9 Tips Cara Nabi SAW. Menjaga Kesehatan, Yang Dapat Kita Tiru.


Kajian Khazanah Islam (katagori posting kisah)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, 9 Tips Cara Nabi SAW. menjaga kesehatan, adalah yang sangat baik kita tiru, karena kita tahu bahwa kesehatan adalah suatu yang sangat berharga nilainya dalam rangka menjalankan segala kegiatan ibadah kita kepada Allah SWT. Tanpa memiliki kesehatan pada tubuh kita, sudah pasti akan terganggu dan mengurangi kekhusu'an dalam seluruh ibadah kita. 

Dalam rangka menghormati hari kelahiran Nabi saw. saya cuplikan kebiasaan Rasulullah saw. dalam menjaga kesehatan dengan 9 tips cara Nabi SAW menjaga kesehatan yang tetunya dapat kita tiru dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kebiasaan itu secara ilmiah membantu produktivitas dan kesehatan mental yang lebih baik.

Dilansir dari laman Muslim Villlage, sedikitnya ada sembilan kebiasaan Nabi Muhammad saw. yang dapat ditiru umat Islam pada khusunya dan umat manusia pada umumnya, meski ini hanya sunnah saja.  Berikut ini kesembilan kebiasaan sehat yang dilakukan Rasulullah SAW.  :

1.  Bangun sebelum fajar 
  • Sebelum Fajar, adalah menjelang masuk waktu subuh karena ini akan membuat seluruh tubuh kita menjadi lebih fress dan khususnya organ otak yang akan mendominasi, mengatur gerak hidup kita dari mulai terbit matahari, hingga menjelang tidur di malam hari.
2.  Makan secukupnya. 
  • Menurut Rasulullah saw. makan dengan secukupnya saja, akan membuat fisik kita sehat tidak mudah sakit. Dalam konsep Islam dan ilmiah, jangan makan terlalu kenyang cukup 80 persden kenyang untuk makan.  
3.  Makan secara perlahan.
  • Dianjurkan oleh Nabi saw. untuk menguyah makanan secara pelan. Kurang lebih dibutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak kita sehingga penuh untuk berpikir. Makan lambat juga akan membantu Anda memperbaiki pencernaan dan ini adalah praktik yang dilakukan Nabi saw. dan sangat dianjurkan.
4.  Makan bersama dengan keluarga, ataupun handai taulan.
  • Ini dapat menjadai keberkahan bagi siapapun. Nabi saw. menekankan hal ini agar kita dapat berbagi sesama dalam menikmati makanan. Terbukti makan bersama dapat mengurangi stres, dapat memperbaiki hubungan keluarga romantis, dan membangun kebiasaan makan yang sehat di barengi dengan anak-anak.
5. Jangan minum air dengan satu napas. 
  • Jangan minum air dalam satu napas, tetapi minumlah dalam dua atau tiga kali nafas, adalah cara Nabi Muhammad saw. meminum air. Ilmu pengetahuan juga membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalalmi sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit darah dan kadang-kadang pusing juga. Minum perlahan membantu Anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat paling banyak darinya. 
6.  Makan buah delima.
  • Buah delima adalah buah favorit Nabi, dan penelitian ilmiah modern telah membuktikan bahwa buah delima sebagai salah satu makanan paling sehat. Buah ini membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium, yang membantu mempertahankan fungsi seluler dan menjaga keseimbangan kadar cairan. Ampuh juga melindungi tubuh dari penyakit jantung. 
7.  Puasa. 
  • Bukti terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya makanan yang kita makan, tetapi waktu makan dan pola makan kita juga memiliki dampak besar pada kesehatan kita. Puasa adalah praktek rutin kehidupan Nabi Muhammad saw, tidak hanya di dalam bulan Ramadhan saja, tetapi Nabi saw. berpuasa rutin Seni dan Kamis, dan berbuka hingga waktu maghrib. Dan juga pada puasa ayaumul bidh yaitu puasa tiga hari tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya, dalam hitungan bulan Hijriah. Praktek pusasa telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres, oksidatif, dan mengurangi keseluruhan peradangan. 
8.  Makan Kurma. 
  • Kurma adalah makanan yang sempurna untuk berbuka puasa saat mereka menstabilkan kadar gula darah Anda, menyeimbangkan kadar elektrolit darah, dan membantu memulai sistem pencernaa dalam persiapan makanan lainnya. Nabi saw. juga merekomendasikan kepada ibu-ibu untuk makan kurma menjelang kelahiran. Dalam penelitian ternyata kurma dapat meningkatkan produksi oksitosin di tubuh Anda dan mempercepat persalinan. 
9. Olahraga.
  • Islam mengharuskan umatnya untuk olahraga, maka Shalat lima waktu diwajibkan kepada umat Islam untuk melaksankannya bahkan diperintahkan dengan cara yang khusu' sehingga dapat merasakan manfaatnya, khususnya dalam segi kesehatan dan tentunya agar kita dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan yang keji dan munkar. Karena dalam shalat ada gerakan-gerakan dari seluruh anggota tubuh kita yang yang sangat dibutuhkan dalam menopang kesehatan. Dan juga secara fisik Rasulullah mengajarkan kepada anak-anak agar belajar berenang dan berkuda (menaiki kuda) dan juga diajarkan pula memanah. Karena di dalam prakteknya memanah membutuhkan stamina yang prima. Memanah harus mengatur pernapasan dan melenturkan sendi-sendi organ tubuh kita agar menjadi sehat. 

0 Response to "9 Tips Cara Nabi SAW. Menjaga Kesehatan, Yang Dapat Kita Tiru."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel