Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah


        بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

           السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  
   
Kajian Khazanah Islam (katagori posting Asbabun Nuzul)

Pembaca budiman, semoga Allah Swt. selalu mencurahkan rahmat dan bimbingannya kepada kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih ridha Allah Swt. di akhirat kelak. Aamiin. 

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam menyajikan materi dengan judul Asbabun Nuzul Surat Al-Fatihah.

Surat Al-Fatihah (pembukaan) yang diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 7 ayat, adalah surat yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al-Quran dan termasuk golongan Surat Makiyyah.

Surat ini disebut "Al Fatihah" (Pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulai Al-Qur'an.
Dinamakan "Ummul Quran" (induk Al-Quran) atau "Ummul Kitab" (induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk bagi semua isi Al-Quran, serta menjadi inti sari dari kandungan Al-Quran dan karenanya diwajibkan membacanya pada tiap-tiap sholat.
Baca juga link ini : ADAB MENEMPATI RUMAH BARU
Dinamakan pula "As Sab'ul Matsaani" (tujuh yang diulang-ulang karena jumlah ayatnya 7 dan dibaca berulang-ulang dalam sholat.

Asbabun Nuzul Surat Al-Fatihah :

Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Tholib menantu Rasulullah Muhammad saw. "Surah Al-Fatihah" turun di Mekkah, dan  kronologisnya adalah sebagai berikut : 

Ada sebuah riwayat,  Amr bin Shalih bertutur kepada kami "Ayahku berkata kepadaku" dari al-Kalbi, dari Abu Shaleh, dari Ibnu Abbas, ia berkata : "Pada suatu saat Nabi saw. berdiri di Mekkah, lalu beliau menyebut kata "Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" lalu dilanjutkan "Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam". Kemudian sekelompok kaum kafir Quraisy mendengar dan mengatakan : "Semoga Allah menghancurkan mulutmu" seraya menunjuk mulut Nabi saw.

Dengan peristiwa tersebut diatas, Allah Swt, menurunkan Surat Al-Fatihah dari ayat 1 hingga ayat  7.

Surat Al Fatihah  "Asyifa, seperti yang disebut di dalam riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa'id secara marfu yaitu :
Fatihatul kitab (Surat Al Fatihah) "Adalah obat penawar bagi segala jenis penyakit atau racun" 

Asy Syabi meriwayatkan sebuah atsar (kisah) melalui Ibnu Abbas, bahwa ia menamakannya Assasul  Qur'an (pondasi Al-Quran) Ibnu Abbas mengatakan Pondasi Al-Quran adalah : " Bismillahi rahmanii rahiim.
Surat Al-Fatihah adalah surat yang menjadi rukun di dalam setiap sholat dan tidak sah sholatnya apabila tidak dibacanya. 
Sedangkan surat-surat yang lain dari 113 surat hanyalah sunnah apabila tidak dibaca dalam sholat maka sholatnya tetap sah.
Wallahu a'lam bisawab.

Demikian uraian Asbabun Nuzul Surat Al-Fatihah yang di djelaskan melalui hadits-hadits shoheh. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam pengamalan agama. Aamiin...

 

0 Response to "Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel