ADAB BERHIJAB SYAR'I ADA 6 SYARAT



Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Aqidah)

Pembaca budiman, semoga curahan Rahmat serta Bimbingan-Nya senantiasa mengiringi kita dalam setiap aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengaharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com/Pelangi Khazanah Islam, mempost artikel : Adab Berhijab Syar'i Ada 6 Syarat. 

Baru-baru ini kita menyimak berita dari belahan dunia terkait dengan Islam (khususnya dengan penggunaan pakaian jilbab atau hijab. Pemerintah Austria baru saja mengeluarkan aturan bagi perempuan Muslim, dilarang menggunakan cadar karena ini dianggap sebagai simbol ketidakbebasan. Dan munculah aktivis mewakili umat Muslim, melakukan demo dan memberikan pernyataan mereka pada Senin (2/10-17). 

Umumnya ; umat Islam membicarakan hijab di sebagian besar kesempatan, adalah hijab untuk perempuan. Padahal di dalam Al-Qur'an Allah Swt. justru pertama kali membicarakan hijab adalah untuk laki-laki, barulah kemudian untuk perempuan. 

Dr. Zakir Naik, adalah seorang pemuka agama Islam yang sudah mendunia, baru-baru ini di salah satu Universitas Kuala Lumpur memaparkan perihal hijab untuk laki-laki dan perempuan. 
Beliau mengutip Al-Qur'an untuk menjelaskan bahwa perintah memakai hijab pada laki-laki terdapat pada Surat An-Nuur, ayat 30 dan barulah hijab pada perempuan pada ayat 31. 

Hijab itu sendiri artinya berpakain tertutup. Tetapi bagi dunia barat pada era sekarang, hijab justru dianggap sebagai sebuah pengekangan, khususnya bagi perempuan. Karen persyaratan hijab bagi perempuan lebih sulit dibanding persyaratan hijab bagi laki-laki. 

Apa yang dibicarakan di dunia barat tentang kebebasan bagi perempuan, hanyalah bentuk terselubung dari eksploitasi tubuh, atau perendahan jiwa, dan perenggutan kehormatan. Dunia barat mengklaim apabila tidak menngunakan hijab, adalah mengangkat derajat perempuan karena dengan alasan hak azazi, tetapi sebenarnya hal itu adalah merendahkan perempuan. 

Pada dasarnya ada 6 (enam) syarat berhijab. Tetapi syarat utama yang berbeda adalah soal panjangnya, ini yang berbeda dari perempuan dan laki-laki, 5 (lima) syarat lainnya sama. Syarat panjang hijab bagi laki-laki dari pusar perut, sampai lutut, bagi perempuan seluruh tubuh. Dan yang boleh terlihat hanya wajah dan telapak tangan. Bahkan ada sebagian ulama yang mengatakan harus menutup wajahnya. (menggunakan Cadar) .

Sayarat yang 1 adalah yang mebedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki batas wajib hijabnya adalah dari pusar perut hingga menutupi kedua lututnya. 

Berikut adalah 5 (lima) syarat lainnya berlaku untuk laki-laki dan perempuan.
  1. Baju tidak boleh ketat.
  2. Baju tidak boleh transparan
  3. Baju tidak boleh berlebihan atau glamour.
  4. Baju tidak boleh serupa atau sejenis, (harus lain warna).
  5. Baju tidak boleh seperti orang jahilliyah. 
Informasi diatas saya kutip dari Dr. Zakir Naik pemuka Agama yang sudah mendunia. Ketika itu Beliau sedang menyampaikan dakwah di salah satu Universitas Kuala Lumpur, Senin, 2/10-17). 
Sumber : Republika.co.id

Contoh Baju No. 4 
(Ilustrasi)  Hijab yang sesuai Syar'i
Penjelasan:
"Yang dimaksud adalah dari bagian tubuh atas hingga kaki tidak boleh satu warna. Jadi berbeda warna antara atas dan bawah. Apabila ingin sama warnanya atas dan bawah haruslah salah satu bagian atas atau bawah, di beri gambar misalnya ; kembang atau lainnya untuk membedakan". 



Contoh Baju No. 5                    
(Ilustrasi) ini adalah contoh pakaian zaman jahilliyah.
Gambar disebelah kiri adalah Hijab ala Jahilliyah yang dilarang untuk dikenakan.
Bukan karena satu warna tetapi ketat sehingga bagian tubuh menjadi berbentuk /berlekuk.
<----- (lihat Gambar).


Jika melihat sejarah masa lalu, pada masa Babilonia, perempuan tidak pernah dihormati. Pada masa itu jika seorang laki-laki melakukan pembunuhan, dan jika dia membunuh perempuan, bukan dia yang dihukum tetapi istrinya yang dihukum mati. 

Kemudian pada peradaban Romawi, mereka mennganggap perempuan sebagai alat seks saja dan kesenangan semata. Peradaban Yunani mereka mempercayai bahwa perempuan mitologi bernama Pandora, dan itulah alasan mereka merendahkan perempuan, karena mereka percaya bahwa perempuan adalah penyebab kejahatan dalam masyarakat. Dan dalam peradaban Yunani juga, seorang perempuan adalah hanya objek seks dan pemuas nafsu belaka.

Di Jazirah Timur Tengah, pada masa peradaban Mesir, mereka menganggap perempuan adalah tanda Setan. Di peradaban Arab sebelum Al-Qur'an diwahyukan, mereka seringkali mengubur bayi perempuan secara hidup-hidup. Setelah Al-Qur'an turun, praktek-praktek itu berhenti. 

Islam adalah agama pertama yang mengangkat derajat kaum perempuan. Dan Islam telah menunjukkan cara untuk menjaga kehormatannya. Itulah mengapa hijab diwajibkan karena untuk mengangkat derajat perempuan dan menjaga kehormatan mereka, kata Dr.Zakir Naik sebagai pemuka agama yang dikenal lewat dakwahnya melalui Youtube Channel. 
Baca juga ini : KISAH UMAR BIN KHATTAB

Jika tidak turun wahyu Allah SWT. melalui Al-Qur'an, manusia akan kembali ke masa Jahilliyah. Dan saat ini dunia Barat berbicara kebebasan , sampai ke status selir, wanita simpanan, dan pemuas hawa nafsu, yang digunakan untuk seks dan kesenangan semata. Di tangan para pencari kesenangan, permpuan direndahkan atas nama seni dan budaya.

Dunia Barat bicara tentang kebebasan perempuan, seni dan budaya hanya untuk merendahkan perempuan. Dan kita melihat itu. Mereka berteriak : "Persamaan"! "Emansipasi"!, padahal mereka menjual ibu meraka, istri mereka, dan putri mereka.

Jika menjual seperti itu dikatakan sebagai sebuah pembebasan, maka sebagai seorang Muslim akan merasa lebih bahagia dengan di kekang dalam aturan syariah khususnya ber-Hijab.  Kita cinta ibu kita, istri kita, anak-anak kita khususnya yang perempuan.

Demikian uraian singkat tentang Adab Berhijab Syar'i Ada 6 Syarat. Mudah-mudahan bermanfaat dan amalkan apa yang telah kita dapatkan dalam kebaikan beragama. Semoga kita termasuk orang yang patuh dan tunduk dalam aturan Allah Swt. Aamiin...

0 Response to "ADAB BERHIJAB SYAR'I ADA 6 SYARAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel