang selalu dipedulikan Malaikat, sebab dengan dinaunginya mereka pasti dalam menapaki kehidupan di dunia ini akan selalu terbimbing untuk selalu menjaga hal-hal yang terbaik. Karena orang yang selalu mendapatkan kepedulian malaikat adalah mereka termasuk orang yang selalu bertawadhu', taat atas segala yang dikehendaki oleh sang Maha Pencipta (Allah SWT). Baik itu yang berupa perintah maupun larangan, sekalipun yang dilaranganya adalah suatu hobi yang mungkin sulit untuk ditinggalkan. Namun dikarena atas ketaannya mereka rela dan ikhlas melepas apa yang menjadi kesukaannya itu. 
Inilah do'a para malaikat yang ditujukan kepada mereka yang beriman, taat, dan selalu  bertaubat :
"(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan  malaikat yang berada di sekitarnya selalu bertasbih memuji Tuhanya dan mereka beriman kepadan-Nya serta memintakan ampunan bagi orang-orang yang beriman kepada-Nya seraya memintakan ampun bagi bagi orang-orng yang beriman (seraya mengucapkan)  : "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksa neraka yang bernyala-nyala.".  (QS (40) Al-Mu'min : 7)

Itulah mereka yang selalu beruntun terus menerus disebabkan mereka selalu mendapatkan curahan doa yang dimohon Malaikat kepada Allah, agar senantiasa dirahmati dan dijauhkan/terlepas dari neraka jahim. 

Tentu bagi mereka adalah orang-orang selalu beriman dan bertobat dan juga senantiasa mengikuti jalan Tuhan-Nya. Bagi mereka, para malaikat tidak akan putus-putusnya memintakan ampunan-Nya dan rahmatnya. Lebih dari itu bahwa malaikat Allah, juga memintakan ridha-Nya untuk memasukkan orang-orang yang beriman ini, ke dalam surga 'Adn dan sekaligus memelihara mereka dari siksaan neraka. Tidak seperti orang yang selalu melakukan kemaksiatan dan kejahatan ketika hidup di dunia yang fana ini. Dan orang yang model demikian pasti akan jauh dari kepedulian/perhatian malaikat  
Diantara doa malaikat yang telah tercantum di dalam Al-Qur'an, untuk diperuntukan kepada orang -orang yang beriman dan selalu bertaubat sebagai berikut: 
"Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh diantara bapak-bapak mereka dan istri-istri mereka, dan keuturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." QS, (40) Al-Mu'min : 8).  
Dan di ayat selanjutnya para Malaikat berdoa "Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar". (QS (30) Al-Mu'min : 9). 
Disamping itu para malaikat juga, selalu memohonkan ampunan dari rahmat Allah bagi orang-orang yang belum beranjak dari tempat shalatnya. 
Rasulullah bersabda : "Dan malaikat bershalawat (memohonkan) orang yang masih berada di tempat shalatnya. Malaikatpun berkata : "Wahai Allah berikanlah rahmat padanya. Wahai Allah terimalah taubatnya. Sepanjang mereka atau orang itu tidak mengganggu orang lain dan sepanjang belum batal wudhunya". (HR. Bukhari dan Muslim). 

Perlu menjadi perhatian serius oleh kita bila ingin selalu dipedulikan para Malaikat, maka duduklah (bakda shalat berjamah) untuk melakukan dzikir dan memohon ampunan serta rahmat-Nya. Apalagi bila orang tersebut membaca al-Qur'an serta memahami maknanya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dosanya akan diampuni tanpa berusaha dengan capek.  Ibnu Bathal berkata : "Barang siapa yang ingin dosanya diampuni tanpa capek, hendaknya mempergunakan kesempatan berada di tempat (duduknya ba'da shalat) untuk mendapatkan doa dan istighfar dari kumpulan malaikat. Karena dalam kondisi seperti itu peluang do'a orang-orang yang demikian, sangat besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Malaikat juga senantiasa memintakan ampunan Allah bagi orang-orang yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit. Rasulullah SAW. bersabda : " Tidaklah seseorang menjenguk orang sakit pada sore (malam) hari kecuali 70 ribu malaikat keluar beristighfar baginya sampai pada pagi hari,  dan berada di taman surga.  Dan barangsiapa yang menjenguk pada pagi hari 70 ribu malaikat akan keluar beristigfar untuknya sampai sore (malam) hari, dan dia berada di taman surga." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). Maka betapa beruntungnya bagi orang yang selalu mendapat kepedulian Malaikat. 

Untuk itu marilah kita berusaha untuk menjadi golongan orang-orang yang selalu mendapat perhatian malaikat dengan cara mematuhi apa yang diperintahkan dan tentu berusaha untuk menjauhi yang menjadi larangn-Nya. Aamiin.   

Demikian uraian materi beruntunglah bagi mereka yang selau dipedulikan Malaikat. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

0 Response to "Beruntunglah Bagi Mereka Yang Selalu Dipedulikan Malaikat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel