Amalan Memohon Rezeki Berlimpah dan Halal

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting Do'a)
Pembaca budiman, limpahan Rahmat serta ridhaNya semoga selalu mengiringi aktivitas ibadah kita dalam segala amal yang kita lakukan di dunia ini untuk bekal akhirat kelak. aamiin...
Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting materi dengan judul : Amalan Memohon Rezeki Berlimpah dan Halal. 

Membangun Keyakinan dengan Melaksanakan shalat sunnah Witir, sunnah sebelum Subuh, dan sunnah Duha.

Dalam konsep modern, sebelum seseorang melangkahkan kaki menggapai tujuan hidupnya, hal yang pertama kali harus dimilikinya adalah membangun keyakinan. Tanpa keyakinan, mustahil orang tersebut akan bisa meraih yang dicita-citakannya. Ternyata, dalam konsep Islam, membangun kepercayaan diri sudah diajarkan di Al-Quran. Selain dengan niat, untuk meneguhkan yang akan dilakukan, Islam juga mempunyai beberapa perbuatan yang efeknya akan menimbulkan keyakinan.

1. Shalat Sunnah 
Salah satu rangkaian ajaran yang disunnahkan oleh Rasullah adalah dengan melaksanakan shalat witir, shalat sunnah sebelum subuh, dan shalat sunnah duha.  
 
a. Shalat Witir
Shalat witir dilaksanakan setelah selesai shalat sunnah malam lainnya, seperti tahajud atau sebelum tidur. Maknanya, otak kita harus selalu yakin kepada Allah swt. sebelum memejamkan mata dan mengistirahatkan pikiran. Otak bawah sadar kita di-set untuk selalu punya keyakinan tinggi terhadap Ilahi. Jika kita sudah punya keyakinan kepada Ilahi setiap saat maka keyakinan diri pun otomatis akan bertambah tinggi. Mungkin seringkali kita melaksanakan shalat witir, tetapi tidak sadar dengan efeknya. Orang barat justru melakukan meditasi sebelum tidur. Kita tidak perlu meditasi lagi karena Allah sudah menyerukan untuk shalat.

Manfaat shalat witir sebagai berikut :
- Membangun keyakinan diri
- Mengingat tujuan hidup
- Memasukkan berbagai nilai kebaikan ke dalam otak bawah sadar sehingga tidur kita lebih bermakna.

b. Shalat sunnah sebelum subuh
Jika kita pikir secara logika, ada hubungan sangat erat antara shalat witir dengan shalat sunnah sebelum subuh. Witir dilakukan salah satunya sebelum tidur (selain setelah shalat sunnah malam) maka shalat sunnah sebelum subuh dilaksanakan beberapa saat setelah bangun tidur. Makanya otak kita akan kembali di-set setelah sekian jam beristirahat. Otak kembali diingatkan akan berbagai rencana hidup dalam seharian ini, dibarengi dengan keyakinan akan selalu ditolong oleh Allah swt.

Meditasi ala barat yang kini dianjurkan antara lain pada pagi hari. Biasanya mereka bermeditasi selama 10-20 menit. Rangkaian shalat subuh dan shalat Fardhunya kira-kira membutuhkan waktu sebanyak itu, (10-20 menit). Jika orang barat baru ramai-ramai menjalankan metode ini sekarang dan merasakan manfaat besarnya maka sesungguhnya orang Islam sudah mendapatkan syari'atnya sejak lama. Kita yang sembrono sering melupakan makna dari perintah Allah.

Manfaat shalat sunnah sebelum subuh sebagai berikut :
- Mengisi otak bawah sadar
- Membangun keyakinan diri
- Refleksi tujuan hidup (rencana harian)
- Mengingat target/rencana hidup.

c. Shalat Duha  
Rasulullah Muhammad saw. termasuk mengistimewakan shalat sunnah yang satu ini. Shalat Duha dilakukan pada beberapa saat setelah matahari terbit sampai sang surya berada di atas kepala. Shalat sunnah ini sebenarnya termasuk mudah dilakukan, jika melihat waktu pelaksanaannya. Berbeda dengan shalat tahajud yang dilakukan pada malam hari atau shalat sunnah sub uh. Namun kenyataannya jarang sekali umat Islam melaksanakan shalat sunnah duha ini.

Padahal manfaat shalat duha sangat banyak. Rasulullah saw. menyebutkan dengan melaksanakan shalat duha membuat kita tidak akan kekurangan reziki. Hal ini jaminan dari Allah. Shalat duha lebih dikenal dengan shalat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah berdasarkan hadits Rasulullah saw. Allah berfirman : "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat duha) niscaya akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harimya" (HR. Hakim dan Thabrani).

Manfaat shalat sunnah duha sebagai berikut : 
- Memperkuat keyakinan yang sudah dibangun sejak malam sampai pagi.
- Membulatkan tekad yang sudah dirancang pada saat shalat sunnah subuh.
- Bersiap mengarungi kegiatan pada hari itu.
- Berserah diri pada pertolongan Allah dan yakin akan rezeki dari-Nya

Shalat duha dilaksanakan minimal dua raka'at dan maksimal du belas raka'at. Pelaksanaannya secara tidak berjamaah (munfarid).
Jika rangkaian shalat witir, sunnah subuh, sunnah duha disatukan maka secara logika kita akan melihat benang merah yang sangat nyata. Beta Allah Maha mengetahui otak manusia mempunyai kemampuan tak terbatas ini (kecuali ilmu tentang zat Allah) sering kali kalah oleh hati atau perasaan. Maka dengan melakukan ketiga ibadah tersebut, hati dan otak kita akan bahu membahu bersatu padu menghadapi kehidupan ini.

2. Membaca Surat Yasin
Al-Quran berisi petunjuk dan obat bagi sekalian alam. Termasuk di dalamnya obat miskin. Dengan membacanya, kita mendapatkan  efek yang luar biasa, apalagi setelah  mengamalkannya  dari  apa  yang dibacanya. Teernyata beberapa surat dalam Al-Quran jika kita baca berulang-ulang pada waktu-waktu tertentu akan memberikan dampak terhadap otak dan pikiran kita. 
Salah satu surat yang sudah diakui khasiatnya adalah surat Yasin. Coba kita baca dan merenungi makna melalui tafsirnya. Surat Yasin ini bukan hanya kita baca pada saat seseorang meninggal dunia atau sedang sakit. Jika kita membiasakan diri membacanya setiap hari, Insya Allah dampaknya akan sangat terasa dalam segala hal, termasuk kesuksesan usaha. Sesuai dengan berbagai hadits yang menyebutkannya.
Secara logika ternyata hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Manusia punya kebiasaan yang selalu berulang-ulang. Bila kebiasaan itu terus-menerus dilakukan maka akan otomatis menempel di otak bawah sadarnya. Para pakar barat menyebut kekuatan ini sebagai hipnoterapi. Pada terapi ini, seseorang dianjurkan untuk melakukan sesuatu yang sama secara berulang-ulang, baik yang mengajak dirinya untuk berpikir positif maupun negatif setelah bangun tidur. Dalam tempo 3 bulan, kebiasaan tersebut akan menjadi sebuah budaya yang melekat sangat dalam pada diri orang tersebut.
Mari kita telaah lebih dalam, ternyata pikiran kita di-set up sedemikian rupa sehingga mempunyai keyakinan tinggi dengan pertolongan Allah bahwa yang kita usahakan akan berhasil.  Membaca surat Yasin hanyalah alat untuk mendekatkan pikiran kita kepada Allah. Jika keyakinan diri sudah sedemikian rupa terehadap pertolongan Allah maka semuanya bisa terjadi. 
Selain membaca surat Yasin, masih ada beberapa surat lain di dalam Al-Quran yang bisa menjadi media kita untuk mendekatkan diri kepada pertolongan Allah. Jangan salah, banyak orang keliru menganggap surat atau ayat tertentu yang sakti karena memiliki pengaruh tertentu. Padahal pemilik ayat dalam Al- Quran adalah Allah swt. 

3. Dzikir Asmaul Husna   
Dalam ilmu manajemen diri modern, ada yang disebut sebagai incantation. Pengertian incantation adalah sebuah metode penguatan diri dengan cara mengucapkan sesuatu secara berulang-ulang sehinngga seperti mantra. Para ahli meyakini, dengan cara tersebut yang kita inginkan akan lebih cepat tercapai. Kini, banyak guru bisnis, motivator,dan pembicara yang menyarankan untuk melakukan incantation jika ingin mencapai sesuatu lebih cepat.  Misalnya dengan mengucapkan kata-kata, "Saya pasti bisa" atau "Saya akan kaya" secara berulang-ulang pada waktu-waktu tertentu. Kita bisa mengucapkannya setiap pagi ketika bercermin atau setiap malam sebelum tidur.

Di dalam Islam, cara-cara semacam ini sudah ada sejak lama.  Bahkan kita disadarkan untuk melakukannya setiap hari lima kali dalam lima waktu berbeda, yaitu sebelum tidur, setelah tidur, ketika matahari di atas kepala, ketika matahari mulai condong ke barat, dan ketika hari berganti gelap dalam bentuk shalat 5 waktu. Hal itu cocok dengan penelitian para ahli yang mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk incantation adalah ketika akan tidur dan bangun tidur. Incantation di dalam Islam antara lain dzikir Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar. Kita dianjurkan untuk membaca dzikir itu masing-masing 33 kali setiap selesai shalat. Kalau kita resapi maknanya maka dampaknya akan luar biasa. Kita tidak akan  takut menjalani hidup karena selalu dekat dengan Allah.

Pengulangan kata yang memotivasi dalam Islam, diarahkan pada kekuatan Allah. Bukan pada kekuatan kita sendiri. Inilah bedanya Islam dengan metode ala Barat tadi. Bila mereka mengatakan berulang-ulang, "Saya pasti bisa..." maka orang Islam dijarkan untuk selalu yakin dan mengatakannya berulang-ulang, "Allah adalah sebaik-baiknya penolong". Meski dengan cara yang sama tapi maknanya berbeda. 'Saya pasti bisa seolah mengagungkan kemampuan diri sendiri. Sedangkan  "Allah adalah sebaik-baiknya penolong berarti kita mengaku tidak berdaya dan hanya karena pertolongan Allah-lah kita bisa melakukan apa pun.

Selain incantation, satu konsep modern lainnya yang sekarang sedang digandrungi adalah keyakinan bahwa otak bisa diatur oleh mulut. Berjalannya otak tergantung kata-kata yang terucap di mulut kita. Konsep yang dinamakan "otak apa kata mulut" ini terbukti benar. Coba kita mengatakan "Tidak Bisa" terhadap sesuatu maka otak kita pun akan berhenti berfikir. Sebaliknya, ketika ada tantangan dan kita mengatakan bisa mengatasi tantangan itu, otomatis otak kita akan berproses mencari cara mengatasi tantangan tersebut.

Konsep "otak apa kata mulut" ini sudah dijalankan sejak dulu.  Dzikir dengan mengucapkan lafadz-lafadz tertentu akan lebih berdampak bila diucapkan secara lisan, bukan hanya di dalam hati.  Walaupun untuk tingkatan tertentu, justru sebaliknya : di dalam hati adalah yang terbaik.

Konsep yang bisa kita jalankan dengan konsisten. Kita yakin bisa dengan pertolongan Allah. Bagaimana mendekatkan diri kita terhadap pertolongan Allah? Jawabannya selalu memuji asma-asma-Nya. Coba kita lakukan secara terus menerus. Kita ucapkan berulang-ulang setiap saat. Sebuah pekerjaan yang ringan, tetapi berdampak luar biasa. Kita bisa memilih Asmaul Husna untuk diucapkan setiap saat. Tentu saja kita harus mengetahui maknanya. Jadi dekatkan diri kita kepada Allah dan yakinlah pertolongan-Nya akan selalu menghampiri kita.

Demikian uraian yang cukup panjang dalam : Amalan Memohon Rezeki Berlimpah dan Halal. Semoga bermanfaat dan mari kita sama-sama amalkan semoga Allah selalu dekat dengan pertolongannya kepada kita. aamiin.  

Pembaca artikel lain yang penuh dengan tuntunan agama silahkan klik link ini : aneka Sholat  

0 Response to "Amalan Memohon Rezeki Berlimpah dan Halal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel