Do'a Dari Al-Qur'an dan Hadits Untuk Pembuka Rezeki

http://www.rasiyambumen.com/2017/09/doa-dari-al-quran-dan-hadits-untuk.html

Kajian Khazanah Islam (katagori posting Do'a)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu teriring untuk kita dalam menapaki dunia ini untuk mendapatkan kebahaagiaan dan Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting : Do'a Dari A-Qur'an Untuk Pembuka Rezeki.

Dunia adalah tempat kita beraktivitas, dan tentunya kalau kita mengacu dari Firman Allah yang artinya "Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi/menyembah kepadaKu"
Pernyataan Allah ini adalah suatu pernyataan yang sudah sangat jelas bahwa manusia diciptakan dan di tempatkan di dunia (di atas bumi ini) adalah untuk beribadah kepada Allah semata. Menyembah/mengabdi kepada Allah Swt, adalah bagian yang sangat fundamental/mendasar agar hidup kita dapat tertuntun untuk mendapatkan kebahagiaan dunia, dan kembali ke akhirat dengan panggilan jiwa yang tenang dan berkumpul dengan hambanya yang telah diridhoinya di dalam surga-Nya. 
Kehidupan dunia yang penuh hiruk pikuk dan pesatnya teknologi kadang membuat kita miris dan sangat kuatir untuk dapat selamat terhindar dari hal-hal yang terlarang. Khususnya dalam pemenuhan kehidupan yang serba memerlukan biaya besar dalam mensejahterakan keluarga untuk dapat bertahan hidup dengan hal-hal yang halal serta mendapat ridho-Nya.

Untuk itu tuntunan Do'a dari Al-quran serta bimbingan hadits agar kita mudah diberikan rezeki yang berkah dan meraih keluarga sakinah mawaddah warrohmah, maka jangan lupa mengamalkan doa-doa di bawah ini : 

Allah Swt. mencintai hambaNya yang berdoa kepada-Nya, bahkan karena cintaNya Allah memberi bonus berupa ampunan dosa kepada hamba-Nya yang berdoa. Allah Swt dalam sebuah hadits Qudsi : "Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, Aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu" (HR. At-Tirmidzi, ia berkata Hadits hasan Shahih)

Doa adalah suatu bentuk ibadah yang Allah Swt perintahkan :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Rabbmu berfirman : "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kupernankan bagimu. Sesusungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina" (QS. Al-Ghaafir : 60) 

Doa Pembuka Rezeki :
Barang siapa yang berdoa kepada Allah dengan hati yang khusyu' dan berdoa sesuai dengan aturan syariat, maka tidak ada penghalang diterima doa tersebut. Hal ini sebagaimana Allah firmankan sebagai berikut :
إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

"Sesungguhnya merreka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbutan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami" (QS Al-Anbiya : 90)
Baca juga yang ini : Bagaimana Membuat Hidup Penuh Semangat ?

Doa-doa Pembuka rezeki menurut al-Quran dan Hadits sebagai berikut :

1. Diturunkannya rezeki dengan memperbanyak istighfar Allah berfirman sebagai berikut : 

“فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً”

"Nuh berkata (pada mereka), "Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sesungguhnya dia Maha Pengampun. Niscaya akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit dan dia akan memperbanyak  harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu: (QS Nuh 10-12

Lalu dalam hadits yang sering dibaca adalah sebagai berikut :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ
Astaghfirullah. (HR. Muslim)

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه


    اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ  الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْت

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Artinya : Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang bersama kami dan yang sesudah kami, dan mnjadai tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paliang utama"  (QS Al-Maidah 5: 114)

3. Do'a Meminta Kesehatan dan Kelapangan Rizki : 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي
Artinya :  Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.

Keutamaan meminta rizeki yaitu agar dimudahkan oleh Allah untuk memperolehnya sehingga tidak sampai lalai dari melakukan ketaatan.
Rizeki itu ada dua macam yaitu yang bisa menegakkan badan dan bisa menguatkan hati. Menguatkan badan yaitu melalui makanan, pakaian dan tempat tinggal. Menguatkan hati yaitu melalui ilmu bermanfaat (ilmu diin) dan amalah sholeh. Itulah dua macam permintaan rezeki. 

4. Doa minta kecukupan rezeki
اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. Artinya : "Ya Alloh berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram dan berilah aku kekayaan dengan karunia-Mu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain dari-Mu" (HR. Ahmad).
5. Doa agar terlepas dari jeratan hutang
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Qudri, pada suatu hari Rasulullah saw. hendak memasuki masjid. Ketika beliau mendapati seorang sahabat dari Anshar yang bernama Abu Umamah yang sedang duduk merenung di dalam masjid. Rasulullah saw. bertanya : Ada apakah gerangan engkau duduk di dalam masjid ketika bukan waktu shalat?. Dia menjawab :"Kegelisahan dan pikiran atas hutang yang selalu menyelimutiku wahai Rasul!. Beliau berkata maukah aku ajarkan perkataan yang apabila engkau ucapkan maka Allah aza wa jalla akan menghilangkan kegelisahanmu dan melunaskan hutang-hutangmu. Ia menjawab Iya mau, ya Rasulullah" Kemudian Rasulullah bersabda Apabila kamu berada di pagi dan sore hari maka ucapkanlah 


اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزْنِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ.
Artinya :  Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan akau berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan bakhil dan aku berlindung kepada-Mu dari terlilit hutang dan pemaksaan dari orang lain. (HR. Abu Daud)
Dan Abu Umamah berkata : Kemudian aku melaksanakannya dan ternyata Allah Azza Wa Jalla menghilangkan kegundahanku dan melunaskan hutang-hutangku. (HR Abu Daud) 
6. Doa Mudah Rezeki dan Terhindar dari Kekufuran. 
اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ
Artinya : Ya, Allah, aku berlindung dari kekufuran, kemiskinan dan siksa kubur. (HR. Ahmad, Nasa'i dan Abi Syaibah). 
Demikian beberapa kumpulan doa dari al-quran dan hadits untuk pembuka rezeki. Semoga artikel ini dapat menjadi wasillah dan rezeki anda semakin lancar, barokah, dan tentunya halal. Aamiin...

0 Response to "Do'a Dari Al-Qur'an dan Hadits Untuk Pembuka Rezeki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel