Contoh Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria untuk Dinikahkan Oleh Pihak Wanita.




Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (ketegori posting Fiqih Nikah)

Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Conoth Sambutan

Bismillahirohman nirrohim.
Assalamu’alaikum wr,wb.

Alhamdulillahi ladzi hadaana bi dinihil qowim. Wabaina sirotim mustaqim. Bil aayati wa dzikril hakim, wa-sunnati rasulihil karim,  ashadu anla ilaha ilallahu wahdahu laa syariikalah wa ashadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasulullaahil ladzi arsala bil haq, basyira, wa nadzira. Allahuma sholli wa sallim ‘ala syayidina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi ‘ajma’in. Amma ba’du.

Qolallahu ta’ala fi kitabihil karim, Bismillahirarhmannirahim…
21. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Yang kami hormati, Kepala KUA Kecamatan  Surodadi  Bp…………………. Beserta staf.
Yang kami hormati Kepala Desa Jati Mulya Bapak …………….. beserta Staf.
Yang kami hormati Ketua RT. 04  Bapak ………...beserta staf.
Yang kami hormati , Ketua RW. 03  BP.  ……………………..
Yang terhormat, Ketua Panitia, Resepsi Pernikahan.  
Para ‘Alim ulama, para ustadz, ustadzah, yang dimuliakan Allah dan yang kami selalu ta’dzimi.
Para pini sepuh, tokoh masyarakat, cedikiawan, yang kami hormati.

Wabil Khusus yang terhormat, Bpk Sahud beserta Ibu Sumirah Selaku kedua orang tua calon mempelai Wanita. Dan tak lupa kepada hadirin tamu undangan sekalian yang kami muliakan.

Tiada kata yang paling terindah dan toyyibah, kecuali ungkapan puji syukur ke hadirat ilahi robbi Allah swt. Bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, dihari Sabtu tgl, 1 September 2018 bertepatan tanggal, 20 Dzulhijah 1439 H. kita semua masih diberi nikmat kesehatan, sehingga dapat bermuwajahah bil wujuh dalam rangka menjadi saksi dan sekaligus mendoakan acara yang sacral, yang insya Allah sebentar lagi akan dilaksanakan prosesi Akad Nikah / Janji Suci antara dua insan yang telah dipertemukan jodohnya oleh Allah swt.

Shalawat dan salam marilah kita haturkan ke haribaan junjungan Nabi Besar Muhammad saw. , kepada keluarganya, para sahabat, para Tabi’in,...Tabiut-tabi’in.  Dan kepada kita sekalian yang hingga saat ini bahkan detik ini,  masih istiqomah dalam mengamalkan risalahnya, mudah-mudahan mendapatkan syafa’atnya di yaumil akhir kelak. Aaamiin…..


Kami, atas nama perwakilan dari Bapak Slamet Riyadi  Beserta  Ibu Sugiati,  alm.  selaku kedua orang tua calon mempelai  Pria  yang bernama : Fajar Novanto   (Putra Pertama )  dari dua bersaudara.
Izinkan kami, untuk menyapaikan beberapa hal terkait dengan penyerahan putra kami :

Pertama : kami ucapkan terima kasih atas sambutan penerimaan, penghormatan terhadap keluarga kami, beserta rombongan pengantar calon mempelai putra  yaitu Sdr. Fajar Novanto,  putra dari  BP. Slamet Riyadi  dan  Ibu Sugiati, alm.  Yang nun jauh datang dari Jakarta dengan pagi yang cerah di fajar menyingsing,  kami  baru saja tiba/sampai kurang lebih pukul ..... di Desa Jati Mulya Rt.04/03 tanpa aral suatu apapun. Tentu ini semua adalah berkat do’a seluruh warga Desa Jati Mulya RT.04/03 dan tentunya dari ahlul bait yang sedang berhajat.  

Kedua :  Menindak lanjuti Lamaran/khitbah kami beberapa bulan sebelumnya, pada hari ini  kami selaku orang tua dari ananda  Sdra. Fajar Novanto, bermaksud untuk menyerahkan sepenuhnya sekiranya agar dapat dinikahkan dengan putri  Bapak Sahud yang bernama Sdri Siti Mukhayaroh karena hakekat menikah secara syariat adalah sepenuhnya hak daripada wanita.  Untuk itu perlu saya jelaskan bahwa anak kami, Sdr. Fajar Novanto ini, adalah seorang Jejaka tulen atau bujang ting-ting kata sebutan  banyak orang,  dan dengan berkepribadian baik,  serta termasuk anak yang sholeh,  taat kepada kedua orang tua, tekun ibadahnya. Hal tersebut kami nyatakan, tentu dengan kesaksian dari rombongan yang mengantar pada saat ini, serta masyarakat disekitar lingkungan kami. Maka dengan modal itulah sekiranya agar anak kami, Sdr. Fajar Novanto diterima dan segera dapat dinikahkan denga adinda : Siti Mukhayaroh Sebagai putri Bapak.  Dengan demikian kami akan merasa terhormat dan rasa suka cita, serta bersyur kepada Allah swt.  

Ketiga.  Kami serahkan bawaan atau seserahan ala kadarnya kepada Bapak Sahud selaku orang tua dari pihak wanita. Namun jangan dilihat dari jumlah dan nilainya, tetapi ini hanya sekedar pemberian ala kadarnya, dengan harapan kami, sebagai tanda pengikat rasa tali kasih kekeluargaan yang sangat erat, antara kedua belah pihak.

Terakhir : Mohon  ma’af apabila kedatangan kami, dari awal hingga sampai kepulangan nanti, banyak hal yang kurang berkenan, baik sapaan, tingkah laku, ataupun hal-hal yang menyangkut adat istiadat kebiasaan di desa ini, khusunya di hati Bapak Sahud Sekeluarga selaku orang tua dari mempelai putri, sekali lagi kami mohon ma'af yang seluasa-luasnya.  Dan tentunya tak lupa kepada seluruh hadirin, warga, di Desa Jati Mulya ini, kami mohon ma’af yang sebesar-besarnya.

Atas seluruh kebaikan  Bapak Saud sekeluarga, serta hadirin sekalian, kami ucapkan terima kasih. Namun kami tidak dapat membalasnya,  hanya doa yang dapat kami mohonkan kepada Allah,  semoga kebaikan bapak Saud beserta keluarga mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin.
Dan juga sekaligus mohon pamit setelahnya selesai acara prosesi pernikahan nanti, serta mohon doa restu agar rombongan kami, selamat dalam perjalanan sampai di Jakarta, tanpa aral suatu apapun. 

Itulah yang dapat kami sampaikan . Kami akhiri, Billahi taufik wal hidayah wassalamu-alaikum Wr.Wb.

Demikian uraian contoh sambutan penyerahan calon pengantin Pria untuk dinikahkan oleh pihak wawinta. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan keislaman kita dan dpat kita amal dalam kehidupan bermasyarakat. Aamiin.

Baca juga yang ini :

Parung Panjang,  Sabtu, 1 September  2018.
20 Dzulhijah 1439 H.

Ditulis oleh Rasiyam Hidayat.

1 Response to "Contoh Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria untuk Dinikahkan Oleh Pihak Wanita."

  1. Terima kasihh sangat membantu...mohon ijin untuk di copy...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel