Shalat Yang Khusu' Dapat Menyelesaikan Berbagai Permasalahan Hidup.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Shalat yang khusu' merupakan amalan yang sangat berat kecuali bagi oramg-orang yang beriman dan penuh dengan sabar. Shalat yang dikerjakan dengan penuh kesabaran dan khusu' adalah bagian dari solusi untuk menyelesaikan segala urusan di dunia ini hingga kelak di akhirat. Karena jiwa yang penuh dengan kesabaran, maka Allah akan selalu besertanya. 

Setiap saat manusia akan selalu diuji dengan berbagai masalah dalam hidupnya. Selesai masalah yang satu, dihapannya sudah menunggu masalah yang berikutnya.  Banyak orang yang menjadi bingung, stress, depresi, dan kadang tidak menemukan jalan penyelesainnya sehingga mereka menjadi putus asa sehingga melangkah kepada jalan yang sesat, bahkan hingga melakukan bunuh diri. Na'udubillah...  

Padahal ada solusi yang sangat tepat dan akurat yaitu dengan mengerjakan shalat yang khusu' niscaya semua permasalah hidup akan terselesaikan. Namun banyak orang yang tidak mengetahui dan bahkan banyak yang meninggalkan shalat tersebut. Shalat adalah alat komunikasi yang sejatinya sebagai sarana umat Islam untuk berdialog mengadukan dan menyampaikan segala keluhan, persoalan dari segala persoalan hidup yang dihadapinya. Banyak orang yang dilanda masalah persoalan hidup, namun sebagian mereka berusaha menyelesaikan sendiri menggunakan akal mereka yang sangat terbatas. 

Ada sebuah kisah ketika Syeikh Ibnu Sina mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah teori dari ilmu pengetahuan, beliau melakukan shalat sunnah dua raka'at. Dalam rangkaian sholatnya ia memohon kepada Allah, agar diberikan kemudahan untuk memahami teori ilmu pengetahuan tersebut.  Ternyata setelah selesai melakukan shalat sunnah tersebut, Ibnu Sina mengalami kebeningan hati, kejernihan berpikir, dan kemudahan untuk memahami teori ilmu pengetahuan yang sebelumnya terasa sulit. 

Karena shalat adalah merupakan sistem proteksi dalam kehidupan seseorang. Jika shalatnya baik maka kehidupan dunia dan akhiratnya pun akan baik. Begitu pula sebaliknya, jika kita dalam mengerjakan shalat amburadul, sering bolong-bolong dan banyak yang tertinggal maka kehidupan dunianya-pun akan terimbas sebagaimana yang ia lakukan.  

Pengalaman Ibnu Sina memperoleh kemudahan memahami sebuah teori setelah melaksanakan shalat sunnah, mengindikasikan bahwa shalat tidak hanya bernilai ibadah saja.  Tetapi shalat juga dapat menjadi terapi bagi orang-orang yang mengalami berbagai kesulitan dalam hidup. Allah SWT berfirman sebagai berikut : 
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (QS (2) Al-Baqarah : 45).  
Ternyata memang betul bahwa shalat itu adalah penolong yang paling akurat dan tepat. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian oleh para cendikiawan/ilmuwan yang mempelajari tentang perilaku manusia terkait dengan ketentraman, kebahagiaan, dan rezeki yang barokah. Banyak orang dalam hidupnya penuh dengan berbagai persoalan hidup, mulai dari ekonomi, jodoh, usaha, hutang, rumah tangga dan lain sebagainya. Ternyata setelah diteliti orang yang seperti kriteria diatas, dalam mengerjakan shalatnya memang masih amburadul tidak konsisten atau istiqamah. Maka bagaimana mungkin berbagai masalah akan mendapat pertolongan dari Allah, karena ia sendiri tidak pernah usaha dengan sungguh-sungguh dalam mengerjakan shalatnya.  Sebaliknya orang yang menjaga shalatnya dengan istiqamah dengan baik dan khusu', insya Allah hidupnya tenang, tenteram dan nyaman, walaupun yang ia dapatkan tidak besar namun selalu mendapat berkah dari Allah SWT. Hal ini lebih baik daripada orang yang bergelimangan harta namun hidupnya tidak pernah merasa cukup bahkan selalu gelisah sepanjang masa. 

Kembali kepada kata kunci shalat adalah sebagai penolongmu, maka seseorang yang merasa kesulitan rezeki dapat melaksanakan shalat dhuha dengan rutin dan berserah diri penuh keikhlasan agar Allah memberikan rezeki dengan mudah dan barokah.  Rasulullah saw. bersabda : "Wahai kalian anak Adam, janganlah engkau bermalas-malas untuk shalat Dhuha empat raka'at. Sebab dengan mengerjakan shalat Dhuha, Allah akan mencukupkan keperluanmu pada sore harinya". (HR.  Hakim dan Thabrani).   
Sedangkan bagi orang yang sedang terjebak kebingunan, yang berada diantara dua pilihan yang sulit, Nabi saw. menganjurkan untuk shalat Istikharah untuk menentukan pilihan yang benar. Sebagaima yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw, : "Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam satu urusan maka lakukanlah shalat dalam dua raka'at yang bukan shalat wajib, kemudian berdo'alah". (HR. Al-Bukhari).  Ada juga pertolongan yang didapat dari shalat yaitu bagi seseorang yang berkeinginan terhadap sesuatu, tetapi belum juga terwujud dapat melaksanakan shalat Hajat. Hal ini juga disabdakan Rasulullah saw, :"Barang siapa yang mempunyai kebutuhan kepada Allah, atau salah seorang dari anak cucu Adam, maka wudhulah dengan benar dan sebaik-baik wudhu, kemudian shalat dua raka'at yaitu untuk melaksanakan shalat Hajat". (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). 
Dengan judul diatas bahwa shalat yang khusu' dapat menyelesaikan berbagai masalah hidup, apa alasan logisnya? sebab dalam bacaan shalat, mengandung doa dari semua yang dibutuhkan manusia. Mulai dari kepentingan dunia hingga sampai akhiratnya. Itulah sebabnya dengan shalat seseorang dapat terjamin kehidupan dunianya hingga akhirat. 

Demikian uraian singkat materi hari ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan khazanah keislaman kita. Aaminn.

Baca juga yang ini : 

0 Response to "Shalat Yang Khusu' Dapat Menyelesaikan Berbagai Permasalahan Hidup."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel