Khutbah Jum'at : Fungsi Akal Manusia.


Khutbah ke-I
Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah.
Untuk mengawali khutbah, tiada kata yang paling indah dan toyyibah kecuali ungkapan Syukur Alhamdulullahi robbil 'alamin. Bahwa pada hari yang mulia ini, kita semua masih diberikan nikmat yang begitu banyak sehingga tak akan mungkin dapat menghitungya. Nikmat Islam, nikmat panjang umur, dan nikmat sehat fal afiat, sehingga kita dapat melaksanakan shalat Jum'ah berjamah di masjid yang mulia ini.
Shalawat serta salam semoga selalu tercurah ke haribaan Nabi besar Muhammad saw. keluarga, dan para Sahabat, Tabi'in, Tabiut-Tabi'in serta kepada kita yang hingga saat ini masih istiqomah menjalani risalahnya semogo mendapat safa'at di yaumul akhir kelak. 

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna diantara semua makhluk yang Dia ciptakan. Dan kesempurnaan yang ada pada diri manusia adalah bahwa manusia diberi akal agar dapat mengetahui seseuatu. Dengan mengetehui sesuatu manusia diharapkan dapat melaksanakan tugas-tugas Allah dengan baik dan benar, sehingga pada akhirnya manusia dapat meraih kesuksesan dan mempertahankan kesempurnaanya sesuai fitrah manusia itu sendiri. 
Dengan akal pula, manusia diharapkan untuk dapat membedakan antara yang baik dan buruk, yang benar dan salah, bahkan dengan akal manusia dapat mengkaji dan meneliti sebab akibat dari peristiwa pada alam semesta ini.

Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah.
Mengingat fungsi akal sangat penting bagi manusia maka manusia harus dapat memelihara dengan baik dan dapat mencegah untuk tidak merusaknya. Minimal ada 2 (dua) cara untuk memelihara akal sehingga akal dapat berkembang dengan baik, diantaranya adalah :
1. Dengan menuntut Ilmu Pengetahuan. 
Akal dapat diibaratkan sebagai pisau yang tumpul, terutama apabila akal itu tidak pernah diasah dan digunakan untuk memotong. Sebaliknya akal dapat diibaratkan pula sebagai pisau yang tajam apabila selalu diasah dan digunakan untuk memotong. Maka bagaimana cara mengasah akal, manusia harus belajar. Hal ini sesuai dengan syair Arab yang menyatakan :
"Belajarlah kamu, karena tak ada seorangpun yang lahir dalam keadaan pandai, tanpa punya ilmu pastilah ia menjadi orang bodoh"
Sedangkan orang yang bodoh itu sangat dicela oleh Allah, sesuai dengan firman-Nya :  
"Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah orang-orang yang tuli dan bisu (tidak mau mendengar, mengatakan, memahami kebenaran) yang tidak mengerti apapun." (QS An-Anfaal : 22)  
Mengingat ilmu pengetahuan sangat menopang bagi kehidupan manusia, maka bagi kaum muslimin danmuslimat diwajibkan untuk menuntut ilmu. Rasulullah saw. bersabda :
"Menuntut ilmu itu wajib bagi orang mukmin laki-laki dan orang mukmin perempuan" (HR. Baihaqi dan Ibnu Adi).

2. Mengadakan Penyelidikan Atau Meneliti Terhadap Alam Semesta.
Alam semesta adalah bagian dari ciptaan Allah yang harus diselidiki dan dikelola oleh manusia agar manusia mengetahui rahasia apa yang ada dibalik semua yang diciptakan Allah SWT. Dengan penyelidikan hingga mengolahnya, ini dimaksudkan agar iman manusia bertambah kuat kepada Rabbnya. Untuk itu Allah telah memberikan alat yang sangat penting bagi manusia, yaitu akal. Selanjutnya dengan akal yang telah diberikan, akankah manusia mematuhi perintah Allah untuk menyelidiki segala sesuatu?. Hal inilah yang ditanyakan Allah dalam firman-Nya : 
"Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia ciptakan? dan langit bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaiman ia tegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (QS Al Ghasyiyah  : 17-20)

Hadirin Sidang Juh'ah Rahimakumullah. 
Dari penjelasan tadi dapat diambil pelajaran bahwa akal mempunyai fungsi dan peranan penting bagi manusia. Oleh sebab itu Allah melarang kepada manusia, melakukan hal-hal yang dapat merusak akal itu, misalnya dengan meminun khomr, menghisap ganja, atau morfin, menelan pil ektasi, pil koplo, dan lain sebaginya yang dapat memabukkan dan pada akhirnya akan merusak akal. 

Demikian khutbah yang singkat ini dengan judul fungsi akal manusia. Semoga bermanfaat.
ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‰ ูˆู„ูƒู… ูู‰ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ุนุธูŠู… ูˆู†ูุนู†ู‰ ูˆุงูŠุงูƒู… ุจู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุงูŠุงุช ูˆุงู„ุฐูƒุฑ ุงู„ุญูƒูŠู… ูˆุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‰ ูˆู…ู†ูƒู… ุชู„ุงูˆุชู‡ ุงู†ู‡ ู‡ูˆ ุงู„ุณู…ูŠุน ุงู„ุนู„ูŠู…
Khutbah ke-II
ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ, ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุญَู…ْุฏًุง ูƒَุซِูŠْุฑًุง ูƒَู…َุง ุฃَู…َุฑَ. ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„ุงَ ุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ู…ُุญَู…ِّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุฃَุตْุญَุงุจِู‡ِ ูˆَู…َู†ْ ุชَุจِุนَู‡ُู…ْ ุจِุฅِุญْุณَุงู†ٍ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ، ุฃَู…َّุง ุจَุนْุฏُ؛ ุนِุจَุงุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ، ุฃُูˆْุตِูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฅِูŠَّุงูŠَ ุจِุชَู‚ْูˆَู‰ ุงู„ู„ู‡ِ، ูَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„ู‡َ ุญَู‚َّ ุชُู‚َุงุชِู‡ِ ูˆَู„ุงَ ุชَู…ُูˆْุชُู†َّ ุฅِู„ุงَّ ูˆَุฃَู†ุชُู…ْ ู…ُّุณْู„ِู…ُูˆْู†َ
Untuk khutbah kedua marilah kita berdoa bersama, semoga Allah akan senantiasa menjaga dan membimbing memudahkan kita, dalam memuntut ilmu dan dapat mengamalkannya. Aamiin.....
ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ูˆَู…َู„ุงَุฆِูƒَุชَู‡ُ ูŠُุตَู„ُّูˆْู†َ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุขู…َู†ُูˆْุง ุตَู„ُّูˆْุง ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„ِّู…ُูˆْุง ุชَุณْู„ِูŠْู…ًุง.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ، ูƒَู…َุง ุตَู„َّูŠْุชَ ุนَู„َู‰ ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠْู…َ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠْู…َ، ูˆَุจَุงุฑِูƒْ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ، ูƒَู…َุง ุจَุงุฑَูƒْุชَ ุนَู„َู‰ ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠْู…َ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠْู…َ، ูِูŠ ุงู„ุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ ุฅِู†َّูƒَ ุญَู…ِูŠْุฏٌ ู…َุฌِูŠْุฏٌ، ูˆَุงุฑْุถَ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุนَู†ْ ุฎُู„َูَุงุฆِู‡ِ ุงู„ุฑَّุงุดِุฏِูŠْู†َ، ูˆَุนَู†ْ ุฃَุฒْูˆَุงุฌِู‡ِ ุฃُู…َّู‡َุงุชِ ุงู„ู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ، ูˆَุนَู†ْ ุณَุงุฆِุฑِ ุงู„ุตَّุญَุงุจَุฉِ ุฃَุฌْู…َุนِูŠْู†َ، ูˆَุนَู†ْ ุงู„ู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ู…ُุคْู…ِู†َุงุชِ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ، ูˆَุนَู†َّุง ู…َุนَู‡ُู…ْ ุจِุฑَุญْู…َุชِูƒَ ูŠَุง ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†َ.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงุบْูِุฑْ ู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุคْู…ِู†َุงุชِ، ูˆَุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุณْู„ِู…َุงุชِ، ุงู„ุฃَุญْูŠَุงุกِ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ ูˆَุงู„ุฃَู…ْูˆَุงุชِ، ุฅِู†َّูƒَ ุณَู…ِูŠْุนٌ ู‚َุฑِูŠْุจٌ ู…ُุฌِูŠْุจُ ุงู„ุฏُّุนَุงุกِ.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงุฌْุนَู„ْ ุฌَู…ْุนَู†َุง ู‡َุฐَุง ุฌَู…ْุนุงً ู…َุฑْุญُูˆْู…ุงً، ูˆَุงุฌْุนَู„ْ ุชَูَุฑُّู‚َู†َุง ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِู‡ِ ุชَูَุฑُّู‚ุงً ู…َุนْุตُูˆْู…ุงً، ูˆَู„ุง ุชَุฏَุนْ ูِูŠْู†َุง ูˆَู„ุง ู…َุนَู†َุง ุดَู‚ِูŠًّุง ูˆَู„ุง ู…َุญْุฑُูˆْู…ุงً.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّุง ู†َุณْุฃَู„ُูƒَ ุงู„ْู‡ُุฏَู‰ ูˆَุงู„ุชُّู‚َู‰ ูˆَุงู„ุนَูَุงูَ ูˆَุงู„ุบِู†َู‰.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّุง ู†َุณْุฃَู„ُูƒَ ุฃَู†ْ ุชَุฑْุฒُู‚َ ูƒُู„ุงًّ ู…ِู†َّุง ู„ِุณَุงู†ุงً ุตَุงุฏِู‚ุงً ุฐَุงูƒِุฑุงً، ูˆَู‚َู„ْุจุงً ุฎَุงุดِุนุงً ู…ُู†ِูŠْุจุงً، ูˆَุนَู…َู„ุงً ุตَุงู„ِุญุงً ุฒَุงูƒِูŠุงً، ูˆَุนِู„ْู…ุงً ู†َุงูِุนุงً ุฑَุงูِุนุงً، ูˆَุฅِูŠْู…َุงู†ุงً ุฑَุงุณِุฎุงً ุซَุงุจِุชุงً، ูˆَูŠَู‚ِูŠْู†ุงً ุตَุงุฏِู‚ุงً ุฎَุงู„ِุตุงً، ูˆَุฑِุฒْู‚ุงً ุญَู„ุงَู„ุงً ุทَูŠِّุจุงً ูˆَุงุณِุนุงً، ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْุฌَู„ุงَู„ِ ูˆَุงู„ุฅِูƒْุฑَุงู…ِ.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَุนِุฒَّ ุงู„ุฅِุณْู„ุงَู…َ ูˆَุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ، ูˆَูˆَุญِّุฏِ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตُูُูˆْูَู‡ُู…ْ، ูˆَุฃَุฌู…ุน ูƒู„ู…ุชู‡ู… ุนَู„َู‰ ุงู„ุญู‚، ูˆَุงูƒْุณِุฑْ ุดَูˆْูƒَุฉَ ุงู„ุธุงู„ู…ูŠู†، ูˆَุงูƒْุชُุจِ ุงู„ุณَّู„ุงَู…َ ูˆَุงู„ุฃَู…ْู†َ ู„ِุนَุจุงุฏูƒ ุฃุฌู…ุนูŠู†.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฑَุจَّู†َุง ุงุณْู‚ِู†َุง ู…ِู†ْ ูَูŠْุถِูƒَ ุงู„ْู…ِุฏْุฑَุงุฑِ، ูˆَุงุฌْุนَู„ْู†َุง ู…ِู†َ ุงู„ุฐَّุงูƒِุฑِูŠْู†َ ู„َูƒَ ููŠ ุงู„ู„َูŠْู„ِ ูˆَุงู„ู†َّู‡َุงุฑِ، ุงู„ْู…ُุณْุชَุบْูِุฑِูŠْู†َ ู„َูƒَ ุจِุงู„ْุนَุดِูŠِّ ูˆَุงู„ุฃَุณْุญَุงุฑِ.
ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَู†ْุฒِู„ْ ุนَู„َูŠْู†َุง ู…ِู†ْ ุจَุฑَูƒَุงุชِ ุงู„ุณَّู…َุงุก ูˆَุฃَุฎْุฑِุฌْ ู„َู†َุง ู…ِู†ْ ุฎَูŠْุฑَุงุชِ ุงู„ุฃَุฑْุถِ، ูˆَุจَุงุฑِูƒْ ู„َู†َุง ููŠ ุซِู…َุงุฑِู†َุง ูˆَุฒُุฑُูˆْุนِู†َุง ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْุฌَู„ุงَู„ِ ูˆَุงู„ุฅِูƒْุฑَุงู…ِ.
ุฑَุจَّู†َุง ุขุชِู†َุง ููŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุญَุณَู†َุฉً ูˆَููŠ ุงู„ุขุฎِุฑَุฉِ ุญَุณَู†َุฉً ูˆَู‚ِู†َุง ุนَุฐَุงุจَ ุงู„ู†َّุงุฑِ.
ุฑَุจَّู†َุง ู„ุง ุชُุฒِุบْ ู‚ُู„ُูˆْุจَู†َุง ุจَุนْุฏَ ุฅِุฐْ ู‡َุฏَูŠْุชَู†َุง، ูˆَู‡َุจْ ู„َู†َุง ู…ِู†ْ ู„َุฏُู†ْูƒَ ุฑَุญْู…َุฉً، ุฅِู†َّูƒَ ุฃَู†ْุชَ ุงู„ูˆَู‡َّุงุจُ.
ุฑَุจَّู†َุง ุธَู„َู…ْู†َุง ุฃَู†ْูُุณَู†َุง ูˆَุฅِู†ْ ู„َู…ْ ุชَุบْูِุฑْ ู„َู†َุง ูˆَุชَุฑْุญَู…ْู†َุง ู„َู†َูƒُูˆْู†َู†َّ ู…ِู†َ ุงู„ุฎَุงุณِุฑِูŠْู†َ.
ุนِุจَุงุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ :

 ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ูŠَุฃْู…ُุฑُ ุจِุงู„ْุนَุฏْู„ِ ูˆَุงู„ุฅِุญْุณَุงู†ِ ูˆَุฅِูŠْุชَุงุกِ ุฐِูŠ ุงู„ู‚ُุฑْุจَู‰ ูˆَูŠَู†ْู‡َู‰ ุนَู†ِ ุงู„ْูَุญْุดَุงุกِ ูˆَุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ ูˆَุงู„ْุจَุบْูŠِ ูŠَุนِุธُูƒُู…ْ 
ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุฐَูƒَّุฑُูˆْู†َ.        
.........Aqimushollah

0 Response to "Khutbah Jum'at : Fungsi Akal Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel