Firman Allah Dalam Al-Qur'an Tentang Orang Yang Mengantuk.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Rahmat serta bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Mengantuk adalah suatu kejadian yang alami dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Namun terkadang hal tersebut sering menjadi bahan tertawaan, bahkan sampai mengolok-olok terhadap pelaku yang mengantuk tersebut. Misalnya dalam salah satu majelis khutbah jum'at, dalam pertemuan-pertemuan umum dalam pembicaraan kemaslahatan RT, bahkan Desa, dan dalam majelis pengajian yang disampaikan secara monoton oleh seorang Kyai atau Ustad, dan bahkan dalam pertemuan umum oleh seorang mentor yang memberikan materi daripada program yang dibahas. 
Sebaiknya kita tidak boleh menertawakan bahkan menjadi bahan jandaan apalagi olok-olokkan. Karena mengantuk bagi seseorang adalah nikmat atau rahmat yang diberikan oleh Allah SWT, kepadanya. Karena mengantuk atau yang identik dengan tidur, walaupun kata mengantuk itu tentunya berbeda dengan tidur namun dua jenis kata itu, dapat dikatagorikan serupa maknanya . Karena mengantuk juga memejamkan mata, tidurpun memjamkan mata. Hanya posisi fisik seseorang yang membedakan mengantuk dan tidur. Kalau mengantuk biasanya tertidur dalam keadaan duduk, menyender kepada tiang bangunan, dinding, bahkan ketika kita sedang bekerja di kantor misalnya, kepala ditopangkan di atas meja kerja. Sedangkan tidur, badan / fisik kita dalam posisi rebah di atas kasur, atau alas yang lazim digunakan, dll. 

Lalu apa yang menjadi menarik, sehingga penulis membuat judul artikel ini dengan kalimat Firman Allah dalam Al-Qur'an tentang orang yang mengantuk. Karena setelah penulis membaca terkait dua hal, yaitu mengantuk dan tidur, ternyata Al-Qur'an  banyak memberitahukan kepada kita terkait dengan keduanya (mengantuk dan Tidur) yang memberikan manfaat yang luar biasa dalam menopang kehidupan sehari-hari. 
Firman Allah terkait dengan mengantuk, ini dapat kita baca dalam Al-Qur'an di bawah ini :
"(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentraman daripada-Nya" ........  (QS, (8) An Anfaal : 11).
Ayat diatas menjelaskan bahwa orang yang mengantuk itu adalah orang yang mendapatkan ketenteraman hatinya yang telah diberikan/dianugerahkan oleh Allah SWT.
Maka haruslah bersyukur ketika kita masih diberikan ngantuk oleh Allah SWT. Dan tentunya ketika kita melihat orang lain sedang mengantuk janganlah diganggu dan ditertawakan, apalagi dilok-olok.

Dalam firman yang lain Allah juga menerangkan yang terkait mengantuk dan tidur yang sungguh menjadi manfaat yang dibutuhkan setiap manusia. Inilah beberapa Firman Allah terkait dengan tidur :   
"Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar" (QS, (10) Yunus :67). 
*beristirahat dapat juga dimaknai "tidur" karena pernyataan ayat adalah malam. 

"Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untukmu istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha". (QS,(25) Al-Furqaan : 47). 

"Dan karena rahmat-Nya Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya" (QS, (28) Al-Qashash : 73).
"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat" (QS, (78) An-Nabaa' : 9)

Dari ayat-ayat tersebut di atas, jelas bahwa Allah swt, telah befirman dengan hal yang terkait tidur atau mengantuk, yang memang diperuntukkan kepada manusia sebagai rahmat berupa penentraman hati, mengantuk, istrirahat, maupun tidur. 
Tak terbayang apabila manusia tidak diberi ngantuk dan tidur maka akan hancurlah fisik manusia itu sendiri termasuk mental sekalipun. 
Maka dengan demikian marilah kita selalu bersyukur ketika Allah SWT masih memberikan kita mengantuk dan tidur. Alhamdulillah, Subhanallah yang tiada sekutu bagi-Nya. 

Demikian materi singkat ini dalam judul Firman Allah dalam Al-Qur'an tentang orang yang mengantuk. Semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita dalam berbagai hal yang menyangkut mua'malah sesama manusia.

Baca juga yang ini :  

0 Response to "Firman Allah Dalam Al-Qur'an Tentang Orang Yang Mengantuk."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel