Makna Islam Secara Khusus Dan Islam Secara Umum

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Asslamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (Katagori posting Aqidah).
Pembaca budiman, semoga Allah swt. senantiasa mencurahkah rahmat dan ridaha-Nya kepada kita sekalian. Aamiin... 
Rasiyambumen / Pelangi Khazanah Islam  memposting materi dengan Judul : Makna Islam Secara Khusus Dan Islam Secara Umum.

Kata Islam secara kebahasaan berasal dari bahasa Arab, yaitu salima yang berarti selamat sentosa. Dari kata salima, dibentuk kata aslama yang artinya berserah diri, tunduk, patuh dan taat. Kata aslama inilah yang menjadi pokok kata Islam, (aslama-yuslimu-islaman).  
Orang yang melakukan aslama dinamakan muslim, yakni orang yang telah menyatakan dirinya berserah diri, taat, tunduk dan patuh secara mutlak kepada Allah swt.

Kata Islam adalah nama agama Allah yang tidak mempunyai hubungan dengan orang tertentu, atau dengan golongan tertentu, ataupun dengan negeri tertentu. Tetapi nama Islam adalah pemberian langsung dari Allah swt. sebagai nama agama wahyu yang diturunkan kepada segenap umat manusia melalui nabi Muhammad saw.
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلٰمَ دِينًا 
... Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmatKu bagimu, dan Aku telah ridha Islam sebagai agamamu. (QS Al-Maidah : 3)  

Muhammad bin Abdul Wahhab dalam kitab Ushul Tsalatsah mengatakatan bahwa : "Islam itu ialah berserah diri kepada Allah dengan me-Maha EsakanNYa dalam beribadah dan tunduk dengan melakukan ketaatan dan menjauhkan diri dari syirik" 

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah swt. :
وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلٰمِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِى الْءَاخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِينَ 
"Barang siapa mencari agama selain agama Islam maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi" (QS Ali Imran : 85) 
بَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُۥ لِلَّـهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُۥٓ أَجْرُهُۥ عِندَ رَبِّهِۦ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
"Tidak! barang siapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Tuhannya dan tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati." (QS Al-Baqarah : 112)

Rasulullah saw. bersabda :
"Dari Abdillah bin Umar r.a berkata : Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda : Islam itu didirikan atas lima perkara ; Bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak disembah dengan benar selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Menunaikan ibadah Haji, Berpuasa di bulan Ramadhan" (HR. Bukhari dan Muslim)  
Hadits Nabi tersebut di atas menyebutkan bahwa Islam memiliki Lima sendi yang sekaligus merupakan rukun Islam.
Sedangkan secara terminologi, Islam mengandung dua pengertian, yaitu pengertian Islam  secara khusus dan pengertian secara umum.

Yang dimaksud Islam secara khusus adalah : Din (agama) yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. berdasarkan al-Quran dan sunnahnya, dilengkapi dengan hasil ijtihad ulama, yang mengandung perintah-perintah, larangan-larangan, serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagiaan dan kesejahteraan manusia di dunia dan di akhirat.

Yang dimaksud Islam secara umum adalah : agama yang disyari'atkan oleh Allah dengan perantara para Nabi dan Rasul-NYa yang mengandung perintah-perintah, larangan-larangan, serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagiaan dan kesejahteraan manusia, di dunia dan di akhirat.

Islam sebgai nama agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. mengandung keistimewaan dan hikmah yang tinggi, sekaligus merupakan petunjuk akan kebenaran dan keabsahannya sebagai agama wahyu murni dari Allah swt. tanpa campu tangan manusia sebagaimana firman Allah swt. sebagai berikut :
إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّـهِ الْإِسْلٰمُ 
"Sesungguhnya Dia (agama) yang sah di sisi Allah hanyalah Islam" (QS. Ali Imran : 19)  

Jadi Islam itu pada hakekatnya adalah agama Allah, yang diperuntukkan bagi seluruh makhluknya, khususnya manusia. Karena itu, manusia yang memiliki Islam sebagai agamanya, mereka akan diterima Allah, tetapi bagi mereka yang memiliki agama selain Islam, mereka akan ditolak oleh Allah.

Sabda Rasulullah saw. :
"Demi dzat yang diri Muhammad berada di tanganNya, tidaklah seseorang mendengar tentang aku dari umat ini, baik itu kaum Yahudi atau kaum Nasrani, kemudian meninggal, sementara ia belum mau beriman kepada apa yang aku bawa, melainkan ia akan menjadi penghuni Neraka." (HR. Muslim) 

Demikaian uraian materi ; Makna Islam secara Khusus dan Ilama secara Umum. Semoga bermanfaat dan menjakan bertambah iman kita dalam pengamalan Islam secara kaafah. aamiin. 
Pembaca klik link ini :  Aneka  untuk membaca materi lain.  

0 Response to "Makna Islam Secara Khusus Dan Islam Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel