Bacaan Do'a Bepergian Atau Safar Dengan Kendaraan Darat, Kapal Laut, Dan Pesawat Terbang.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori Posting, Do'a)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Bacaan Do'a bepergian atau safar adalah doa yang dipanjatkan oleh setiap umat muslim, memohon kepada Allah tatkala akan melakukan bepergian baik jauh maupun dekat. Dengan pengharapan agar diberikan keselamatan dalam perjalanan hingga sampai pada tujuan, dan kembali ketempat asal, dengan tiada aral suatu apapun. Bagi umat muslim ini menjadi wajib baik itu akan berjalan kaki, menggunakan kendaraan, seperti misalnya kendaraan darat, laut dan pesawat terbang. Untuk itu penulis sudah menyiapkan doa-doa yang sesuai kebutuhan dari masing-masing yang membutuhkan. Juga ada doa yang pendek namun sudah mencakup daripada apa yang kita harapkan.     
1. Inilah contoh do'a, bebergian dengan berjalan kaki :
"Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah" 
Do'a ini dapat dibaca bagi siapa saja yang akan bebergian atau safar dengan berjalan kaki, atau kalau mau keluar rumah walaupun dengan tujuan yang dekat sekalipun.  Tetapi doa ini juga dapat dibaca dan dimohonkan kepada Allah bagi yang akan menggunakan kendaraan jenis apapun. Karena esensi doa ini adalah telah mencakup dari seluruh permohonan atau keinginan kita, karena telah menyerahkan sepenuhnya dan menyatakan tiada daya maupun upaya kecuali hanya izin Allah semata. Berarti secara kesimpulan bahwa do'a ini dapat dikatakan doa yang pendek namun isinya telah mencakup dari seluruh permohonan kita. 
2. Doa yang akan menggunakan kendaraan Darat :(Sepeda ontel, motor, mobil, Kereta api, bus, dll.)
"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami". 
3. Doa yang akan menggunakan kendaraan Laut. 
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih." 
4. Doa yang akan menggunakan Pesawat Terbang. 
سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ
"Maha suci Allah yang telah menjinakkan bagi kami kendaraan ini, padahal sebelumnya kami takkan mampu menguasainya, dan sungguh kami nanti akan pulang kembali kepada Tuhan."  

5. Dan do'a di bawah ini adalah do'a Safar atau bepergian secara Umum. 
Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya, Ya Allah Engkau yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga". 

Doa yang kelima (5) di atas adalah doa yang pada umumnya dibaca oleh ketua rombongan Safar karena do'a ini memang yang dituntunkan/dicontohkan oleh Nabi SAW. ketika beliau bersafar beserta rombongan yang jumlahnya banyak. Karena jumlah peserta safar itu banyak,  hingga di buat beberapa rombongan dan setiap rombongan ada yang dijadikan seorang pemimpin dalam safar tersebut. Pemimpin inilah yang menuntun do'a bersama-sama para pesertanya.
6. Doa setelah sampai di tempat tujuan. 
"Ya Allah aku mohon kepada-Mu dari kebaikan negeri ini, dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yan ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya dan kejahatan yang ada di dalamnya."

Demikian uraian sekelumit tentang Bacaan Doa Bepergian Atau Safar Dengan Kendaraan Darat, Kapal Laut, Dan Pesawat Terbang. Semoga bermanfaat dan kita dapat mengamalkannya. Aamiin...

0 Response to "Bacaan Do'a Bepergian Atau Safar Dengan Kendaraan Darat, Kapal Laut, Dan Pesawat Terbang."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel