Belajar Membaca Al-Qur'an Dengan Mudah? Tiga Kunci Harus Dipahami.


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Al-Qur'an)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com. Mempost materi : Belajar Membaca Al-Quran Dengan Mudah? Tiga Kunci Harus Dipahami.  Al-Quran adalah kitab suci yang memberikan tuntunan hidup bagi seluruh manusia untuk mencapai sukses dan kebahagiaan hidup di dunia, dan sekaligus kebahagiaan di akhirat kelak. Namun hingga kini umat muslim khususnya di Indonesdia masih banyak yang belum bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, apalagi sampai pada tingkat hafidz. 

Judul di atas,  belajar membaca al-qur'an dengan mudah, adalah salah satu medote dari sekian banyak metode yang dilakukan oleh para pengajar degan berbeda-beda namun masih banyak yang merasa kesulitan untuk membacanya.

Ada tiga kunci dalam mempelajari cara membaca Al-qur'an. Pertama adalah pengenalan huruf, dilanjutkan pengenalan tanda baca, dan terakhir adalah tajwid. 

Total ada 30 huruf hijaiyah dan 8 delapan tanda baca yang harus dikenal oleh para peserta yang akan belajar membaca al-quran itu. 
Jika sudah dapat menguasai huruf dan tanda baca pasti dapat membaca Al-qur'an. "Huruf dalam bahasa latin adalah konsonan, kalau tanda baca itu adalah vokal", sedangkan tajwid adalah tata cara membaca bacaan alquran dengan baik dan benar.


Dari ketiga hal yang harus dipelajari, huruf memegang peranan 90%. Sisanya merupakan pengenalan tanda baca dan tajwid. Oleh karena itu alokasi waktu untuk pengenalan tanda baca juga lebih banyak, yaitu mencapai 30 menit. Setelah mengenal huruf dengan baik, para peserta diperkirakan hanya membutuhkan waktu 7 menit untuk mengenal tanda baca.  Untuk tajwid langsung saja dipraktekan saat membaca. 

Mempelajari tajwid, sangat mudah setelah orang itu dapat menguasai huruf dan tanda baca. Dalam metode belajar membaca al-qur'an dengan mudah dan hanya menggunakan tiga kunci ini, sperti tajwid diklasifikan dalam lima kelompok yaitu ; bacaan panjang, hukum nun mati, tanwin, qolqolah (bacaan memantul), dan makhrajul huruf atau tempat keluarnya bunyi, dan waqaf (tanda berhenti). 

Dari kelima materi tersebut, hukum nun mati, dan tanwin yang terkait dengan bacaan samar atau berdengung dan makhrajul huruf membutuhkan waktu paling lama.  Penguasaan huruf dan tanda baca merupakan pondasi utama dalam membangun kemampuan membaca Al-qur'an. Karena itu keduanya harus dikuasai dengan baik sebelum beranjak pada pembelajaran tajwid. 

Sayangnya metode umum yang selama ini dipakai sering kali membuat peserta beranjak pada teori tajwid terlebih dahulu ketimbang pemahaman tentang huruf yang begitu rumit, sementara penguasaan huruf dan tanda baca, masih belum dipahami secara  baik. "Itu sangat menyulitkan individu yang ingin belajar membaca Al-quran dengan mudah". 
Ada tiga langkah yang harus dikuasai oleh peserta belajar membaca al-quran dengan mudah, agar peserta dapat menguasai huruf dengan cepat. 

Langkah Pertama menggunakan nama latin.  Karena menggunakan nama latin memudahkan peserta untuk mengingat huruf yang diajarkan, misalnya huruf A untuk Alif,  B untuk ba, dan S untuk sin, dan sebagainya. Selama masa pengenalan huruf para peserta dilarang menggunakan nama lengkap huruf hijaiyah tersebut. Kode-kode inilah yang dipakai untuk mengingat. 

Langkah Kedua, yaitu memberikan ciri khusus pada setiap huruf hijaiyah. Misalnya, a diberi ciri sebagai huruf yang lurus, sin memiliki tiga lengkungan, ghain dianalogkan dengan huruf G ditandai dengan simbol Garuda misalnya. Untuk memudahkan dan mempercepat proses mengingat, para peserta tidak dianjurkan untuk menganalisa ciri yang diberikan. 

Langkah Ketiga, mengelompokkan huruf-huruf hijaiyah dengan nama latin yang sama, misalnya; dal, dzal, dzot, dan dzo sama-sama memiliki nama latin D.  Cara ini dapat digunakan mulai dari umur enam tgahun hingga usia lanjut. Di bawah enam tahun, peserta dianggap belum memiliki emosi yang stabil. "Ini sangat penting, sebab dalam mempelajari metode cepat ini, peserta dituntut untuk memiliki konsentrasi dan kesabaran tinggi" 

Untuk dapat menguasai tida langkah tersebut dibutuhkan waktu sehari, atau paling cepat 8 jam, untuk mengenal ketiga kata kunci belajar memabaca al-quran dengan mudah. Setelah itu, peserta dapat mengembangkan sendiri kemampuan yang telah diajarkan.
Baca jangan tertinggal yang ini Manfaat Membaca Al-Qur'an Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk peserta usia lanjut, proses pengenalan bisa lebih lama karena faktor kemampuan mengingat, melihat, dan sebagainya, yang memang sudah mulai susah untuk menangkapnya. Maka bagi usia lanjut harus belajar lebih lama waktunya tetapi tidak usah dipaksakan.

Demikian materi belajar membaca al-quran dengan mudah dengan tiga kunci yang telah dijelaskan di atgas. Semoga bermanfaat. 

0 Response to " Belajar Membaca Al-Qur'an Dengan Mudah? Tiga Kunci Harus Dipahami."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel