Do'a Agar Segera Dapat Melunasi Hutang. Baca / Amalkan Dalam Shalat Tahajud.





















Kajian Khazanah Islam (Katagori posting "Do'a")

Pembaca budiman, curahan Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga senantiasa menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahgiaan dan ridha dalam kehidupan akhirat kelak. Aamiin...

Baca juga yang ini Allah Mengabulkan Do'a Siapa Saja Yang Berdoa Kepada-Nya

Rasiyambumen/Khazanah Pelangi Islam, membagikan materi dengan judul : "Do'a Agar Dapat Segera Dapat Melunasi Hutang. 

Pengertian Hutang di dalam definisi Islam adalah mengembalikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dengan pengembalian dikemudian hari sesuai perjanjian antara kedua orang tersebut dengan jumlah yang sama dan biasanya dalam kasus ini sesuatu yang menjadi bentuk pinjaman adalah uang, sehingga jika anda meminjam uang dari seseorang dalam jumlah tertentu maka harus dikembalikan dalam jumlah yang sama pada saat anda meminjam tanpa ada tambahan uang lagi karena hal tersebut bisa dikatakan bunga riba yang telah dilarang atau diharamkan dalam ajaran Islam, tetapi jika tambahan uang yang diberikan oleh peminjam secara ikhlas dengan niat sebagai rasa terima kasih maka uang tambahan tersebut masih bisa atau dibolehkan.   

Adapun Hukum Melunasi Hutang dalam ajaran Islam adalah wajib bagi setiap muslim yang mempunyai hutang, walaupun hutang itu sekecil apapun karena dalam hal ini sudah dijelaskan di beberapa Hadits Shahih tentang kewajiban membayar hutang seperti yang diriwayatkakan oleh Ahmad dan Tirmidzi yang berbunyi sbb :
"Nasib seorang mukmin tergantung pada hutangnya sampai dia melunasi hutang tersebut". (HR. Ahmad dan Tirmidzi). 

Hadits yang lain diriwayatkan oleh Muslim yang berbunyi : "Mati di jalan Allah atau mati syahid dapat menebus segala sesuatu kecuali hutang" (HR. riwayat Muslim).

Dan ada lagi hadits yang dijelaskan oleh Bukhari yang mengatakan : "aku adalah paling utama bagi orang yang beriman, barang siapa yang mati mempunyai hutang maka ia wajib melunasinya, dan barang siapa yang meninggalkan jumlah hutang itu, dibebankan pada ahli warisnya". (HR. riwayat Muslim).


Terkait hal tersebut di atas, penulis memberikan solusi bagaimana agar kita segera terlepas dengan hutang yang hingga kini belum terbayarkan, dengan doa yang terdapat dalam Al-Qur'an. 

Tetapi dengan keseriusan berusaha untuk membayarnya, tentu bukan hanya do'a saja, tetapi usaha secara fisik atau bekerja dengan giat haruslah selalu ditingkatkan. Dan apabila telah mendapatkan rezeki yang Allah berikan haruslah berhemat. Jikalau mempunyai hutang tidak sedikit maka kita perlu untuk mengumpulkannya sedikit demi sedikit sehingga menjadi cukup sesuai jumlah hutang yang kita tanggung. 

Bacaan yang sangat dianjurkan untuk dibaca adalah yang terdapat di dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 26 dan 27.
Tentu dalam pengamalannya haruslah penuh kepasarahan sepenuh hati, dengan pengharapan dan penuh rasa keikhlasan sehingga Allah akan secepatnya mengabulkan do'a kita.

Dengan membaca  Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 26 dan 27 yang dibacakan setelah anda mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Dan yang lebih mujarab/mustajab lagi ketika kita amalkan pada selesai Shalat Tahajud atapun Shalat Dhua.

Dibawah ini adalah firman Allah Swt, doa daripada permohonan agar segera dapat melunasi hutang. 

"Katakanlah : Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki, Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. 
Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." 
(QS Ali Imran : 26) 


   "Enkau masukan malam ke dalam siang dan Engkau masukan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri reziki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab" (QS Ali Imran : 27) 


Semoga do'a di atas, akan segera dapat melunasi hutang. Dan jangan lupa mintalah setiap kita sehabis melaksanakan shalat 5 waktu, dan sebelum tidur. Yang termujarab/mustajab adalah apabila do'a di atas dibaca atau dimohonkan pada selesai shalat Tahajud dan shalat Dhuha. 

Demikian semoga bermanfaat dan segera dapat menyelesaikan permasalan hidup kita terutama dalam melunasi hutang.   
Baca juga untuk yang ini : Bagaimana Mengundang Pertolongan Allah ?

0 Response to "Do'a Agar Segera Dapat Melunasi Hutang. Baca / Amalkan Dalam Shalat Tahajud."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel