Ilmuwan dan Penemu Teknologi Dari Kalangan Umat Islam.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting Muamalah) 
Pembaca budiman, semoga sehat selalu dan mendapatkan ridha dari Allah SWT. aamiin... 

Rsiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, menyajikan meteri : Ilmuwan Dan Penemu Teknologi Dari Kalangan Umat Islam. 

Pengetahuan. Bahwa penemuan-penemuan tekhnologi selalu berasal dari orang non muslim, analisa bahwa orang Yahudi selalu mengungguli dunia sekarang ini boleh jadi sudah setting sebagai konspirasi untuk melemahkan dan menganggap umat islam terbelakang, juga supaya kalangan umat islam sendiri menjadi minder karenanya, hingga generasi muda Islam menganggap seolah-olah tidak ada tokoh dalam bidang keilmuan di masa lalu dan sekarang. Padahal sejarah telah mencatat kontribusi ilmuwan Islam yang mengalami zaman keemasan di masa bani abbasiyah. Tugas umat islam memunculkan tokoh-tokohnya sendiri dalam segala bidang sehingga disamping kita membanggakan tokoh kita di zaman lampau kita sebenarnya juga punya banyak tokoh, perguruan yang unggul.
Dunia mungkin lupa betapa berharganya warisan ilmu-ilmu pengetahuan yang ditemukan oleh kaum muslimin. Bahkan agaknya banyak yang tak menyangka bahwa prinsip-prinsip pengetahuan modern itu ditemukan lewat kecemerlangan pemikiran ilmuwan muslim. Untuk masa itu, ilmu mereka dapat dikatakan telah melampaui batas zamannya. Berikut adalah kontribusi ilmuwan dan penemu Muslim bagi dunia.

A. Macam-macam Penemuan Ilmuwan Muslim :
1. Kamera. 
Mungkin orang mengira dunia barat lah yang memperkenalkan kamera. Padahal prinsip kerja kamera telah ditemukan sekitar 1000 tahun silam oleh seorang ilmuwan bernama Ibnu Al-Haitham.  Pada akhir abad ke 10 Al-Haitham menemukan sebuah kamera obcscur. Penemuan ini dia lakukan bersama Kamaluddin al-Farisi. Mereka berdua mempelajari fenomena gerhana matahari. Untuk mempelajari fenomena tersebut maka Al-Haitham pun membuat lubang kecil yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan pada bidang datar. Kajian ilmu oktik berupa kamera obscura itu yang mendasari kinerja kamera yang digunakan oleh umat manusia sampai saat ini. Bahkan kemudaian mengilhami penemuan flm.

2. Robot.
Jepang boleh bangga karena terkenal dengan tehnologi robotnya. Tetapi mereka harus berterimakasih pada abad Badi Al-Zaman Abullez Ibn Airazz Al-Jazari atau lebih dikenal dengan Al-Zazari. Beliau adalah tokoh besar di bidang mekanika dan industri yang lahir di utara Irak pada abad ke-12. Al-Jazari sendiri dikenal sebagai Bapak Tekhnik Mesin Modern karena berkat temuan-temuannya yang mempengaruhi penemuan mesin modrn saat ini, seperti mesin pembakaran,pompa penghisap dan menggunakan engkol. Otomatisasi pemrogramman dan lain.lain.   

3. Teori Bumi Bulat
Bumi itu bulat hal itu yang diutarakan oleh Copernicus. Orang-orang Barat dulu tercengan karena mereka selama ini menganggap bumi itu datar. padahal teori itu sudah ada sejak zaman Nasir Al-Din Al Tusi dan Ibnu Shatir. Teori planet dan perhitungan matematikanya sudah ada sejak seabad lebih sebelum hadirnya Coperenicus. Diduga Copernicus adalah pengikut dari al-Tusi. Dalam teorinya, Copernicus juga merujuk katalog planet dan bintang yang ada pada buku Al-Zarqali dan al-Battani yakni "De Revolutionibus"  

4. Kendaraan Terbang.
Jika dunia mengagumi Wright bersaudara karena berhasil menemukan pesawat terbang, maka dunia pun harus mengakui Cordoban Abbas Ibnu Firnas, Ilmuwan ini lahir di abad ke-9 dan memiliki berbagai macam bakat yakni seniman puisi, astrolog, musisi dan astronom. Terbang di udara adalah salah satu obsesinya. Dan dia berhasil menciptakan mesin yang berhasil membawa orang untuk terbang di angkasa. Ibnu Firnas terbang beberapa kali melewati daerah gurun dengan mesin yang telah disempurnakan di Cordoba (Spanyol) tahun 875. Pada waktu itu dia menyempurnakan mesin yang terbuat dari kain sutera dab bulu burung elang. Dia melompat dari gunung dan bisa terbang selama 10 menit. tapi kemudaian terhempas. Dia menyimpulkan hal ini dikarenakan dia tidak menaruh ekor pada mesin buatannya. Nama Ibnu Firnas diabadikan sebagai bandara di Irak dan sebuah kawah di bulan.

5. Matematika. Aljabar. 
Penulisan bilangan berdasarkan model Arab pertama kali dicetak dalam karya matematik fonomenal Muslim Al-Khawarizmi dan Al-Kindi. Istilah aljabar sendiri diambil dari buku yang berjudul al-jabrwa-al muqabilah oleh Al-Khawarizmi. pada tahun 825. Tiga satu tahun kemudian ilmu matematika ini tiba di eropa dan dikembangkan oleh ahli matematika Fibonacci.

6. Penemu Benua Amerika. 
Spanyol boleh mengklaim bahwa Benua Amerika ditemukan oleh mereka. Padahal menurut catatan 70 tahun sebelum Columbus menginjakan kakinya kesana, Laksamana Cheng Ho, seorang Muslim China yang berasal dari dinasty Ming telah lebih dulu berada disana tahun 1421-1423. Cheng Ho menyusuri wilayah Afrika sampai ke Amerika selatan. Sebuah peta navigasi kuno yang bersumber dari penjelajahannya itu menjadi buktinya.

7. Peralatan Bedah Kedokteran. 
Banyak peralatan bedah modern menggunakan desain yang sama dengan alat bedah yang diciptakan oleh ahli bedah Muslim bernama : al-Zahrawi pada abad ke 10. Alat-alat itu antara lain skapel, gergaji tulang, tang gunting kecil untuk operasi mata. Dia juga menemukan catgut yakni semacam benang untuk menjahit yang yang terbuat dari usus kambing dan hewan lainnya yang bisa hancur secara alami setelah terinpirasi dari monyetnya yang memakan dawai kecapinya. Dia juga menemukan cangkang kapsul yang digunakan sebagai kapsul obat-obatan. Ternyata banyak sekali para ilmuwan dan pakar (penemu) dari dunia Islam, namun sayangnya malah kurang bahkan tidak dikenal sama sekali.
 
B. Daftar Ilmuwan Muslim Dan Penemuannya.
Di bawah ini adalah daftar singkat, biografi dan sejarahnya tanpa bermaksud menyatakannya sebagai yang terlengkap, para Ilmuwan Muslim dari abad 8 hingga abad 14, sebagai berikut :

1. Al Zahrawi (930 - 1013 M)  
Penggagas Ilmu Bedah dan operasi gigi serta penemu kosmetika.
2. Al Kindi
Psikolog pertama yang menerapkan terapi musik
3. Ibnu Sina (980 - 1037M)
Pakar kedokteran yang menjelaskan 700 cara pembuatan otak
4. Al Jahiz (781-869 M)
Ahli Biologi pertama yang mengembangkan teori evolusi
5. Ibnu Al Baitar  (abad 13 M)
Ahli farmakologi, sekitar penggagas obat yang berasal dari tumbuhan.
6. Al Ghafiqi (Pakar botani, wafat 1165)
Menggagas pemberian nama pada lebih dari 500 tumbuhan ke dalam 3 bahasa
7. Abu Ubaidah (728 - 825)
Ahli Zoologi yang pertama kali mempelajari secara intens tentang kuda, hampir 100 judul buku Ia buat.
8. Jabir Ibnu Haiyan (ilmuwan kimia 721-815)
Disebut-sebut sebagai "Bapak Kimia Modern" = penemu sederet proses kimia : penyulingan/ distilasi kristalisasi, kalnasi, sublemasi, sekaligus penemu parfum pertama kali dsb.
9. Khalid bin Yazid (wafat 709)
Penemu potasium sebagai bahan utama pembuatan mesiu
10. Al-Khawarizmi Bapak matematika (aljabar Kalkulus Astronomi (Abad 12 M)
Penemu angka 0, rumus linear dan kuadrat, penyusunan tabel sinus dan tangen, pembuat peta globe untuk pertama kali subhanallah.
11. Abu Hasan al Uqlidisi (952    
Ahli aritmatika, penggagas operasi dasar bilangan 
12. Abu Al Wafa'
Pembuat Rumus Trigonometri : Sin 2x =2sin x cos x 
13. Ibnu Rusyd (ahli neuropharmakalogy)
Penemu penyakit Parkinson's
14. Ali Ibnu Al Tabari (Ahli Psikologi)
Orang pertama yang menerapkan Psikoterapi
15. Al Biuni (11 M)
Perintis psikologi eksperimental
16. Abu Zaid al-Balkhi  (10 M)
Pencetus penyakit gangguan jiwa
17. Ziyad bin abu Sufyan (abad 9)
Penggagas jasa Pos
18. Ibnu Batutah (abad 14 M)
pakar Geografi, menemukan tidak kurang dari 300 jalur laut (Baca selengkapnya)
19. Al Zirikli (abad 10) Musisi
Penemu alat musik piano
20. Ishaq Al Mausili (wafat 850 M) musisi
Yang memperkenalkan Solmisasi ( do,re,mi, fa, sol, la, si, do) untuk pertama kali.
21. Ibnu Al Haitham (abad 10 M)
Bapak Optik Sang Penemu Kamera obscura,
22. Abu Raihan (1000 M)
Ilmuwan pertama yang menemukan astrolabe mekanik, untuk menentukan sistem kalender bulanan dan matahari
23. Abi Bakar Isfahan (1235 M
Penemu komputer analog   
24. Al Jazari (1206 - 1210)
Penemu jam istana / jam astronomi, dan penemu robot untuk pertama kali
25. Amr Ibn Bahr al-Jahiz
Ahli Biologi Islam (776-868)

Demikian uraian tentang Ilmuwan Dan Penemu Teknologi Dari Kalangan Umat Islam yang turut memberikan penemuan-penemuan awal, terkait dengan tehnologi.

Pembaca budiman untuk materi yang lain silahkan klik link ini : Sholat untuk menambah wawasan. 
   
   


0 Response to " Ilmuwan dan Penemu Teknologi Dari Kalangan Umat Islam."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel