"Siwak" Untuk Kebersihan Gigi Dan Kesehatan Mulut.


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan, dan menuju Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com/Pelangi Khazanah Islam, mempost : "Siwak" Untuk Keber-sihan Gigi Dan Kesehatan Mulut. 

Maraknya jenis pasta gigi yang beredar di pasaran dengan berbagai merk dari yang menawarkan, pasta tanpa busa, sampai dengan pasta yang dapat membantu membersihkan gigi, dan menjadikan  gigi menjadi sehat, serta tahan terhadap pengaruh makanan bagi gigi yang sensitif.
Baca juga ini ADAB BERHIJAB SYAR'I ADA 6 SYARAT

Sekitar 17 tanaman berbeda telah digunakan sebagai instrumen alami kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Ranting yang paling banyak digunkan sejak dulu adalah Siwak atau Miswak.

Gambar Ranting Siwak





Siwak berasal dari tanaman yang disebut salvadore persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Meskipun tidak ada referensi untuk penggunaan siwak dalan Al-Qur'an, ada beberapa hadits yang menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi. Oleh karena itu, siwak telah digunakan secara luas di  kalangan umat Islam sejak zaman Nabi Muhammad saw.  

Salvadora persica adalah pohon kecil atau semak belukar dengan batang bengkok yang jarang, berdiameter lebih dari satu kaki. Kulitnya bergelombang dan retak, warna keputihan dengan cabang terjumai. Kulit batangnya berwarna coklat muda, dan permukaan dalamnya berwarna putih. Ini memiliki bau khas, dan rasanya hangat dan menyengat. 

Dilansir dari Muslimvillage, penggunaan berulang siwak pada siang hari menghasilkan tingkat kebersihan mulut dan gigi yang luar biasa tinggi. Telah terbukti bahwa plak terbentuk segera setelah makan. 

Setelah 24 jam, gigi mulai bereaksi. Namun bisa dieliminasi melalui penyikatan gigi dengan menggunakan siwak secara cermat.

Kebersihan mulut dan gigi yang tepat, harus diajarkan oleh dokter gigi namum memerlukan waktu dan ketangkasan seseorang.  Diantara orang-orang Muslim yang secara rutin mempraktekan penggunaan siwak ternyata dalam penelitian, mulut dan gigi lebih sehat dan bersih.

Siwak dan ranting lainnya dapat efektif dalam menghilangkan endapan plak. Mereka bahkan dipromosikan sebagai instrumen efektif dalam program kesehatan gigi dan mulut. 
Sebagaimana kesimpulan, siwak dan bubuk siwak adalah alat yang sangat baik untuk kesetan mulut dan kebersihan gigi. Mereka sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim. 
Rekomendasi harus dibuat untuk produsen pasta gigi untuk memasukkan bentuk bubuk siwak dalam bentuk pasta gigi. 

Demikian artikel ; Sunnah Nabi saw. "Siwak" Untuk Kebersihan Gigi Dan Kesehatan Mulut.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam pengamalan ibadah. 

0 Response to " "Siwak" Untuk Kebersihan Gigi Dan Kesehatan Mulut."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel